Doa Selamat

2 min read

doa selamat lengkap

Doa Selamat dunia dan akhirat lengkap dengan bahasa arab, latin, dan terjemahnya. berikut adalah pejelasan secara lengkapnya.

Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Bismillahi Alhamdulillah Lahaula walaquata illa billah, segala puji hanya kepada Alloh SWT Tuhan semesta alam Dialah Tuhan kita satu-satu tidak bersekutu Ia dengan apapun dan Ia tak mau disekutukan oleh sesuatu apapun

Semoga siapapun yang sudah membaca dan berkunjung ke sini semoga Alloh SWT selalu memberikan kesehatan dan keselamatan dunia dan akhirat, aamiin.

Baiklah para sahabat kali ini kita akan membahas doa selamat atau doa kesalamatn dunia dan akhirat yang lebih umun di kenal dengan doa sapu jagat, karna doa ini sangatlah lengkap walaupun singkat namun mencakup semua keperluan untuk didunia dan akhirat.

Doa Selamat

Doa selamat banyak jenis bacaan nya dari mulai yang pendek sampai yang panjang bacaan nya, namun kali ini kami akan memberikan atau menulisakn beberapa doa yang lazim digunakan dan singkat agar kita semua dapat membaca nya dengan mudah dan menghafal nya.

Berikut bacaan do’a selamat dengan bahasa Arab,latin dan artinya

Bacaan Doa Selamat Pendek Arab

doa selamat

Bacaan Doa Selamat Pendek Latin

RABBANAA AATINAA FIDDUN YAA HASANAH,

WA FIL AAKHIRATI HASANAH, WAQINAA

‘ADZA BAN NAAR.

Artinya;

Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka

Bacaan doa ini merupakan bacaan do’a yang berada di dalam Al qur’an surat Surat Al Baqarah ayat 201.

Bacaan doa ini paling sering di pakai dalam doa apapun sebagai doa penutup dalam memanjatkan doa kepada Alloh SWT, karena merupakan doa pamungkas kurang afdol rasa nya  bila kita berdoa tidak menyertakan doa selamat ini dalam bermunajat memohon hajat atau pun keperluan yang lainnya.

Doa Selamat Panjang

Berikut ini doa selamat yang panjang bacaan nya dan lebih lengkap

Bacaan Doa Selamat Panjang Arab

doa selamat panjang

Bacaan Doa Selamat Panjang latin

Allaahumma innaa nas aluka salaamatangfiddiini wa afiatan filjasadi waziaadatangfil ilmi wabarokatangfirizki wataubatan Qoblalmaut warahmatan ingdalmaut wamaghfiratan ba’dal mauut,

Allaahumma hawin alaina fi sakarootil mauti wanajata minannaar wal afwa ingdal hisaab.Robbana laatuzigh Qulubana ba’da idz hadaitanaa wahablanaa mil ladungka rohmatan innaka antal wahhaab.robbana aatina fiddunya hasanah wafil akhiroti hasanah waqina azabannar

Artinya ;

  1. Ya Allah kami meminta kepadamu keselamatan Agama, kesehatan jasmani, tambahan Ilmu, keberkahan dalam rizqi, Taubat sebelum mati, Rahmat ketika hendak mati dan Ampunan setelah mati.
  2. Ya Allah, ringankanlah kami ketika sedang sakaratul Maut, selamatkan dari api neraka, dan ampunilah ketika sedang proses hisab.
  3. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami menyimpang pada kesesatan setelah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, karena sesungguhnya Engkau Maha Pemberi (Karunia).
  4. Ya Allah, ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku, dan belas kasihilah mereka berdua sebagaimana mereka berbelas kasih kepadaku di waktu aku kecil.
  5. Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan selamatkanlah kami dari siksa neraka.

Ini adalah bacaan doa selamat yang panjang dan lengkap, walaupun panjang semoga dapat dengan mudah untuk membaca dan menghafal nya, Karena bacaan doa ini sudah sering kita dengar disetiap acara apapun

Sedikit catatan hendak nya dalam kita bermunajat dan berdoa harus kita perhatikan terlebih dahulu adab dan tata tertib dalam berdo’a

Adab Dalam Berdoa

Berikut beberapa adab dalam berdo’a

  1. Percaya dan yakin kepada janji Allah bahwasan doa kita akan dikabul.
  2. Memilih waktu berdoa yang mustajab
  3. Benar-benar merasa sangat membutuhkan pertolongan Allah.
  4. Menghadap kiblat.
  5. Berdoa dalam keadaan suci dan datang dengan rasa penuh kehinaan diri kita
  6. Mengangkat kedua tangan saat berdoa.
  7. Dahului dengan membaca basmallah, hamdallah, istigfar dan bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW
  8. Berwasilah kepada orang-orang yang soleh, para nabi, para sahabat, para aulia dan para guru
  9. Meminta dengan penuh rasa pengharapan yang besar dan rasa takut sebagai makhluk yang berdosa dan memohon ampunan.

Itulah diantara beberapa adab dan tatatertib dalam berdoa kepada Alloh SWT, semoga apa yang menjadi hajat dan cita-cita kita yang baik akan dikabulkan Alloh SWT, aamiin.

Demikian lah penjelasan yang singkat tentang doa selamat dan adab tata tertib dalam berdoa.

Semoga Alloh selalu memberikan kita keselamatan fiddin waddunya wal akhirot,aamiin.

Wasallam…

Baca Juga : 

Doa Akhir Tahun

Santri Angga
3 min read

Doa Sayyidul Istighfar

Santri Angga
2 min read

Doa Kafaratul Majelis

Santri Angga
2 min read