Doa Sebelum Tidur

3 min read

doa sebelum tidur

Berikut adalah doa sebelum tidur, adab dan amalan zikir sebelum tidur, mari kita simak sedikit keterangan dibawah ini semoga bermanfaat.

Kenikmatan Tuhan yang diberikan kepada kita adalah salah satu tidur, kegiatan tidur adalah suatu sifat yang sangat manusiawi bagi setiap orang karena rasa lelah yang sebabkan sehabis aktivitas dalam melakukan kegitan kehidupan sehari-hari, didalam ajaran islam tidur ini merupakan  satu dari sifat jaiz manusia (sifat yang boleh dan wajar).

Jadi sangat wajar bila manusia beristirahat sejenak menghilangkan rasa lelah untuk beristirahat dan tidur.

Namum tidur juga bisa mengundang mudorot jika terlalu berlebihan karena disebagian para ulama mengajarkan untuk mengurangi tidurnya sebagai kegiatan Riyadoh atau latihan mengurangi tidur dalam rangka untuk perbaktian dan menambah ibadah kepada Alloh SWT,

Kegiatan tidur juga bisa tergolong suatau amal ibadah jika tidur nya orang yang berilmu sesuai dengan apa yang disampaikan dalam suatu hadist Nabi SAW.

‘Tidurnya orang yang berilmu itu lebih baik, dari pada ibadahnya orang yang bodoh.’ Nah, itulah kenapa menjadi orang yang berilmu itu penting”

Berdoa sebelum kita hendak tidur adalah salah satu adab yang diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada kita sebagai umat nya,

Doa Sebelum Tidur

Dan ini lah sebagain doa pendek dan yang panjang ketika kita akan beranjak untuk tidur dengan membaca doa sebagai berikut.

Bacaan Doa Sebelum Tidur Arab Yang Panjang

بِاسْمِكَ رَبِّي وَضَعْتُ جَنْبِي وَبِكَ أَرْفَعُهُ، إِنْ أَمْسَكْتَ نَفْسِيْ فَارْحَمْهاَ، وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا

فَاحْفَظْهَا بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ.

Bacaan Doa Sebelum Tidur Arab Latin Panjang

Bissmika robbiy wa dho’tu janbiiy wa bikaa ar fauhuu, in amsaktaa nafsiiy far hamhaa, wa in arsaltahaa. Faahfadhaa bimaa tahfadh bihi ibadakaa ‘shoolihiin.

Artinya

Dengan Nama-Mu, ya Rabb-ku, aku meletakkan lambungku. Dan dengan Nama-Mu pula aku bangun daripadanya.

Apabila Engkau menahan rohku (mati), maka berilah rahmat padanya. Tapi apabila Engkau melepaskannya, maka peliharalah, sebagaimana Engkau memelihara hamba-hamba-Mu yang shalih.[Hadist riwayat. Al-Bukhari nomer 6320].

Baca Juga : Doa Qunut

Doa Sebelum Tidur Yang Pendek

Untuk doa sebelum tidur yang ini sangat lah pendek bacaannya dan mudah dihafalkan.

Bacaan Doa Sebelum Tidur Arab Yang Pendek

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

Bacaan Doa Sebelum Tidur Latin Yang Pendek

‘BISMIKALLAAHUMMA AHYAA WABISMIKA AMUUT’

Artinya :

‘Dengan menyebut Namamu Ya Allah. Aku Hidup dan dengan menyebut Namamu Aku Mati’

Semua doa tersebut diatas adalah doa dikala kita hendak tidur namun selain berdoa kita juga diajarkan untuk beradab ketika hendak beranjak untuk tidur dan berzikir sebelum tidur.

Baca Juga : Doa Selamat

Berikut beberapa adab yang dicontohkan oleh Rosululloh SAW

Adab Sebelum Tidur

1. Membaca  بِسْمِ اللَّهِ  Bismillah

Sebelum beranjak tidur dianjurkan untuk membaca Bismillah sebagai awalan dan menutup pintu rumah serta mematikan lampu atau meredupkan pencahayaan saat tidur

2. Membersihkan Tempat Tidur

Sebelum beranjak tidur kita pun dianjurkan untuk membersihkan tempat tidur dengan cara mengibaskan tempat tidur agar bersih dari kotoran yang mungkin ada ditempat tidur,

Hal ini seperti yang telah di anjurkan Nabi SAW. sesuai dengan hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari no. 6320, Muslim no. 2714, at-Tirmidzi no. 3401 dan Abu Dawud no. 5050. yang berbunyi sebagai berikut

إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمْ إِلَى فِرَاشِهِ فَلْيَأْخُذْ دَاخِلَةَ إِزَارِهِ فَلْيَنْفُضْ بِهَا فِرَاشَهُ وَلْيُسَمِّ اللهَ فَإِنَّهُ لاَ يَعْلَمُ مَا خَلَفَهُ بَعْدَهُ.

