Doa Sebelum Makan

2 min read

DOA-SEBELUM-MAKAN

Doa sebelum makan dan setelah makan, sunnah dalam makan dan adab-adabnya lengkap dibahas disini, bacaan Arab ,latin dan Artinya

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokaatuh

Alhamdulillahi Robbil A’lamin, segala puji hanya kepada Allah SWT, Tuhan sekalian alam yang telah mencurahkan Rohmat-Nya kepada kita semua, Dialah Tuhan kita satu-satunya, dan tiada bersekutu bagi-Nya,

Alhamdulillah hari ini kita masih diberi kesempatan untuk selalu mengerjakan amal ibadah dalam rangka wujud perbaktian kita kepada sang pencipta.

Berdoa merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan bagi manusia, karena dengan berdoa berarti kita telah menjalankan kewajiban yang telah diperintahkan oleh Alloh swt,

Dalam melakukan perkerjaan apapun hendaknya dibarengi dengan doa, baik perkerjaan yang berat maupun yang ringan, dalam hal ini kita akan membahas doa sebelum dan sesudah makan,

Doa sebelum dan sesudah makan biasanya para orang tua selalu mengajarkan kepada anak-anaknya sejak usia dini, agar anak-anak terbiasa saat hendak melakukan segala aktivitasnya diawali dengan berdoa.

Penting mengajarkan kepada anak saat usia dini dalam berdoa selain mengajarkan kebiasaan yang baik, juga anak-anak yang masih keci,l masih mudah untuk menghafal karena ingatan mereka masih baik dan daya tangkapnya pun cepat.

Yang menjadi harapan kita agar anak-anak kita akan terbiasa dalam melakukan segala perkerjaan mengawali dengan berdoa.

Berikut ini adalah lafadz bacaan doa sebelum makan atau minum beserta latin dan terjemahannya

Doa Sebelum Makan

doa-sebelum-makan
Doa Sebelum Makan

Mengapa sebelum makan harus berdoa ? selain memohon perlindungan, berdoa sebelum makan merupakan wujud syukur atas rezeki yang Alloh berikan kepada kita, yang masih bisa menikmati makanan saat ini.

Bacaan Doa Sebelum Makan Arab

الَّلهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Bacaan Doa Sebelum Makan Latin

“Allohumma baarik llanaa fiima rozaqtanaa waqinaa adzaa ban-naar”

Artinya ;

Yaa Alloh, berkatilah rezeki yang Engkau berikan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa api neraka

Nah, sangat pendek bukan bacaannya semoga anak-anak kita mudah untuk menghafalnya, doa ini mempunyai makna, bahwa kita sebagai manusia memohon diberi kerbekahan atas rezeki yang telah kita terima dan memohon perlindungan dari siksa api neraka.

Setelah kita mengetahui bacaan doanya, tentunya kita pun harus tahu doa setelah makan, yang menjadi satu kesatuan dalam kegiatan makan.

Baca Juga ; Doa Masuk Masjid, Doa Sholat Hajat

Doa Sesudah Makan

Setelah makan kita juga dianjarkan untuk berdoa sebagai wujud rasa syukur kita, atas rezeki yang telah Alloh berikan berupa makan dan minum serta yang telah menetapkan kita menjadi orang muslim, berikut ini bacaan doanya

Bacaan Doa Sesudah Makan Arab

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Bacaan Doa Sesudah Makan Latin

Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa minal muslimiin

Artinya ;

Segala puji hanya bagi Alloh yang memberikan kami makan dan minum serta menjadikan kami sebagai pemeluk agama islam.

Itulah doa sebelum dan sesudah makan yang bisa kita ketahui bersama, pada intisarinya kedua doa tersebut adalah, perintah bersyukur atas rezeki yang telah Alloh berikan baik berupa materi maupun yang lainnya.

Tak jarang ketika kita menghadapi hidangan yang sudah tersedia untuk dimakan diliputi rasa lupa untuk berdoa, berikut ini bacaan doa ketika lupa berdoa sebelum makan.

Doa Saat Lupa Membaca Doa Sebelum Makan

Manusia memang tak luput dari lupa ataupun lalai, untuk itu Nabi SAW telah mengajarkan kita saat lupa membaca doa disaat menyantap makanan dengan bacaan doa sebagai berikut :

Bacaan Doa Saat Lupa Membaca Doa Seblum Makan Arab

بِسْمِ اللهِ فِىِ أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ

Bacaan Doa Saat Lupa Membaca Doa Seblum Makan Latin

“Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi”

Artinya ;

”Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya”

Inilah doa yang diajarkan oleh Nabi SAW disaat lupa berdoa ketika hendak makan, sesuai dengan sabda Beliau SAW yang bunyinya : Apabila salah seorang dari kalian makan, maka hendaklah ia ucapkan “Bismillah”.

Dan bila ia lupa untuk menyebutnya, maka hendaknya ia mengucapkan”Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi “(dengan menyebut nama Alloh pada awal da akhirnya).

Setelah doa sebelum dan sesudah makan, Perlu kita ketahui pula adab-adab disaat makan

Adab di Saat Makan

Dalam hal makan Nabi SAW, telah mengajarkan kepada umatnya untuk selalu sopan satun dan menjaga adab-adab, berikut beberapa adab yang perlu diketahui disaat makan dan sebelum makan :

  1. Cuci tangan hingga bersih walaupun kita makan menggunakan sendok atau garpu
  2. Membaca basmalah ketika hendak mulai makan dan doa sebelum makan
  3. Memuji makanan yang kita makan dan tidak boleh mencelanya, walaupun rasa makanan itu kuarang cocok dengan selera kita
  4. Dilarang memakai peralatan makan yang terbuat dari emas dan perak
  5. Tidak dianjurkan menyantap makanan yang masih panas dan juga makanan yang sangat dingin
  6. Dahulukan makan terlebih dahulu daripada Sholat, bila makanan telah siap dihidangkan, sesuai dengan sabda Rasulullah saw , “Apabila makan malam telah siap dihidangkan dan sholat telah ditegakkan, maka mulailah dengan makan malam dan janganlah tergesa-gesa (pergi shalat) sampai makanmu selesai.” ( Muttafaqun ‘alaih )
  7. Disunnahkan makan menggunakan tiga jari disaat makan
  8. Jika pada saat menyantap Makanan dahulukan dari makanan yang terdekat yang ada dimeja makan
  9. Makan menggunakan tangan yang kanan dan sambil duduk tidak berdiri
  10. Setelah selesai makan jangan lupa berdoa dengan membaca doa makan yang tertulis atas

Itulah sebagian dari adab-adab yang perlu kita perhatikan pada saat makan, agar makan kita berkwalitas dan mendapat nilai ibadah. Wallohu A’lam

Demikainlah sedikit pembahasan tentang doa sebelum dan sesudah makan yang juga disertai beberapa adab-adabnya, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Terima kasih, wassalam