Doa Ulang Tahun

3 min read

Doa Ulang Tahun – Ucapan ulang tahun lengkap disertai bacaan Arab, Latin dan arti, juga contoh doa berbahasa Indonesia untuk ulang tahun.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Apa kabar sahabat semoga pada sehat dan panjang umur ya, kali ini kembali kami akan membahas tantang doa ulang tahun dan uacapan ulang tahun dalam Islam,

Makna Ulang tahun yaitu bertambahnya umur seseorang, namum secara hakekat berarti berkurang jatah umur kita karena sudah kita lalui,

Oleh sebab itu di dalam ajaran Islam telah mengajarkan, hendaknya saat berulang tahun kita dianjurkan untuk selalu bersyukur atas nikmat hidup dan kesehatan yang telah diberikan sekaligus muhasabah diri dari umur-umur sebelumnya, agar diulang tahun kali ini bisa lebih taat lagi dan lebih baik lagi.

Di masyarakat Indonesia merayakan hari kelahiran sudah menjadi suatu yang lumrah, namum perlu diingat merayakan hari kelahiran atau ulang tahun tidak boleh berlebihan sehingga lupa akan makna dari hari kelahiran itu sendiri.

Dan hendaknya dalam merayakan hari kelahiran diperbanyak dengan memanjatkan doa kepada Allah, agar nikmat hidup yang masih diberikan dapat dipergunakan untuk selalu bisa berbuat baik kepada Allah maupun kepada semua mahkluk ciptaan Nya.

Kumpulan Doa Ulang Tahun

Berikut ini kami akan tuliskan beberapa kumpulan doa yang bisa dipanjatkan disaat merayakan hari kelahiran bagi diri sendiri, kerabat, orang tua dan anak kita sendiri.

Doa Mohon Panjang Umur

Bacaan Arab

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Bacaan Latin

Alloohumma Thowwil ‘Ummuronaa, Wa Shohhih Ajsaadanaa, Wa Nawwir Qulubanaa, Wa Sabbit Iimaananaa Wa ahsin ‘A Maalanaa, WA Wawasi’ Arzaqona, Wa ilal Khoiri Qorribna Wa ‘anisy-syarri Ab’idnaa, Waqdhi hawaa-I Jana Fiddinii Waddunya Wal Akhiroti Innaka ‘Alaa Kulli Syai-ing Qodiir

Artinya ; Ya Allah. Panjangkanlah umur kami, sehatkanlah badan kami, terangilah qolbu kami, tetapkanlah iman kepada kami, baguskanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan, dan jauhkanlah dari kejahatan, kabulkanlah semua kebutuhan dan hajat kami, pada agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu, aamiin

Doa Mohon Keselamatan dan Kesejahteraan

Bacaan Arab

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Bacaan Latin

Allohuma inna nasaluka salamatan fid daini wa ‘afiyata fil jasadi wa ziyadatan fil ‘ilmi wa baroktan fir rizqi wa taubatan qablal mauti wa rohmatan indalmauti wa maghfirotan ba’dal mauti.

Artinya ; Ya Allah kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan ampunan sesudah mati.

Doa Untuk Ulang Tahun Untuk Anak

Bacaan Arab

رَبِّ هَبْلِيْ مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاءِ

Bacaan Latin

Robbi hablii min ladunka dzurriyyatan thoyyibatan innaka samii’ud du’aa-i.

Artinya : Ya Robbi, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik, sesungguhnya Engkau Maha mendengar doa, (hambamu).

Itulah sebagian kumpulan doa untuk ulang tahun yang biasa dibaca dan dipergunakan, untuk doa dalam keseluruhan anda juga bisa membaca doa sebagai berikut.

Doa Memohon Kemuliaan Untuk Semua Anggota Keluarga

Bacaan Arab

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا 

Bacaan Latin

Robbana Hablana Min Azwajina Wa Zurriyatina Qurrota A’Yuni Waj-‘Alna Lilmuttaqina imama.

Artinya : Ya Alloh, Anugerahkanlah kepada kami, istri – istri kami dan anak cucu kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikanlah kami imam bagi orang – orang yang bertaqwa.

Namun diantara doa-doa diatas jika anda sukar untuk membaca dan menghafalnya, anda juga bisa berdoa menggunakan bahasa Latin atau Indonesia yang anda pahami dan sesuai dengan permintaan yang anda inginkan.