3.  Bersiwak

Sebelum tidur kita pun tak lupa untuk sarankan membesrihkan mulut dan mengosok gigi, atau bersiwak meskipun telah dilakukannya pada saat hendak untuk shalat Isya. [Kitabut Tahaarah and Sunnats]

Berwudhu sebelum tidur amat dianjurkan , seperti apa yang telah disabdakan oleh Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam berikut ini.

4. Berwudhu

إِذَا أَتَيْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وُضُوْءَكَ لِلصَّلاَةِ.

Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tempat tidur), maka hendaklah berwudhu’ terlebih dahulu sebagaimana wudhu’mu untuk melakukan sholat.” [Hadist Riwayat. Al-Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710].

5. Menutup Aurat

Menutup aurat pada saat tidur merupakan adab yang  sangat dianjurkan apalagi bagi perempuan.

6. Tidur menghadap kanan atau miring kekanan

Dalam posisi tidurpun agama telah mengatur hal ini kita disarankan untuk bisa mencontoh tauladan umat manusia yaitu Nabi Muhammad SAW, hendaklah lah dalam posisi tidur menghadap sebelah kanan dimana rusuk kanan kita sebagai tumpuan dan tangan kanan kita sebagai bantal.

Hal ini berdasarkan dengan apa yang telah dianjurkan Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam. dalam hadist yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710 yang berbunyi.

اِضْطَجِعْ عَلَى شَقِّكَ اْلأَيْمَنِ.

Berbaringlah diatas rusuk sebelah kananmu

Itulah beberapa adab yang dicontohkan oleh Nabi SAW sebelum tidur

Selain adab sebelum beranjak tidur kita juga dianjurkan untuk berzikir dan berdoa dari sebagian ayat Al Quran berikut amalan zikir sebelum tidur.

Baca Juga : Doa Meminta Hujan

Zikir Sebelum Tidur

  1. Membaca Surat Al Fatehah
  2. Membaca Surat Annas
  3. Membaca Surat Al Falaq
  4. Membaca Al Ikhlas Membaca Ayat Kursi
  5. Membaca Sebagian Surat Al Baqoroh ayat 285-286 yang berbunyi ;

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ ۚ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ ﴿٢٨٥﴾ لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

AAMARROSULU BIMA UNGZILA ILAIHI MIRROBIHI WALMU’MINUUN KULLUN AAMANA BILLAHI WAMALA IKATIHI WA KUTUBIHI WA RUSULIHI LAA NUFARRIQU BAINA AHADIIMMIRRUSULIH, WA QOOLU SAMI’NA WA ‘A TO’NA GUFRONAKA ROBBANA WA ILAKAL MASHIR,

LAA YUKALLIFULLOHU NAFSAN ILLA WUS’AHA,LAHA MAA KASABAT WA ‘ALAIHA MAK TASAB, ROBBNA LAA TU A KHIZNAA INNA SIINAA  AW AKHTO’NA, ROBBANA WALAA TAHMIL ‘ALINA ISRONGKAMA HAMAL TAHU ‘ALALLAZINA MINGQOBLINA, ROBBANAA WALAA TUHAMMILNA MAA LAA THOO QOTALANAABIH, WA’FU ‘ANNAA WAGHWIRLANAA WARHAMNA,ANGTA MAULANAA FANGSURNAA ‘ALALQOUMILKAFIRIIN.

6. Membaca Tasbih sebanyak 3x

َسُبْحَانَ اللهِ ، وَالْحَمْدُ ِللهِ ، وَ لآ إِلهَ إِلاَّ اللهُ ، وَاللهُ

7. Bersholawat Kepada Nabi Muhammad SAW

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ

8. Membaca Istighfar

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيْمَ

9. Meniupkan Kedua Telapak Tangan Keseluruh Tubuh Yang Bisa dijangkau.

Demikian sedikit keterangan tentang doa, adab dan zikir ketika kita hendak beranjak tidur, namum semua ini bila kita sanggup untuk mengamalkan nya, jika kesulitan berdoa lah sesuai kemapuan kita masing-masing sesuai dengan ilmu miliki. Wallohu ‘Alam

Sekian dan terima kasih mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan, penulis hanya seorang manusia yang tak lepas dari salah dan khilaf, semua kebenaran hanya milik Alloh SWT.

Wassalam