Doa Tolak Bala

2 min read

Doa tolak bala : Bacaan Arab, Latin dan juga berikut artinya akan kami bahas pada artikel ini, semoga dapat bermanfaat.

Assalamu’alaikum.
Setiap musibah yang terjadi pada hakekatnya sudah menjadi kehendak Allah swt, meski sudah menjadi kehendak-Nya namun kita sebagai hamba-Nya juga diperintah untuk berdoa dan memohon perlindungan dari -Nya dalam segala hal, apalagi sebuah musibah tentunya kita sangat tidak menginginkannya walaupun sudah menjadi takdir Allah namum kita boleh memohon untuk dijauhkan dari musibah atau bencana.

Dalam memohon agar dijauhkan dari musibah atau bencana ada suatu doa yang dianjurkan doa tersebut dinamakan doa tolak bala.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas doa tolak bala, doa ini sebenarnya sudah sering kita dengar namum kita belum sempat untuk menghafalnya.

Berikut akan kami tuliskan bacaan tolak bala dalam tulisan Arab, latin dan juga terjemahnya, semoga dengan tulisan yang kami sampaikan anada dapat dengan mudah untuk menghafalnya.

Baca juga: Doa Panjang Umur

Bacaan Doa Tolak Bala # 1

Dalam berdoa hendak kita dahulukan dengan memuji Allah dan juga bersholawat kepada Rosulullah kemudian baru membaca doa yang kita maksud.

Bacaan Doa Tolak Bala Arab

اللَّهُمَّ بِحَقِّ الفَاتِحَةِ وَسِرِّ الفَاتِحَةِ، يَا فَارِجَ الهَمِّ يَا كَاشِفَ الغَمِّ، يَا مَنْ لِعَبْدِهِ يَغْفِرُ وَيَرْحَمُ، وَيَا دَافِعَ البَلَاءِ يَا اللهُ يَا رَحْمَنُ، وَيَا دَافِعَ البَلَاءِ يَا اللهُ يَا رَحِيْمُ.

Bacaan Doa Tolak Bala Latin

“Allohumma bihaqqil Fatihah, Wasirril fatihah, Yaa Faarijal hamma, wa Yaa kasyifal ghomma, Yaa Man li ibaadihi yaghfiru wa yarham, Yaa dafi’al bala-i Yaa Allah, wa Yaa dafi’al bala-i Ya rohman, wa Yaa dafi’al bala-i Yaa Rohiim.

Artinya

“Ya Alloh, dengan hakikat dan rahasia Al Fatihah, wahai pemberi jalan keluar, wahai pembuka atas kegelisahan, wahai Tuhan yang kepada hamba-Nya mengampuni dan menyayangi, wahai penolak bala ya Alloh wahai pengasih, wahai penolak bala ya Alloh wahai penyayang,”

Berikutnya akan kami tuliskan bacaan tolak bala yang termaksud juga di dalam doanya memohon keselamatan dan rezeki.

Baca juga: Doa Minta Jodoh

Bacaan Doa Tolak Bala # 2

Bacaan doa berikut ini sering disebut juga dengan doa Selamat dan Tolak Bala. Dalam doa ini berisi permohonan keselamatan serta siksa di akhirat.

Bacaan Doa Tolak Bala Arab

اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَا وَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Bacaan Doa Tolak Bala Latin

Allāhummaftah lanā abwābal khair, wa abwābal barakah, wa abwāban ni‘mah, wa abwābar rizqi, wa abwābal quwwah, wa abwābas shihhah, wa abwābas salāmah, wa wa abwābal ‘āfiyah, wa abwābal jannah.

Allāhumma ‘āfinā min kulli balā’id duniyā wa ‘adzābil ākhirah, washrif ‘annā bi haqqil Qur’ānil ‘azhīm wa nabiiyikal karīm syarrad duniyā wa ‘adzābal ākhirah. Ghafarallāhu lanā wa lahum bi rahmatika yā arhamar rāhimīn. Subhāna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mā yashifūn, wa salāmun ‘alal mursalīn, walhamdulillāhi rabbil ‘ālamīn.

Artinya

“Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga.

Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al-Qur’an yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah.

Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai, zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam,”

Nah itulah bacaan tolak bala yang kedua yang bermakna memohon perlindungan dari musibah dan juga memohon rezeki.

Semoga kita dapat diberi kemudahan untuk bisa menghafalkan dan mengamalkan doa tersebut.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai doa tolak bala, semoga bermanfaat.

Terima kasih, wassalam.

Baca juga doa lainya:

Doa Mengusir Setan

wahed234
2 min read

Doa kamilin

wahed234
2 min read
SELAMAT DATANG
Selamat Datang di Website Kami Jika Anda ingin kerjasama atau menyampaikan keritik dan saran silahkan hubungi kami di admin@waheedbaly.com