Doa Tahiyat Akhir

3 min read

DOA TAHIYAT AKHIR

Bacaan Doa Tahiyat Akhir dan tahiyat awal lengkap dengan bacaan arab tulisan latin dan artinya agar mudah dipahami

Assalamu’alaikum waroh matullohi wabarokatuh

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bacaan doa tahiyat awal dan tahiyat akhir, selengkapnya mari simak pembahasan dibawah ini.

Bismillahi Alhamdulillah asholatu wasalamu ala rosulillah la haula wala quwwata illa billah.

Membaca doa tahiyat adalah salah satu rukun di dalam sholat, maka sangat penting bagi kita untuk mengetahui dan menghafal bacaan doa tersebut dan lebih baik dipahami dengan maknanya, baik makna yang tersurat maupun makna yang tersirat.

Maka jika seseorang tidak membaca doa tahiyat akhir pada sholatnya maka sholatnya tidak dianggap sah, karena sudah jelas yang namanya rukun itu wajib dilakukan. bacaan tahiyat awal dan akhir mempunyai sedikit perbedaan, lebih jelasnya bisa lihat penjelasan di bawah ini.

Doa Tahiyat Akhir

BACAAN-DOA-TAHIYAT-AKHIR

Bacaan tahiyat akhir dibaca diakhir rakaat pada saat duduk tawaruk sebelum salam, berikut bacaan doanya

Bacaan Doa Tahiyat Akhir Arab

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ

السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ

السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ

كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ

وبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ

كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ

إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Bacaan Doa Tahiyat Akhir Latin

“Attahiyyatul mubarokatush sholawatut toyyibatu lillah. Assalaamu ‘alaika ayyuhan nabiyyu wa rohmatullahi wa barokatuh. Assalaamu ‘alaina wa ‘ala ‘ibadillahish sholihin.

Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rosuluh. Allohumma sholli ‘ala muhammadin wa ‘ala ali muhammadin kama shollaita ‘ala ibrohima wa ‘ala ali Ibrohim, wa barik ‘ala muhammadin wa ‘ala ali muhammadin kama barokta ‘ala ibrohima wa ‘ala ali ibrohim innaka hamidum majid

Artinya :

Semua kehormatan, dan keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan adalah punya Alloh swt. Keselamatan atas Nabi Muhammad, juga rahmat dan berkahnya. Keselamatan dicurahkan kepada kami dan atas seluruh hamba Allah yang sholeh

Aku bersaksi tidak ada sesembahan yang patut disembah kecuali hanya Alloh. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Alloh.

“Ya Alloh, limpahilah rahmat atas keluarga Nabi Muhammad. Seperti rahmat yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya.

Dan limpahilah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya. Seperti berkah yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Engkaulah Tuhan yang sangat terpuji lagi sangat mulia diseluruh alam.

Nah inilah bacaan doa tahiyat akhir atau tasyhud akhir. Dan akan kami berikan contoh penjelasannya menegenai duduk tahiyat akhir yang benar.

Baca Juga ; Doa Qunut Nazilah

Cara Duduk Tahiyat Akhir

Cara duduk tahiyat akhir sebagai berikut, caranya ialah duduk dengan menghamparkan Kaki yang sebelah Kiri ke arah samping Kanan, dan posisi pantat menempel di atas Lantai, kemudian menegakkan Kaki Kanan dengan menghadapkan dengan Jari – Jarinya menghadap ke arah Kiblat, Duduk Tahiyat Akhir ini juga disebut dengan duduk Tawaruk.

Setelah mengetahui bacaan doa tahiyat akhir ada baiknya kita juga perlu mengetahui bacaan tahiyat awal.

Doa Tahiyat Awal

bacaan-doa-tahiyat-awal

Bacaan doa tahiyat awal sama seperti bacaan tahiyat akhir hanya cuma sedikit pendek bacaannya berikut bacaannya sebagai berikut :

Bacaan Doa Tahiyat Awal Arab

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ  أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ

Bacaan Doa Tahiyat Awal Latin

“Attahiyyatul mubarokatushsholawatut toyyibatul lillah. Assalaamu ‘alaika ayyuhan nabiyyu wa rohmatullahiwa barokatuh. Assalaamu ‘alaina wa ‘ala ‘ibadillahish sholihin. Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rosuluh. Allohumma sholli ‘ala muhammadin wa ‘ala ali muhammadin

Artinya ;

Semua kehormatan, dan keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan adalah punyaan Alloh swt. Keselamatan atas Nabi Muhammad, juga rahmat dan berkahnya. Keselamatan dicurahkan kepada kami dan atas seluruh hamba Alloh yang sholeh

Aku bersaksi tiada sesembahan yang patut untuk disembah kecuali hanya Alloh. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad saw adalah utusan Alloh.

