Doa Qunut Subuh

3 min read

doa qunut

Doa qunut subuh lengkap bahasa Arab, latin dan arti. bacaan doa qunut yang pendek yang umum digunkan Selengkapnya mari kita simak bersama di pembahsasan dibawah ini.

Assalamu ‘alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Baiklah Sahabat kali ini kita akan memberikan penjelasan singkat tentang bacaan doa qunut serta dalil yang menguatkan tentang anjuran membaca doa qunut pada saat sholat subuh,

Sebagaimana yang kita ketahui doa qunut terdiri dari dua macam yaitu doa qunut subuh dan doa qunut Nazilah, namum kali ini kita akan membahas doa qunut subuh terlebih dahulu yang sering dan pasti kita baca saat mengerjakan sholat subuh.

Tata Cara Membaca Doa Qunut

Tata cara melakukan doa qunut subuh, doa qunut subuh dibaca diwaktu melaksankan sholat subuh pada roka’at terakhir setelah bangun dari ruku’ dan dilanjutkan membaca doa i’tidal kemudian disaat itulah doa qunut dibaca sebelum melakukan sujud.

Doa Qunut Subuh

Berikut bacaan doa qunut subuh jika kita sholat subuh sendiri tidak berjamaah

Bacaan Doa Qunut Subuh Arab

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ

وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ

وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ

وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ

وَقِنِيْ شَرَّمَا قََضَيْتَ،

فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ

وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ

وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ

تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ

فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ

وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Bacaan Doa Qunut Subuh Latin

Allohummah dinii fii man hadait. Wa’aafinii fii man ‘aafaiit. Wa tawallanii fii man tawallaiit. Wa baarik lii fiimaa a’thaiit. Wa qinii syarromaa qodthaiit. Fa innaka taqdthii walaa yuqthdaa ‘alaiik.

Wainnahu laa yadzillu man wãlaiit. Walaa ya’izzu man ‘aadaiit. Tabaa rakta rabbanaa wata ’aalait Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit Astaghfiruka wa atuubu ilaiik, wa shallallaahu ‘alaa sayyidina Muhammadinin-nabiyyil ummiyyi wa’alaa aalihii wa shahbihii wa sallam

Artinya

Ya Alloh tunjukkanlah kepadaku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Dan berilah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang telah Engkau berik kesehatan. Dan peliharalah diriku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan.

Dan berilah keberkahan bagiku pada apa-apa yang telah Engkau kurniakan. Dan selamatkan aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan. Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum.

Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin. Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi.

Hanya untuk-Mu segala pujian diatas yang Engkau tentukan. Aku memohon ampun dari-Mu dan aku bertaubat kepada Engkau (Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera kepada junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

Adapun sebagian dalil yang menjadi landasan yang kuat dalam membaca doa qunut subuh sebagai berikut.

Baca Juga ; Doa Selamat

Hadist Nabi Tentang Doa Qunut

Hadist Yang Pertama

Al-Imam Ahmad bin Hambal dalam kitab Musnad Imam Ahmad, jilid 2 hal. 215 menuliskan hadits sebagi berikut;

مَا زَال رَسُول اللَّهِ يَقْنُتُ فِي الْفَجْرِ حَتَّى فَارَقَ الدُّنْيَا

Rasulullah SAW tetap melakukan qunut pada shalat fajr (shubuh) hingga beliau meninggal dunia. (Hadist Riwayat. Ahmad).

Hadist Yang Kedua

عَنْ أنَسٍ أَنَّ النَّبِيَّ  قَنَتَ شَهْرًا يَدْعُو عَلَيْهِمْ ثُمَّ تَرَكَهَ فَأَمَّا فِي الصُّبْحِ فَلَمْ يَزَلْ يَقْنُتُ حَتىَّ فَارَقَ الدُّنْيَا

Dari Anas bin Malik radhiyallahuanhu bahwa Nabi SAW melakukan doa qunut selama sebulan mendoakan keburukan untuk mereka, kemudian meninggalkannya.

Sedangkan pada waktu shubuh, beliau tetap melakukan doa qunut hingga meninggal dunia. (Hadist Riwayat. Al-Baihaqi)

Hadits diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Baihaqi, dari Muhammad bin Abdullah Al-Hafidz, dari Bakar bin Muhammad As-Shairafi, dari Ahmad bin Muhammad bin Isa, dari Abu Na’im, dari Abu Ja’far Ar-Razi, dari Rabi’ bin Anas, dari Anas, dari Rasulullah SAW.

Inilah yang menjadi dalil mengapa sholat subuh tetap harus membaca doa qunut, Menurut Mazhab Maliki dan Mazhab Syafi’i namum diluar mazhab ini mereka tidak melakukan atau membaca doa qunut.