Karena untuk hal berdoa diperbolehkan untuk menggunakan bahasa apa saja yang baik, bukankah Allah maha mendengar dan maha mengetahui, semoga segala doa yang kita panjatkan dikabulkan oleh Allah SWT, aamiin

Baca Juga ; Doa Sesudah Wudhu

Contoh Doa Dengan Bahasa Indonesia

1. Doa Ulang Tahun Untuk Anak

Yaa Ilahi, Yaa Robbi, sesungguh kami memohon kepada Mu, Jadikanlah anak-anak kami menjadi anak yang sholeh dan sholehah, serta menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya, taat pada Tuhan, dan Rosul nya, dan jadikanlah pula anak yang selalu menegakkan sholat 5 waktu, anak yang senantiasa memuji pada nama Mu dan selalu bersholawat pada Rosul Mu, aamiin.

2. Doa Ulang Tahun Untuk Orang Tua

Yaa Ilahi, Yaa Robbi, Ya Allloh, sehatkanlah jasmani dan ruhaninya kedua orang tua kami, sayangi mereka, jadikanlah sisa umurunya menjadi sisa umur yang penuh ketaatan kapada Mu, Ya Alloh, buatlah kedua orang tua kami ridho kepada kami, dan jadikalah kami anak yang senantiasa mendokan mereka, aamiin.

3. Doa Ulang Tahun Pernikahan

Yaa Ilahi, Ya Robbi, Ya Alloh, sesunguhnya kami memohon kepada Mu, berilah keberkahan pada kami, dan jadikanlah kami suami istri yang selalu bisa menutupi kekurangan diantara kami dan kumpulkanlah kami kembali disyurga nanti, aamiin.

4. Doa Ulang Tahun Untuk Saudara dan Kerabat

Yaa Alloh dihari milad saudara ku saat ini, aku memohon kepada Mu, berilah ia kesahatan selalu, mudahkanlah segala urusannya dan perbanyak lah rezkinya, serta kabulkan semua cita-cita yang baik, aamiin.

Inilah contoh doa-doa sederhana yang dapat anda ikuti, dan anda juga bisa melengkapi contoh doa di atas sesuai hajatnya masing-masing.

Ucapan Ulang Tahun Dalam Islam

Dalam Islam memberikan ucapan kepada sesama saudara muslim sebagian besar dengan mengucapkan Barakallahu fii umrik yang artinya semoga Alloh senantiasa memberikan barokah atas umurmu.

Kata dan ucapan tersebut memiliki makna sebagai doa dan pengharapan semoga Allah selalu memberikan kesehatan, keselamatan dan keberkahan dalam hidup.

Selain dengan bahasa Arab anda juga dapat memberikan ucapan selamat ulang tahun dangan bahasa yang sederhana namum mengandung sebuah doa, berikut kami tuliskan beberapa contoh ucapannya.

Contoh Ucapan Ulang Tahun Bahasa Indonesia Bermakna Doa

  1. Barakallahu fii umrik, semoga selalu sukses dan tercapai semua cita-cita serta semangkin taat kepada Allah swt.
  2. Barakallahu fii umrik, semoga Allah menjadikan mu orang yang sabar, sadar dan pandai bersyukur.
  3. Barakallahu fii umrik, semoga tahun ini kamu diberikan jodoh yang sholehah yang dirindukan suyrga.
  4. Barakallahu fii umrik, semoga Allah memberikan mu jodoh seorang lelaki yang bisa menjadi imam yang baik dan bisa membimbingi dunia dan akhirat, aamiin.
  5. Barakallahu fii umrik, selamat milad ya, semoga Allah selalu memberikan mu nikmat sehat, iman dan islam, aamiin.
  6. Barakallahu fii umrik , met milad saudaraku semoga Allah selalu menjaga mu dan meninggikan derajat mu, aamiin.
  7. Med milad sahabat ku, semoga kamu selalu diberikan kemudahan dalam menutut ilmu serta bisa bermanfaat kelak ilmu mu untuk semua orang, aamiin.

Ini adalah contoh ucapan sederhana yang mengandung doa yang bisa ada pergunakan untuk memberikan kata selamat hari kelahiran untuk teman, sahabat dan saudaramu Anda, semoga bermanfaat.

Demikian pemabahasan kita tentang doa dan ucapan ulang tahun, mohon maaf dari segala kekeliruan yang ada, semoga Allah selalu memberikan panjang umur dan keberkahan dalam hidup, aamiin.

Wallohu a’lam.

Terima kasih, wassallam


Nama Hari Bahasa Arab

Santri Angga
2 min read

Doa Untuk Keluarga

Santri Angga
2 min read

Fii Hifzillah Artinya

Santri Angga
1 min read