Doa Sebelum Bekerja

2 min read

doa sebelum bekerja

Doa sebelum bekerja, bekerja dalam islam, dan doa agar mudah mendapat perkerjaan lengkap dengan penjelasannya.

Sebelum memulai suatu perkerjaan janganlah lupa diawali dengan doa yang bertujuan semoga Allah memberikan kemudahan dan keselamatan dalam melakasanakan suatu pekerjaan.

Secara hukum syareat mencari nafkah atau bekerja untuk keluarga adalah merupakan suatu kewajiban, guna untuk menyambung hidup dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Oleh sebab itulah, kita diperintah untuk bekerja namum berdoa juga diperintah, jadi kedua hal ini menjadi kesatuan yang mesti kita lakukan agar mendapatkan hasil yang diridhoi Allah dan juga Rasulullah saw.

Baca Juga: 15 Waktu Mustajab Untuk Berdoa

Bekerja Dalam Islam

Bekerja dalam ajaran syareat islam adalah wajib dilakukan guna memenuhi kebutuhan hidup dan juga bekal untuk menuju akhirat. Dan bekerja dalam Islam merupakan ajang untuk mencari rezeki yang halal tanpa ada kecurangan di dalamnya.

Selain itu bekerja dalam ajaran islam adalah merupakan jihad di jalan Allah dalam memerangi kemiskinan karena, karena islam juga memperbolehkan untuk menjadi orang yang berharta, yang berkat dengan banyaknya harta tersbut dapat dipergunakan untuk membantu fakir miskin,anak yatim dan lain sebagainya.

Namun dalam bekerja persoalan hasil sudah Allah tentukan, maka niat dalam hati kita dalam berkerja dengan beniat untuk melaksanakan ibadah dan perintah Allah, persoalan hasil janganlah kita mengatur yang sudah menjadi kehendak Allah.

Baca Juga: 7 Amalan Penarik Rezeki

Doa Sebelum Bekerja

Sebagai bekal sebelum berkerjaan ada beberapa hal yang harus kita perhatikan.

Yaitu salah satunya diantaranya mengawali sebelum memulai atau berangkat bekerja dengan berdoa bermunajat kepada Allah.

Berikut ini akan kami tulisakan bacaan doa sebelum bekerja, kami tulis dalam tulisan Arab, latin dan juga beserta artinya agar mudah difahami.

Bacaan Doa Sebelum Bekerja Arab

اَللّهُمَّ ارْزُقْنِيْ رِزْقًا حَلاَلاً طَيِّباً,  وَاسْتَعْمِلْنِيْ طَيِّباً. اَللّهُمَّ اجْعَلْ اَوْسَعَ رِزْقِكَ عَلَيَّ عِنْدَ كِبَرِ سِنِّيْ وَانْقِطَاعِ عُمْرِيْ.  اَللّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ,  وَاَغِْننِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ رِزْقًا وَاسِعًا نَافِعًا. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ نَعِيْمًا مُقِيْمًا, اَلَّذِيْ لاَ يَحُوْلُ وَلاَ يَزُوْلُ

Bacaan Doa Sebelum Bekerja Latin

Alloohummarzuqnii rizqon halaalan thoyyibaa, wasta’milnii thayyibaa. Alloohummaj’al ausa’a  rizqika‘alayya‘inda kibari sinnii wanqithoo’i‘umrii”.

”Alloohummakfinii bihalaalika‘an haraamika. wa aghninii bifadhlika‘amman siwaaka. Alloohumma in nii as-aluka rizqon waasi’an naafi’an”.

”Alloohumma innii as-alukan na’iimaan muqiiman, alladzii laa yahuulu wa laa yazuulu”.

Artinya

Ya Allah, berilah padaku rezeki yang halal dan baik, serta pakaikanlah padaku segala perbuatan yang baik. Ya Allah, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku”.

Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezki-Mu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari yang lainnya. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu rezeki yang luas dan berguna”.

Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu ni’mat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang”.

Keterangan

Bacalah doa ini sebelum berangkat atau keluar rumah sebanyak 3 kali, insyaAllah akan dimudahkan semua urusan dalam pekerjaannya.

Baca Juga: Doa Terbebas Hutang

Doa Agar Cepat Mendapat Pekerjaan

Setelah mengetahui bacaan doa sebelum berangkat kerja, lalu bagaimana dengan saudara-saudara yang masih sulit dalam mencari pekerjaan?

Selain dengan berusaha dengan maksimal untuk mencari pekerjaan di suatu tempat, ada juga bacaan doa yang bisa diamalkan agar mudah mendapatkan perkerjaan.

Berikut ini akan kami tulisakan pula bacaan doa agar mudah mendapat pekerjaan.

Bacaan Doa Agar Mudah Mendapat Pekerjaan Arab

اَللهُمَّ اغْفِرْلِى ذَنْبِيْ، وَوَسِّعْ خُلُقِيْ، وَطَيِّبْ لِيْ كَسَبِيْ، وَقَنِّعْنِيْ بِمَا رَزَقْتَنِيْ، وَلاَتَذْهَبْ قَلْبِيْ إِلَى شَيْئٍ صَرَّفْتَهُ عَنِّيْ 

Bacaan Doa Agar Mudah Mendapat Pekerjaan Latin

”Allohummagfirli zambi , Wa Wassi’ Khuluqil, WaThoyyibli Kasabii, Wa Qonni’ni Bima RozaqtaniI, Wa La Tadz-hab Qolbi Ila Syai-in Shorrof tahu ‘Anni”.

Artinya

Ya Allah, ampunillah dosaku, perluaslah (muliakanlah) akhlakku, berilah untukku pekerjaan yang baik, jadikanlah aku puas menerima apapun yang Engkau karuniakan kepadaku, dan janganlah Engkau buat hatiku mengingat apapun yang telah Engkau palingkan dariku“. (Hadist Riwayat. Ibnu An-Najjar)

Bisa juga dengan bacaan doa berikut ini.

Bacaan Arab

اَللهُمَّ افْتَحْ عَلَيْنَا اَبْوَابَ الْخَيْرِ وَاَبْوَابَ الْبَرَكَةِ وَاَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَاَبْوَابَ الْقُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلاَمَةِ وَأَبْوَابَ الْجَنَّةِ. رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَارَشَدًا. بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ

Bacaan Latin

”Allohummaftah ‘Alaina Abwabal Khoiri Wa Abwabal Barokati Wa Abwaban Ni’mati Wa Abwabal Quwaatai WA Abwabas shihati Wa Abwabas Salamati Wa Abwabal Jannati. Robbana Atina Min Ladunka Rohmatan Wa Hayyi’ Lana Min Amrina Rosyada. Bismillahi Tawakaltu ‘Alallahi La Haula Wa La Quwwata Illa Billah”.

Artinya:

Ya Allah, bukakanlah atas kami pintu-pintu kebaikan, pintu-pintu berkah, pintu-pintu nikmat, pintu-pintu kekuatan, pintu-pintu kesehatan, pintu-pintu keselamatan, dan pintu-pintu surga.

Ya Allah ya Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini).

Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada-Nya, tidak ada daya serta kekuatan melainkan hanya dengan kekuasaan dan pertolongan Allah”.

Nah itulah saudaraku mengenai bacaan doa sebelum bekerja maupun doa agar mudah mendapat pekerjaan. Semoga kita semua selalu diberikan kemudahan dalam melakukan apapun yang baik.

Demikialah pembahasan tentang doa-doa diatas semoga bisa bermanfaat untuk kita bersama.

Terima kasih.

Baca Juga:

7 Tingkatan Neraka

Santri Angga
2 min read

Tanda-Tanda Hari Kiamat

Santri Angga
5 min read

Manfaat Sedekah

Santri Angga
2 min read