Doa Sholat Hajat

3 min read

DAO-SHOLAT-HAJAT

Berikut adalah tata cara sholat hajat lengkap mulai dari niat, cara, waktu, bacaan doa, bacaan zikir dan dalilnya.

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Alhamdulillah segala puji hanya milik Alloh swt, yang masih memberikan kita semua kesehatan dan kenikmatan, dan nikmat paling besar yaitu nikmat islam, imam dan ikhsan.

Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang tata cara sholat hajat, yang mana sholat sunnah hajat merupakan sholat sunnah yang dikerjakan dalam rangka bentuk keimanan dan sekaligus mentaati perintah Alloh swt.

Nabi Muhammad saw menganjurkan kepada seluruh umatnya untuk selalu berdoa dan memohon kepada Alloh swt dalam segala hal, agar Alloh selalu memberikan jalan kemudahan untuk keperluan dunia ataupun keperluan akhirat.

Hal yang demikain ini lebih utama dari pada memohon keperluan hajatnya melalui jalan yang tidak dianjurakan oleh Alloh dan Rosul Nya, seperti kedukun dan orang-orang yang dianggap sakti dalam rangka untuk memenuhi semua keperluaan hajatnya.

Hadist yang mengatakan bahwa sholat hajat bisa menjadi perantara dalam kebutuhan hajatnya agar cepat terkabul sebagai berikut :

Hadist Tentang Sholat Hajat

Berikut ini adalah Hadist Nabi SAW, yang diriwayatkan oleh ‘Utsman bin Hunaif yang artinya sebagai berikut ;

Seorang yang buta mendatangi Nabi SAW, lalu ia mengatakan, berdoalah engkau hanya kepada Allah untukku agar menyembuhkanku.

”Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, “Apabila engkau ingin, aku akan menundanya untukmu (di akhirat) dan itu lebih baik. Namun, jika engkau ingin, aku akan mendo’akanmu. ”Orang itu pun lalu mengatakan, “Do’akanlah.” Nabi SAW kemudian menyuruhnya untuk berwudhu dan menyempurkan wudhunya serta mengerjakan sholat 2 rakaat kemudian berdoa.

Dengan doa ini, “Ya Alloh, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dan menghadap kepada-Mu dengan Muhammad Nabiyyurrahmah. Wahai Muhammad, sesungguhnya aku telah menghadap pada Tuhanku denganmu dalam kebutuhanku ini agar dikabukan. Ya Alloh, terimalah syafa’atnya untukku.” (Hadist Riwayat dari. Ibnu Majah no. 1385 dan Tirmidzi no. 3578. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan hadits ini shahih).

Itulah dalil yang menyatakan sholat sunnah hajat sangat dianjurkan untuk memohon keperluan agar cepat terkabul.

Mengenai rangakian sholat hajat ini telah diatur dan juga disusun dari awal sampai akhir dalam mengerjakan sholatnya, berikut urutannya

Baca Juga ; Doa Sebelum Belajar

Niat Sholat Hajat

Sebagaimana sholat yang lainya, sholat sunnah hajat ini sama saja dalam pelaksanaannya, diawali dengan membaca niat terlebih dahulu dan diakhiri dengan salam, hanya bacaan niatnya sholatnya saja yang berbeda, berikut ini bacaan niatnya

Bacaan Niat Sholat Hajat Arab

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Bacaan Niat Sholat Hajat latin

Usholli Sunnattal Haajati Rok’ataini Lillahi Ta’aalaa

Artinya ;

Sengaja aku mengerjakan Sholat Sunnah Hajat dua rakaat karena Alloh Ta’ala

Baca Juga ; Doa Bepergian

Cara Sholat Sunnah Hajat

Cara mengerjakan sholat sunnah hajat sama dengan sholat sunnah lainnya yaitu setiap dua rakaat diakahiri dengan satu kali salam, untuk lebih lengkapnya sebagai berikut tata caranya

  1. Berdiri tegak dan diperboleh duduk atau tidur bagi yang tidak mampu berdiri
  2. Memabaca niat sholat hajat ( lekatnya niat didalam hati) sambil takbirotul ikhrom.
  3. Kemudian dilanjutkan membaca doa iftitah
  4. Membaca surat al fatehah
  5. Setelah surat alfatehah disambung dengan surat pendek dianjurkan surat alkafirun sebanyak 3x
  6. Ruku’
  7. I’tidal
  8. sujud
  9. Duduk diantara dua sujud
  10. kemudian sujud kembali
  11. Setelah sujud bangun seperti semula, kemudian ulangi seperti rokaat pertama sebagai rokaat kedua
  12. Setelah rokaat kedua ditutup dengan salam

