Doa Sholat Dhuha

3 min read

DAO-SHOLAT-DHUHA

Berikut ini niat, tata cara, waktu, keutamaan dan bacaan doa sholat dhuha lengkap, tuliasan Arab, latin, diserta Arti.

Asslamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Umat Islam diwajibkan mendirikan sholat wajib dalam satu hari sebanyak lima waktu, namum selain sholat wajib kita pun dianjurkan untuk melakasakan berbagai sholat sunnah, dimana sholat sunnah merupakan anjuran dan telah dicontohkan langsung oleh Rasulullah saw, karena sholat sunnah mempunyai banyak manfaat dan khasiat bagi yang mengamalkannya.

Diantaranya sholat dhuha, sholat dhuha merupakan salah satu dari sekian banyak sholat-sholat sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, yang memiliki keutamaan dan Fadhilah yang sangat luar biasa bagi mengamalkannya.

Dari sekian bayaknya khasiat sholat dhuha yang paling populer ialah sholat dhuha bisa perantara untuk kemudahan jalan rezeki.

Waktu Sholat Dhuha

Sebelum memulai aktifitas urusan dunia ada baiknya terlebih dahulu kita mewujudakn perbaktian sebagai seorang hamba, untuk senantiasa ingat kepada Tuahnnya, dan memohon pentujuk serta keridhoan-Nya salah satu dengan mendirikan sholat sunnah dhuha.

Perlu diketahui bersama bahwasanya waktu untuk sholat dhuha dimulai pagi hari kisaran jam 08.00pagi sampai dengan sebelum waktu zhuhur kisaran jam 11.00 siang, itulah batasan waktu sholat sunnah dhuha yang perlu kita pahami agar pelaksanaanya tidak salah mengenai waktunya.

Setelah kita mengetahui waktu sholat dhuha lalu bagaimana bacaan niat jika ingin melaksanakan sholat dhuha.

Niat Sholat Dhuha

Berikut ini bacaan Niat sholat dhuha yang bisa anda pelajari dan hafalkan lengkap kami tulisankan dengan bahasa arab, latin berikut artinya.

Bacaan Niat Sholat Dhuha Arab

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحٰى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

Bacaan Niat Sholat Dhuha Latin

Ushollii Sunnatadh Dhuha Rok’ataini Mustaqbilal Qiblati Adaa’an Lillaahi Ta’aalaa

Artinya ;

Aku niat sholat sunnah Dhuha dua raka’at menghadap kiblat saat ini karena Alloh Ta’ala

Inilah bacaan niat sholat dhuha, semoga kita dapat menghafalnya, setelah mengetahui bacaan niat berikut kita perlu tahu pula cara pelaksanaannya.

Cara Sholat Dhuha

Cara mengerjakan sholat Dhuha sama seperti sholat wajib hanya saja yang membedakan terletak pada bacaan niatnya, dan jumlah rokaat dalam sholat hanya 2 rokaat kemudian ditutup dengan salam. Berikut tata caranya sholat dhuha :

  1. Membaca niat dibarengi dengan takbirotul ikhrom dimana letak niat didalam hati.
  2. Membaca doa iftitah
  3. Kemudian membaca surat Al Fatihah
  4. Dilanjutkan membaca sebagian surat yang berada di Al qur’an namum membaca surat Asy-Syamsi lebih diutamakan
  5. Setelah membaca surat selesai dilanjutkan dengan Ruku’
  6. Setelah ruku’lalu i’tidal dan dilanjutkan gerakan sujud
  7. Setalah sujud, duduk kemudian sujud kembali
  8. Dan berdiri seperti semula dilanjutkan dengan rokaat kedua
  9. kemudian di ulangi seperti gerakan pertama dan ditutup dengan salam.

Inilah cara melakukan sholat sunnah dhuha yang sama halnya seperti melakukan sholat wajib lainnya, untuk banyaknya rokaat yang dikerjakan minimal 2 rokaat yang akhiri dengan satu salam, jika ingin menambah rokaat lagi diperbolehkan sampai dengan 8 rokaat.

Setelah selesai melakukan sholat dilanjutkan dengan berdoa dengan bacaan doa sebagai berikut ;

Baca Juga ; Doa Mandi Wajib

Doa Sholat Dhuha

Dalam berdoa tidak ada larangan menggunakan bahasa apa saja yang terpenting isi doa itu memohon suatu hal yang baik-baik, tetapi dalam doa setelah sholat dhuha telah diajarkan oleh Nabi saw dengan bacaan sebagai berikut :

