Doa Turun Hujan

2 min read

Doa Turun Hujan – Lengkap dengan bacaan dan tulisan Arab, bacaan Latin dan arti terjemahannya agar mudah dipahami.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillah, pada kesempatan yang berbahagia ini kita semua masih diberikan kesehatan lahir dan batin sehingga kita masih bisa berjumpa walaupun hanya lewat sebuah tulisan.

Kali ini kita akan membagikan sebuah bacaan dao yakni tentang doa waktu turun hujan.

Kita maklumi bersama penomena hujan adalah penomena alam yang terproses oleh menguapnya air laut dan danau yang terkena sinar panas matahari dan menjadi gumpalan awan hitam kemudian tertiup angin sehingga terjadilah rintikan air turun kebumi yang kita namakan hujan.

Air hujan menurut kesehatan mempunyai beberapa manfaat baik bagi alam maupun bagi manusia karena setiap makluk ciptaan Tuhan pasti membutuhkan yang namanya air.

Dan menurut ajaran agama Islam, air hujan mempunyai segudang manfaat, selain untuk pengobatan air hujan juga bisa di pergunakan untuk bersuci karena air hujan tergolong air yang suci lagi mensucikan.

Baca juga : Doa Tolak Bala

Bacaan Doa Turun Hujan

Pada saat turunnya hujan bagi orang islam merupakan suatu rahmat yang besar dari Allah swt, karena air hujan dapat memberi banyak manfaat  bagi kehidupan.

Oleh sebab itu pada saat turun hujan Nabi Muhammad saw mengajarkan kita untuk berdoa, sebab saat turunnya hujan merupakan salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa dan memohon kepada Allah swt sesuai dengan salah satu hadist yang beliau sampaikan pada keterangan di bawah ini.

Hadist Turun Hujan

Dari Ummul mu’minin (Aisyah Radhiyallahu ‘anha) menyampaikan bahwasannya Rasulullah saw pernah bersabda :

اِنَّ النَّبِيَّ – صلى الله عليه و سلم – كَانَ اِدَا رَاَى الْمَطَرَ قالَ : اَللهُمَّ صَيِّبًا نَفِعًا

Innannabiyyi shollallohu ‘alayhi wa sallam kanna idaa rha’almadharha qola : Allahumma Shoyyiban nafi’an.

Artinya : Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan : Allahumma shoyyiban nafi’an (Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat). (hadist riwayat. Bukhori : 1032)

Bacaan Arab

 اَللهُمَّ صَيِّبًا نَفِعًا

Bacaan Latin

‘Allohumma shoyyiban nafian’

Artinya

”Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat”

Itulah sedikit keterangan mengenai doa turun hujan sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad saw, yang dapat kita contoh agar kita selalu menjadi umat nya yang selalu peka dan sigap dalam setiap keadaan untuk selalu berdoa.

Apalagi pada wakatu yang memiliki keutamaan seperti pada saat turun hujan yang merupakan waktuyang mustajab untuk berdoa dan memohon pertolongan, karena kita adalah manusia yang lemah sudah sepatut untuk selalu berharap pertolongan Allah swt.

Baca Juga ; Doa Ketika Mendengar Petir

Bacaan Doa Hujan Lebat

Hujan pada hakekat nya merupakan suatu rahmat dari Allah swt namun tidak sedikit karena turunnya hujan menjadi sebuah musibah atau bencana yang di sebabkan turunnya hujan dengan lebat.

Yang bisa menimbulkan tanah longsor, banjir bandang dan lain sebagainya maka disebagian kelompok dengan turunnya hujan bukan menjadi rahmat malah menjadi mudorot baginya.

Oleh sebab itu Nabi Muhammad SAW pun mengajar kita untuk berdoa pada saat datang hujan yang sangat lebat, sesuai dalam hadist yang beliau sampaikan .

Hadist Hujan Lebat

Artinya ; ‘Allah Telah Berfirman, ‘Manusia menyakiti Aku, Ia mencaci maki masa (waktu), padahal Aku adalah pemilik dan pengatur masa, Akulah yang mengatur malam dan siang menjadi silih berganti.” (Hadist Riwayat .Bukhari dan Muslim).

Pejelasan hadist di atas adalah, tidaklah kita mencela dengan datangnya hujan yang diturunkan oleh Allah swt, namun kita di anjurkan untuk berdoa di waktu hujan turun dengan deras.

Dan jangan kita berkeluh kesah dengan apa yang telah diberikan oleh Allah swt, karena Allah maha mengetahui segala sesuatunya maka hendaknya kita untuk berbaik sangka kepada Nya, dan yakinlah semua yang telah Allah berikan pasti ada kebikannya bagi semua makhluk ciptaan Nya.

Berikut di bawah ini adalah doa saat hujan deras.

Bacaan Arab

للَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Bacaan Latin

Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari

Artinya

Wahai Tuhanku! Turunkanlah hujan di sekitar kami, dan janganlah musnahkan kami. Ya Allah! Engkau turunkanlah ia di atas gunung-gunung dan bukit-bukit, di lembah-lembah, dan tempat tumbuhnya pokok-pokok (pepohonan).” (Hadist riwayat Bukhari dan Muslim).

Baca Juga ; Doa Meminta Hujan

Sedikit keterengan dari Syekh Imam Nawawi ;

Terdapat kesunnahan untuk meminta diberhentikannya hujan di rumah-rumah dan di jalan-jalan ketika terjadi hujan lebat, karena dapat tertimpa bahaya karenanya. Tetapi tidak dianjurkan untuk menjalankan sholat dan juga berkumpul di lapangan seperti hal meminta hujan.

Demikianlah sedikit keterangan tentang doa turun hujan, sedikit catatan untuk kita semua, Allah swt menurunkan sesuatu dimuka bumi pastilah ada kebaikannya, oleh sebab itu sikap kita sebagai hamba untuk selalu bersyukur atas segala apa yang telah diberikan dan tetap untuk selalu berbaik sangka kepada sang pencipta Allah swt. Wallohu a’lam

Terima kasih dan wassallam.

Baca juga doa-doa lainnya:

Nama Hari Bahasa Arab

Santri Angga
2 min read

Doa Untuk Keluarga

Santri Angga
2 min read

Fii Hifzillah Artinya

Santri Angga
1 min read