Doa Setelah Shalat Sunah Fajar

2 min read

Berikut Uraian Tentang Beberapa Doa Setelah Shalat Sunah Fajar, Tata Cara Niat Beserta Bacaan Dzikir

Assalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pada kesempatan yang berbahagia dan cerah ini. Maka izinkanlah Waheedbaly coba membantu menguraikan dengan singkat sedikit perihal tentang. Beberapa doa setelah shalat sunah fajar, tata cara niat beserta bacaan dzikir yang haruslah untuk diperhatikan secara lengkap berikut.

Doa Setelah Shalat Sunah Fajar
Doa Setelah Shalat Sunah Fajar

Baca Juga : Adab Berpakaian

Shalat Sunah Fajar

Seperti yang sudah kita ketahui bahwasanya shalat merupakan sebuah ibadah yang bertujuan untuk mentaati serta patuh akan kewajiban sebagai hamba dan shalatlah sebagaimana mengikuti rukun shalat tersebut.

Untuk shalat sunah fajar seperti yang dianjurkan Rasulullah SAW bahwa untuk dapat sekiranya ditunaikan sebelum atau akan menjelang subuh. Dan lebih baik lagi sebelum menunaikan ibadah tersebut alangkah baiknya melakukan ritual bersuci terlebih dahulu semisal mandi dan berwudhu. setelah itu tunaikanlah shalat sunah fajar tersebut sebanyak dua rakaat.

Berikut ini tertib atau tata cara shalat sunah fajar yang sepatutnya kita ketahui.

Baca Juga : Adab Membaca Al-Quran

Tata Cara Shalat Sunah Fajar

Sebagaimana tertib rukun shalat yang pertama yaitu niat. Maka sebelum mengerjakan shalat tersebut haruslah memiliki niat terlebih dahulu lalu segeralah laksanakan. Berikut ini bacaan niat shalat sunah fajar.

Membaca Niat Shalat Sunah Fajar

Bacaan Niat Doa Shalat Sunah Fajar
Bacaan Niat Doa Shalat Sunah Fajar

Setelah membaca niat tersebut lantas lakukanlah gerakan sebagaimana gerakan shalat yang kita ketahui.

Membaca Doa Iftitah Dan Surat Al-Fatihah

Setelah melakukan gerakan Takbiratul Ihram maka hendaknya membaca doa Iftitah terlebih dahulu setelah itu sebagaimana rukun shalat maka bacalah surat Al-Fatihah setelah doa tersebut.

Bacaan Doa Iftitah
Bacaan Doa Iftitah

Membaca Surat Pendek Setelah Membaca Surat Al-Fatihah

Untuk bacaan surat pendek setelah membaca Al-Fatihah. Sangatlah dianjurkan untuk membaca surat Al-fajr pada rakaat pertama. Namun setelah masuk pada rakaat kedua sangatlah dianjurkan agar dapat membaca surat Al-Ikhlas. Jika dalam keadaan kalian tidak bisa menghafal surat Al-Fajr tersebut setelah membaca Al-Fatihah kalian boleh membaca surat pendek lainnya yaitu surat Al-Kafirun serta membaca surat Al-Ikhlas.

Membaca Surat Yusuf

Jika setelah selesai menunaikan shalat sunah fajar dengan mengikuti bagaimana rukun shalat tersebut. Maka sangatlah dianjurkan agar dapat membaca surat Yusuf ayat 21. Apabila masih memiliki waktu yang panjang serta memungkinkan.

Baca Juga : Doa Nabi Isa

Bacaan Dzikir Setelah Shalat Sunah Fajar

Jika kalian menyelesaikan segala tata cara tersebut. Maka hendaknya sebelum meninggalkan tempat shalat alangkah baiknya lakukan ibadah lainnya yaitu dengan berzikir.

Bacaan Dzikir Pertama

Untuk bacaan dzikir setelah shalat sunah fajar. Baca dan amalkanlah sebanyak 100 kali. Lalu membaca bacaan dzikir yang kedua dengan mengamalkan surat Al-Ikhlas sebanyak 41 kali berturut-turut setelah selesai lalu amalkan membaca surat Al-Anam ayat pertama dan kedua lalu ayat ke 96. Sebagaimana bacaannya berikut dibawah ini.

Bacaan Dzikir Kedua

” Dahulu jika sebelum adzan subuh berkumandang. Beliau Rasulullah SAW menunaikan shalat sunah fajar dahulu sebelum menunaikan shalat subuh, baik itu dirumah atau pun ketika dimasjid” ( HR.Bukhari dan Muslim ).

Baca Juga : Adab Bertemu Sesama Muslim

Doa Shalat Sunah Fajar

Setelah mengamalkan shalat sunah fajar dengan berdzikir setelahnya patutlah bagi kita untuk memanjatkan doa memohon perlindungan serta keberkahan dari Allah SWT dan juga kepada Rasulullah SAW. Lafadzkanlah doa tersebut sebanyak 3 kali berturut-turut.

Bacaan Doa Shalat Sunah Fajar

Doa Setelah Shalat Sunah Fajar
Doa Setelah Shalat Sunah Fajar

Baca Juga : Adab Makan

Keutamaan Shalat Sunah Fajar

Rasulullah SAW sangatlah menyukai shalat sunah fajar tersebut. Serta memiliki keutamaan dan keberkahan didalamnya tentunya akan memperoleh pahala yang lebih baik daripada seisi dunia jika mengerjakannya. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda menerangkan bahwa.

Ketentuan Shalat Sunah Fajar

Shalat sunah fajar jika hendak mengerjakannya lakukanlah sebelum shalat sunah qabliyah subuh disaat selesai adzan berkumandang. Jadi jika hendak mengamalkan shalat sunah fajar tersebut maka haruslah mengikuti aturan seperti berikut.

  • Saat adzan subuh berkumandang.
  • Menunaikan shalat sunah fajar sebanyak dua rakaat.
  • Lalu tunaikanlah shalat sunah qabliyah sebanyak dua rakaat.
  • Mengamalkan bacaan yang disebut diatas serta tak lupa berzikir serta shalawat.
  • Menunggu Iqomah selesai lalu tunaikanlah shalat fadhu Subuh.

Baca Juga : Adab Menuntut Ilmu

Penutup

Demikianlah sedikit uraian singkat tentang beberapa doa setelah shalat sunah fajar, tata cara beserta bacaan dzikir yang sepatutnya kita ketahui lalu dapat belajar mengamalkannya sebagaimana kita mencontoh Rasulullah SAW.

Akhir kata semoga uraian tersebut dapat memberi ilmu yang bermanfaat untuk kalian dan untuk diri saya sendiri. Terima kasih.

Wassalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam Waheedbaly.

Baca Juga :

Bacaan Tasbih

Santri Angga
2 min read

Doa Tahiyat Akhir

Santri Angga
3 min read