Itulah tata cara sholat hajat yang sama seperti sholat lainnya, 2 rokaat di tutup dengan salam, untuk banyaknya rokaat dalam mengerjakan sholat hajat, boleh dikerjakan sebanyak empat rokaat, enam rokaat dan delapan rokaat namum dilakukan per dua rokaat ditutup dengan satu kali salam,

Setelah melakukan sholat hajat dilanjutkan dengan berzikir dan berdoa

Zikir Setelah Sholat Hajat

Setelah selesai sholat dianjurakn untuk berzikir dengan memuji kebesaran Alloh subhana wa ta’ala, dengan bacaan zikirnya sebagai berikut :

Bacaan Zikir Setelah Sholat Hajat

Bacaan Arab dan latin

سبحان الله و الحمد لله و لا اله إلا الله و الله أكبر و لا حول و لا قوة إلا با لله العلى العظيم

Subhaanalloh wal hamdulillaah wa laa ilaaha illalloh wallohu akbar wa laa haula wa laa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘adziim

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammad wa ‘alaa ali sayyidina Muhammad

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Robbana aatina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah wa qinaa ‘adzaaban nar

Tiga bacaan zikir diatas sangat sederhana namum mempunyai makna yang sangat luar biasa bila dengan istiqomah mengamalkannya.

Setelah berzikir kemudian dilanjutkan dengan membaca doa sebagai berikut :

Doa Setelah Sholat Hajat

Setelah serangkaian zikir selesai kemudian dilanjutkan dengan berdoa, sebelum berdoa diharapkan berwasilah terlebih dahulu diantaranya berwasilah kepada

  1. Sayyidina Muhammad SAW
  2. Kepada para Malaikat
  3. Para sahabat dan orang-orang yang sholeh
  4. Guru dan orang tua

Setelah berwasilah dan sebelum masuk doa inti didahulukan dengan memuji nama-nama Alloh, lalu bersholawat kepada Nabi, dan masuk ke doa, bacaan doanya sebagai berikut :

Bacaan Doa Sholat Hajat Arab

لاَإِلهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ. سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. أَسْئَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَ عَزَائِمِ مَغْفِرَتِكَ وَ الْغَنِيْمَةِ مِنْ كُلِّ بِـرٍّ وَ السَّلاَمَةِ مِنْ كُلَّ إِثْم لاَ تَدَعْ لَنَا ذَنْبـًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَ لاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَ لاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَـا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Bacaan Doa Sholat Hajat Latin

Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbul ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As`aluka muujibaati rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birrin wassalaamata ming kulli itsmin. Laa tada’ lana dzanban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.

Artinya ;

Tidak ada tuhan kecuali Alloh yang maha Penyantun lagi pemurah. Maha suci Alloh, Tuhan pemelihara ‘Arasy yang Maha Agung.

Segala Puji hanya kepada Alloh Tuhan semesta alam. Kepada-Mu aku meminta sesuatu yang mewajibkan Rohmat-Mu dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu, dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa.

Janganlah Engkau biarkan dosa pada diriku, melainkan Engkau beri jalan petunjuk keluar, dan tidak pula sesuatu Hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Ya Alloh yang maha Pengasih lagi maha Penyayang.

Kemudaian anda bisa menambahkan doa lainnya yang menjadi kebutuhan dan hajatnya, Itulah serangkaian tetang sholat hajat yang bisa kami berikan mulai dari bacaan niat, cara melakukan sholat, bacaan zikir dan doanya, semoag semua hajat kita dikabulkan oleh Alloh swt, aamiin.

Kemudian beberapa keutamaan tentang sholat hajat yang perlu juga diketahui,

Keutamaan Sholat Hajat

Sesuai yang telah dikatakan RosuluLloh SAW dalam sebuah hadistnya ”Barang Siapa yang berwudhu lalu sempurna wudhunya, kemudian melaksakan sholat dua rokaat (sholat hajat) dan sempurna rokaatnya maka Alloh akan mengabulkan segala permintaan atau hajatnya (HR Ahmad)

Jadi jelas keutamaan dari sholat sunnah hajat ini mempunyai fadhilah akan cepat terkabul hajatnya. Wallohu A’lam

Demikanlah sedikit pemabahasan tentang sholat hajat semoga bisa menjadi manfaat bagi kita semuanya, setelah anda mengetahui persoalan mengenai sholat hajat melalui tulisan yang sederhana ini, ada baiknya anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada para guru atau ustadz yang mempuni dalam bidang agama, atau belajar melalui majlis ilmu yang ada disekitar rumah anda.

Terima kasih dan mohon maaf apabila ada kekeliruan dalam penulisan.

Wasallam


Doa Untuk Pengantin

Santri Angga
2 min read

Sholat Jenazah

Santri Angga
2 min read

Bacaan Sujud Sahwi

Santri Angga
2 min read