Doa Terkena Musibah

3 min read

Doa Terkena Musibah – Simak Uraian Tentang Kalimat Istirja’ Sebagai Doa Ketika Terkena Musibah Beserta Makna Dan Keutamaannya.

Assalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pada kesempatan yang berbahagia dan cerah ini. Maka izinkanlah Waheedbaly coba membantu menguraikan dengan singkat sedikit perihal beberapa uraian tentang. Doa ketika terkena musibah beserta makna dan keutamaanya doa tersebut yang seharusnya patut untuk diketahui sebagai berikut.

Doa Ketika Terkena Musibah
Doa Ketika Terkena Musibah

Baca Juga : Doa Agar Menjaga Shalat

Musibah

Musibah merupakan salah satu bentuk yang berwujud sehingga dapat dimaknai dengan beragam macam sudut pandang. Baik itu buruk atau pun baik. Namun kebanyakan orang memandang bahwa musibah adalah merupakan suatu bentuk adzab atau pun sebagai sebuah peringatan bisa juga sebagai suatu bentuk ujian.

Meskipun bencana atau musibah tersebut terkadang menghampiri secara silih berganti. Dan tiada satupun makhluk yang dapat menghindari dan pasti akan diuji. Untuk itulah sebagai umat Muslim haruslah memiliki kesabaran menghadapi ujian tersebut.

Sebagaimana yang terterang dalam Al-Quran surat Al-Anbiya ayat 35 menerangkan bahwa.

Berdasarkan keterangan ayat Al-Quran tersebut bahwasannya setiap makhluk yang bernyawa pastilah akan mati serta akan merasakan segala bentuk ujian. Untuk itulah maka haruslah berpasrah serta ikhlas kepadaNya.

Pada saat terkena musibah mungkin pastilah akan mengalami suatu kesedihan serta kepedihan. Karena akan ditinggal oleh orang yang dicintai untuk itu janganlah kalian merasa bersedih hati akan ditinggalkan oleh orang yang kalian cintai.

Lalu bagaimana hendak kita menyikapinya ? Sebagaimana Rasulullah SAW telah mengajarkan bahwa pada saat terkena musibah atau diri tertimpa suatu musibah. Haruslah dengan mengucapkan sebuah kalimat Istirja berikut.

Bacaan Kalimat Istirja
Bacaan Kalimat Istirja

Baca Juga : Doa Nabi Hud

Doa Terkena Musibah

Dalam Al-Quran surat Al-Anbiyah ayat 155-157 menerangkan bahwa ketika diri terkena musibah atau saudara lainnya tertimpa musibah yang Allah SWT telah memerintahkan. Maka haruslah mengucapkan bacaan tersebut. Berikut bacaan doa terkena musibah

Bacaan Kalimat Istirja’ Doa Terkena Musibah

Bacaan Doa Terkena Musibah
Bacaan Doa Terkena Musibah

Doa Terkena Musibah Arab

Doa Terkena Musibah Latin

“Innaa lillaahi wa inna ilaihi roji’uun.”

Artinya :

“Sesungguhnya, kita adalah kepunyaan Allah SWT, dan sesungguhnya kepada-Allah SWT lah kita akan Kembali.”

Sebagaimana yang terterang dalam bacaan doa tersebut bahwasanya. Setiap makhluk yang bernyawa adalah kepunyaanNya semata untuk itu pasti semua akan kembali. Serta haruslah ikhlas agarlah dapat untuk memperoleh ridho Allah SWT.

Kalimat bacaan tersebut acapkali kita ucapkan tak kala terkena musibah. Untuk itu pastilah terdapat makna atau keutamaan dari kalimat tersebut. Berikut makna dari ucapan kalimat doa tersebut.

Baca Juga : Adab Memberi Salam

Makna Doa Terkena Musibah

Dalam artian istilah bahwasannya kalimat Istirja tersebut yaitu ” Raja’a “ atau kembali. Yang berarti pasti kembali atau berusaha untuk kembali.

Dengan maksud bahwasannya apapun segala perkara didunia haruslah berpasrah ikhlas mengembalikan semua kepadaNya. Karena pada saat dilahirkan kita tidaklah membawa apa-apa. Dan jika pun memiliki ingatlah bahwa semua hanyalah sebuah titipan Allah SWT yang kuasa. Sebagaimana tubuh ketika dalam keadaan dikubur pastilah akan binasa.

Dalam kalimat tersebut menyebutkan bahwa tidaklah berucap dengan kata ” Ni “ ( saya ) melainkan dengan sebutan kalimat kata ” Na “ ( kami ). Berarti terdapat kandungan kata banyak keterlibatan antar makhluk dan tuhanNya. Kata tersebut berarti memiliki penekanan bahwasannya setiap makhluk bernyawa pasti akan kembali.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda mengatakan bahwasannya :

” Segala hal yang menimpa orang Mukmin, Baik itu yang tidak disukainya adalah disebut musibah “

Untuk itu kalimat tersebut haruslah selalu diucapkan tak kala tertimpa suatu musibah apa pun baik itu perihal kecil atau pun besar. Atau pula berkaitan dengan sebuah tertimpa kelaparan serta kemiskinan dan segala apa pun perihal musibah yang menimpa.

