Doa Pulang Sekolah

2 min read

Doa Pulang Sekolah – Halo sobat kali ini penulis waheedbaly.com akan membagikan artikel yang membahas tentang Doa Pulang Sekolah. Karena doa merupakan hal yang penting saat akan melakukan sesuatu dan sesudah melakukan sesuatu. Untuk pembahasan terlengkapnya silakan simak artikel berikut dibawah ini.

Doa Pulang Sekolah

Berikut ini adalah bacaan doa ketika pulang sekolah yang biasa digunakan, bagian dari surat Al-‘Asr Ayat 1-3.

Doa Doa Pulang Sekolah (Setelah Belajar)

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

( ١ ) وَالْعَصْرِ
( ٢ ) إِنَّ الْإِنسَانَ لَفِي خُسْرٍ
( ٣ ) إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْر

Latin:
Wal ‘ashrinnal insaana lafii khusrillal ladziina aamanuu wa’amilus shoolihaati watawaashoubil haqqi watawaashoubis shobr.

Artinya:
Demi masa. Sungguh, manusia berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasehati untuk kebenaran dan saling menasehati untuk kesabaran.

Selain dari bacaan doa yang umum untuk digunakan seperti yang dibahas di atas, berikut ini merupakan beberapa doa lainnya yang dapat digunakan ketika akan pulang sekolah, maka untuk mengaakhiri pelajaran baik berdoa spseryi berikut

Doa Pulang Sekolah (Setelah Belajar)#1

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Latin ; Allahumma Arinal Haqqa Haqqan Warzuqnat tibaa’ahu. Wa Arinal baathila Baa-Thilan Warzuqnaj tinaabahu.

Artinya:”Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami
kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada
kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya”.

Doa Pulang Sekolah (Setelah Belajar) #2

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Latin:
Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanaldzi yanfa’una wa zidna ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kulihal

Artinya :
”Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.”

Doa Pulang Sekolah (Setelah Belajar) #3

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Latin:
Allaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin.

Artinya:
“Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan
kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. Wahai Tuhan pemelihara alam.”

Doa Pulang Sekolah (Setelah Belajar) #4

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

رَبِّ أَوْزِعْنِيْ أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ. وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحاً تَرْضَاهُ .وَأَدْخِلْنِيْ بِرَحْمَتِكَ فِيْ عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

Latin:
Robbi auzi’nii an asykuro ni’matal latii an’amta ‘alayya wa ‘alla waalidayya wa an’ a’mala shoolihan tardhoohu wa adkhilnii birohmatika fii ‘ibaadikash shoolihiin

Artinya:
Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.

Belajar Dan Menuntut Ilmu Menurut Islam

Jika kita akan perhatikan dari isi dari Al-Qur’an dan Al-Hadist, perintah yang akan mewajibkan seseorang serta setiap Muslim baik seorang pria maupun seorang wanita cukup banyak, adanya sebuah perintah untuk menuntut ilmu ini memiliki tujuan supaya setiap muslim akan menjadi umat yang sangat cerdas.

Menuntut serta dengan kata lain akan menimba ilmu artinya adalah untuk berusaha menghasilkan seluruh ilmu dengan cara bertanya, melihat serta mendengarkan. Lihat Hadist berikut yang dimana artinya:

Menuntut ilmu adalah fardhu bagi setiap muslim, baik laki – laki maupun wanita.” [HR. Ibn Abdul Barr]

Apabila di lihat dari segi ibadah bagaimana menuntut ilmu ini sangat tinggi untuk kita memperoleh pahala serta nilai pahalanya, sebagaimana hadits berikut dibawah ini.

مَنْ خَرَجَ فِى طَلَبُ الْعِلْمِ فَهُوَ فِى سَبِلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ

Artinya: “Barang siapa pergi dengan niat menuntut ilmu, maka ia termasuk golongan sabilillah hingga ia pulang kembali.” [HR Turmudzi]

Dari hadist diatas akan muncul pertanyaan mengapa menuntut ilmu akan mempunyai derajat serta nilai yang tinggi? Karena Amal yang baik serta amal ibadah jika tidak dilandasi dengan ilmu, maka akan sia-sia seluruh amal tersebut.

Hal tersebut telah dijelaskan sebagaimana yang pernah dinyatakan oleh seorang Syaikh yaitu Syaikh Ibnu Ruslan : “Siapa yang beramal (dengan melakukan amal ibadah) tanpa mempunyai ilmu, maka amalnya akan ditolak, dalam kata lain tidak diterima.

Maka dari itu menuntut ilmu sangatlah penting, sudah seharusnya setiap proses dilalui dengan ihklas dan perbanyak bersyukur dan semoga ilmu yang kita dapatkan dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Demikianlah artikel mengenai tentang Doa Pulang Sekolah, jangan lupa berdoa untuk memulai dan menyudahi setiap hal yang akan dikerjakan sobat. Semoga dapat menambah wawasan wawasan kita semua, sampai jumpa dilain kesempatan.

Baca Juga :

Doa Ketika Marah

Santri Angga
2 min read

Niat Mandi Setelah Haid

Santri Angga
2 min read

Niat Mandi Hari Jumat

Santri Angga
1 min read