“Ya Alloh, limpahilah rohmat atas keluarga Nabi Muhammad. Seperti rohmat yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya.

Nah bacaan dao tahiyat awal yang sdikit berbeda, doa ini hanya dibaca hanya sampai bacaan sholawat saja, kemudia cara duduk tahiyat awal akan sedikit kami jelaskan di bawah ini.

Baca juga : Bacaan Sujud Sahwi

Cara Duduk Tahiyat Awal

Cara duduk tahiyat awal sudah diterang oleh Nabi melalui sabdanya yang berbunyi sebagai berikut ; dari Abi Humaid As Sa’idiy ia berkata ” Maka apabila Nabi Muhammad saw duduk pada Rokaat Kedua atau Duduk Tahiyat Awal, Rasulullah saw duduk diatas kaki kirinya dan menegakkan kaki kanannya, dan duduk di rokaat akhir beliau memajukan kaki kirinya dan menegakkan kaki kanan beliau dan duduk diatas tempat duduknya (Hadist Riwayat. Bukhari dan Abu Daud)

Nah inilah cara duduk tahiyat awal yang mempunyai perbedaan dengan duduk tahiyat akhir.

Pada saat setelah selesai membaca doa tahiyat akhir ada bacaan doa lain yang dicontohkan oleh Nabi lihat penjelasan di bawah ini.

Baca Juga : Doa Qunut Subuh

Doa Setelah Tahiyat Akhir

Ada doa yang dipanjatkan oleh Nabi ketika beliau selesai membaca doa tasyahud akhir dengan bacaan sebgai berikut :

Bacaan Doa Setelah Tahiyat Akhir Arab

اَلْلَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَمِنْ عَذَابِ القَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ المَحْيَا وَالمَمَاتِ وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ المَسِيْحِ الدَجَّالِ

Bacaan Doa Setelah Tahiyat Akhir Latin

Allohumma inni a’udzu bika min ‘adzabi jahannama, wa min ‘adzabin nar, wa min fitnatil mahya wal mamat, wa min syarri fitnatil masihid dajjal.

Artinya ;

Ya Alloh, aku berlindung kepada-Mu dari siksa jahanam dan siksa kubur serta dari fitnah kehidupan dan kematian dan dari kejahatan fitnahnya dajal.

Bacaan doa ini dibaca ketika sudah selesai membaca doa tasyhud akhir sebelum melakukan salam.

Baiklah setelah mengetahaui bacaab dan cara duduk antara tahiyat awal dan tahiyat akhir serta doanya, berikut akan kami sampaikan mengenai kandungan doa dalam bacaan tasyahud ini.

Makna Doa Tahiyat Akhir

Setelah kita ketahui bacaan doa tayahud perlu juga kita untuk mengetahui makna yang tersirat dalam bacaan doa ini.

Bacaan doa tasyahud bermula dari hikmah perjalanan Nabi saat Isro’ Mi’raj, yakni saat perjalan dari Masjidil Harom ke Masjil Aqso dan dilanjutkan perjalan kelangit ketujuh hingga berjumpa dengan Alloh SWT.

Yang mana terjadi percakapan antara Alloh dan Nabi Muhammad saw, tentang kesakasian, yang membenarkan bahwa benar Tuhan ku adalah Alloh dan pengagungan atas kebesaran kepada Alloh, dan Alloh pun memberikan salam penghormatan kepada Nabi Muhammad saw.

Nah inilah sekilas makna dari doa tasyahud akhir.

Demikianlah pembahasan singkat tentang doa tasyahud awal dan tasyahud akhir atau tahiyat awal dan tahiyat akhir yang dapat disampaikan semoga dapat dipahami dan diberi kepahaman oleh Alloh swt. Wallhu’alam.

Terima kasih, wassallam

Artikel lain yang bisa anda baca