Dalam Al-Quran surat Al-Baqaroh ayat 155 menerangkan bahwa :

Serta sebagaimana Rasulullah SAW bersabda menerangkan bahwa :

Untuk itulah sebagaimana Rasulullah SAW menganjurkan bahwasanya hendaklah mengucapkan kalimat jika saat tertimpa suatu musibah. Baik itu perihal yang sangat kecil atau pun perihal besar.

Baca Juga : Doa Setelah Shalat Sunah Fajar

Keutamaan Membaca Doa Terkena Musibah

Jika kita sering berucap dengan kalimat ucapan doa tersebut maka sepatutnya kita ketahui apa keutamaan makna doa tersebut. Berikut uraian singkatnya menerangkan.

Musibah Yang Tertimpa Akan Terasa Ringan

Seperti yang sudah diterangkan diatas. Bahwa jika saat terkena musibah haruslah belajar ikhlas menerima segala keinginan dan kehendakNya. Semisal jika kita kehilangan salah satu keluarga kita serta kehilangan harta benda kecil ataupu besar bentuknya.

Karena perlu diketahui bahwasanya hal tersebut merupakan sebuah titipan yang dititipkan oleh Allah SWT kepada hambaNya. Untuk itu jika diri merasa bahwasannya hanyalah titipan maka hendaknya berlaku merasa tidak memiliki apapun.

Diberikan Kesabaran Menghadapi Musibah

Jika diri sedang ditimpa suatu musibah baik itu perihal kecil ataupun besar. Maka hendaknya sebagai umat Muslim berlaku sabar. Jangan menyikapi dengan prasangka buruk sedikitpun. Apalagi sampai-sampai mempersalahkan orang sekitar atau keluarga kita.

Lantas janganlah berlaku prasangka buruk. Karena perihal tersebut tiadalah gunanya malah akan merugikan diri sendiri kelaknya serta akan memperoleh murka Allah SWT

Untuk itu bacalah doa tersebut agar dapat diberikan kesabaran yang besar lapang dada serta ikhlas menerima apa kehendak dan keinginanNya.

Memperoleh Derajat Tinggi Dan Pahala Yang Besar

Sebagaimana terterang dalam Al-Quran dalam surat Al-Baqaroh ayat 156- 157 menerangkan bahwa :

Doa Terkena Musibah
Doa Terkena Musibah

Dan Sebagaimana sabda Rasulullah SAW menerangkan bahwa :

Seperti yang terterang dalam kalimat tersebut bahwasannya jika setiap makhluk khususnya manusia mengucapkan kalimat bacaan doa tersebut takkala menimpa musibah diantara mereka. Maka insya allah akan memperoleh pahala yang baik disisi Allah SWT.

Serta taklupa jika setelah membaca doa tersebut. Sebagaimana anjuran Rasulullah SAW disunahkan agar dapat mengucapkan kalimat bacaan lainnya berikut :

Jika kita mengucapkan bacaan doa kalimat Istirja tersebut. Bahwasanya secara tidak langsung mengingatkan bahwa diri adalah hanya sekedar hambaNya. Untuk itulah banyak para alim ulama sangat menganjurkan mengucapkan kalimat Istirja tersebut.

Saat tertimpa musibah baik kecil ataupun perihal yang besar. Untuk itu memohon dan berdoalah agar dapat diberikan kemudahan serta memohon agar diberikan yang lebih baik lagi. Seperti Sabda Rasulullah SAW berikut menerangkan bahwa.

“Barangsiapa ber-istirja’ saat terkena suatu musibah, maka Allah akan mengganti yang hilang darinya, membaguskan akhir perkaranya, dan menjadikan baginya ganti yang baik dan ridhai-Nya.”

Untuk itulah jika hendak memperoleh ridho serta keberkahan Allah SWT maka sepatutnya bagi kita agar dapat mengucapkan kalimat doa tersebut sebagaimana Rasulullah SAW juga mengajurkan.

Baca Juga : Adab Berpakaian

Penutup

Demikianlah sedikit uraian singkat tentang doa terkena musibah beserta makna dan keutamaannya yang sepatutnya kita ketahui agar memperoleh ridho dan berkah Allah SWT. Semoga dengan uraian singkat tersebut dapat memberikan ilmu yang bermanfaat bagi kalian serta bagi diri saya sendiri.

Akhir kata kami ucapkan terimakasih. Wassalammmuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca juga :

Bacaan Tasbih

Santri Angga
2 min read

Doa Tahiyat Akhir

Santri Angga
3 min read