Dikarnakan doa qunut mempunyai segudang manfaat dan fadilah maka doa qunut baik untuk dibaca disaat berdoa bermunajat kepada Alloh SWT walaupun sedang tidak melaksanakan sholat melainkan diluar waktu sholat.  

Baca Juga ; Doa Meminta Hujan

Bacaan doa qunut diatas tersebut adalah bacaan doa qunut pada saat kita melaksakan sholat subuh sendiri tidak berjamaah, namun jika doa untuk untuk imam ada sedikit perbedaan, berikut bacaan doa qunut subuh untuk imam.

Doa Qunut Subuh Untuk Imam

Bacaan doa qunut saat kita menjadi imam sedikit berbeda, namum cuma pada beberapa kalimat saja, selengkapnya lihat bacaan di bawah ini.

Bacaan Doa Qunut Subuh Untuk Imam Arab

اللَّهُمَّ اهْدِنَا فِيمَنْ هَدَيْتَ.

وَعَافِنَا فِيمَنْ عَافَيْتَ.

وَتَوَلَّنَا فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ.

وَبَارِكْ لَنَا فِيمَا أَعْطَيْتَ

وَقِنَا شَرَّ مَا قَضَيْتَ.

إِنَّكَ تَقْضِى وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ.

وَإِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ.

وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ

فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ

وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Bacaan Doa Qunut Subuh Untuk Imam Latin

Allahummah dina fii man hadait. Wa’aafinaa fii man ‘aafaiit. Wa tawallanaa fii man tawallaiit. Wa baarik lanaa fiimaa a’thaiit. Wa qinaa syarramaa qadthaiit. Fa innaka taqdthii walaa yuqthdaa ‘alaiik.

Wainnahu laa yadzillu man wãlaiit. Walaa ya’izzu man ‘aadaiit. Tabaa rakta rabbanaa wata ’aalait Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit Astaghfiruka wa atuubu ilaiik, wa shallallaahu ‘alaa sayyidin

Dalam bacaan doa qunut sebagai imam hanya memiliki sedikit perbedaan saja yaitu kalimat nii hanya di ganti naa, tapi pada saat berjamaah seorang makmum hanya mengaamiini saja bacaan si imam.

Manfaat Dan Keutamaan Membaca Doa Qunut

Doa qunut mempunyai segudang manfaat bagi pembacanya maka tidak ada ruginya kita selalu melazimkan doa qunut, berikut ini sebagian manfaat doa qunut diantaranya :

Memberikan Petunjuk

Dalam doa qunut ini terdapat kalimat yang berbunyi {Allahummahdinii fii man hadaiit} yang bermakna bahwasannya permintaan seorang hamba kepada Allah Swt atas petunjuk.

Kalimat ini bisa dikatakan sebagai kalimat tawasul, yaitu kalimat yang menyebutkan adanya sebuah kenikmatan hidayah sebagaimana Allah SWT memberikan hidayah kepada umatnya yang lain.

Membaca doa qunut subuh secara dawam, niscaya Allah SWT akan memberikan petunjuk kepada umatnya. Petunjuk yang diberikan dapat berupa ilmu yang bermanfaat ataupun amal yang sholeh pada hamba Nya.

Mendapatkan Perlindungan

Allah SWT sentantiasa memberikan perlindungan untuk umatnya agar selamat dari bahaya , karena Allah SWT adalah Dzat yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Ketika umatnya memohon perlindungan, maka Allah akan memberikan perlindungan kepada umatnya. Kalimat pada doa qunut “ Wa’aafinii fii man ‘afaiit” yang berarti berilah hamba keaselamatan seperti hamba Mu yang lain yang telah Engaku beri keselamatan.

Kalimat ini memberikan penjelasan bahwa Allah SWT memberikan perlindungan kepada semua umatnya bagi hambanya yang meminta kepada Nya.

Terhindar Dari Berbagai Penyakit

Kalimat “wa’aafini fii man hadaiit” bukan saja dipercaya bisa memberikan perlindungan berupa keselamatan, melainkan Kalimat tersebut juga bisa memberikan keselamatan dan terhindarkan nya dari segala macam penyakit, baik penyakit zhohir maupun penyakit batin.

Rutin membaca doa qunut bisa menuntun manusia agar terhindar dari hal-hal yang menyimpang baik dari segi hawa nafsu maupun dari tahta maupun harta.

Memberikan Berkah Hidup Atas Nikmat Yang Diberikan

Doa qunut juga memiliki kalimat “wabaariklii fiimaa a’thoiit” yang bermakna, berkahilah kepadaku kepada apa yang telah Engkau berikan kepda hamba Mu yang lain nya.

Kalimat tersebut memberikan penjelasan bahwa Allah SWT akan memberikan berkah kebaikan kepada umatnya.

Wallohu A’lam

Demikianlah sedikit penjelasan yang sederhana dari kami soal doa qunut, semoga bisa memberikan manfaat buat sahabat semua ,terima kasih

Wassalam