Bacaan Dao Sholat Dhuha Arab

اَللَّهُمَّ إِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاؤُكَ وَالبَهَاءَ بَهَاؤُكَ وَالجَمَالَ جَمَالُكَ وَالقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللَّهُمَّ إِنْ كَانَ رِزْقِي فِي السَّمَاءِ فَأَنْزِلْهُ وَإِنْ كَانَ فِي الأَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَإِنْ كَانَ مُعْسِرًا فَيَسِّرْهُ وَإِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَإِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِي مَا آتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَاَللَّهُمَّ بِكَ أُصَاوِلُ وَبِكَ أُحَاوِلُ وَبِكَ أُقَاتِلُ  ثُمَّ يَقُوْلُ رَبِّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي وَتُبْ عَلَيَّ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

Bacaan Dao Sholat Dhuha Latin

Allohumma innad-duhaa’a duhaa’uka wal bahaa’a bahaa’auka wal-jamaala jamaaluka wal-quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal-‘ismata ‘ismatuka.

Allohumma in kaana rizqii fis-samaa’i fa anzilhu, wa in kaana fil-ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu’assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tohhirhu wa in kaana ba’iidan fa qrribhu bi haqqi duhaa’ika wa bahaa’ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa aataita ‘ibaadakash-sholihiin.

Artinya ;

Ya Alloh, sesungguhnya waktu dhuha adalah, waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Alloh, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sulit mudahkanlah, apabila harom sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hamba-Mu yang soleh

Inilah bacaan doa setelah melaksakan sholat dhuha, namum jika anda ingin menambahkan doa-doa yang lain diperbolehkan, yang sesuai dengan hajat dan kebutuhan anda.

Demikianlah serangkian tata terbit tentang sholat dhuha yang sudah kami tuliskan mulai bacaan niat, waktu sholat dan doanya, kemudian tak kalah penting yang mesti untuk ketahui yaitu keutamaan sholat dhuha, berikut keutamaan sholat dhuha :

Baca Juga ; Doa Sholat Hajat, Doa Nurbuat

Keutamaan Sholat Dhuha

Dari sekian banyak keutamaan sholat dhuha, berikut ini adalah beberapa keutamaan dan fadhilah dari sholat dhuha.

1. Keistimewaan sholat dhuha juga bisa sebagai wasilah terampuni segala dosa dan kesalahan, seperti apa yang telah disabda oleh Nabi saw, ”Barang siapa yang melakukan sholat dhuha Alloh SWT akan mengampuni segala dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan.” (Hadist Riwayat. Turmudzi)

2. Sholat dhuha juga merupakan wasiat khusus Dari Nabi SAW kepada Abu Hurairah dan kepada seluruh umat beliau secara umum.” (Imam Thabari)

3. Mengerjakan Sholat sunnah dhuha dua rokaat juga berguna sebagai pengganti tasbih, tahmid dan tahlil, sesuai dengan sabda Nabi SAW, yang berbunyi sebagai berikut ;

Setiap pagi ada kewajiban untuk tiap-tiap persendian untuk bersedekah. Tiap-tiap tasbih itu sedekah, tiap-tiap tahlil itu sedekah, tiap-tiap tahmid juga sedekah, tiap-tiap takbir sedekah, tiap-tiap menganjurkan kebaikan sedekah, tiap-tiap mencegah yang mungkar juga sedekah dan cukup menggantikan semua itu dengan mengerjakan dua rakaat shalat dhuha”. (Hadist Riwayat Muslim)

4. Keutamaan yang lain bila istiqomah mengerjakan sholat dhuha akan tercukupinya rizqi.

5. Mengerjakan sholat dhuha dua rokaat sama aratinya kita telah mengeluarkan Sedekah

6. Barang siapa menegerjakan sholat subuh berjamaah, lalu duduk mengingat kepada Alloh sampai matahari terbit, kemudian sholat dua rokaat, maka pahalanya seperti pahala haji dan umroh yang sempurna, Hadist Riwayat Turmudzi

7. Keutamaan berikut adalah boleh memasuki pintu khusus di surga, dengan ke istiqomahan melakukan sholat dhuha pintu surga terbuka dengan lebar.

Nah itulah sebagian dari keutamaan mengerjakan sholat dhuha yang amat banyak manfaat bagi yang menjalankannya dengan istiqomah, semoga kita semua mendapatkan pertolongan dari Alloh swt, untuk bisa istiqomah mendirikan sholat-shloat sunnah yang dianjurkan Rosululloh saw, terkhusus sholat diwaktu dhuha, aamiin.

Dari keutamaan amalan sholat dhuha yang banyak ini hendak kita tidak perlu untuk menghitung-hitung ganjarannya dan manfaatnya, namum cukup kita ketahui saja, dikhawtirkan semua yang kita lakukan akan mengoyahkan niat kita, karena beribadah yang kita tuju hanyalah mencari keridhoan Alloh. Wallohu A’lam

Demikialah tulisan yang sederhana ini yang bisa kami berikan semoga menjadi wasilah bertambahnya wawasan ilmu kita semua.

Terima kasih, Wasalam