Doa Untuk Orang Sakit

2 min read

doa untuk orang sakit

Doa untuk orang sakit dan menjenguk orang sakit lengkap bahasa Arab, latin dan arti bahasa Indonesia.

ASSALAMU ‘ALAIKUM WAROHMATULLOHI WABAROKATUH

Bismillahi Alhamdulillah, tidak ada suatu zat pun yang dapat menyembuhkan semua penyakit kecuali atas izin dan pertolongan ALLOH SWT zat yang maha memberikan kesembuhan segala macam penyakit, baik penyakit zohir maupun batin.

Dikesemptan kali ini kita akan membahas sebagaian doa untuk orang sakit dan menjenguk orang sakit.

Doa Untuk Orang Sakit

Imam An-Nawawi ra, dalam Kitab nya Al-Adzkar mengutip beberapa  riwayat yang menceritakan Rasulullah SAW saat sedang menjenguk kerabatnya yang sedang sakit.Rasulullah SAW berdoa memohon kepada Alloh SWT untuk kesembuhan kerabatnya .

Berikut ini adalah sebagian doa kesembuhan bagi orang yang sedang sakit yang dibaca Rasulullah SAW untuk keluarganya sebagaimana diriwayatkan dalam Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA.

Bacaan Doa Untuk Orang Sakit Arab

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Bacaan Doa Untuk Orang Sakit Latin

Allohumma robban naasi, azhibil ba’sa Isyfi  Antas syafi  La syafiya illa anta syifaan la yughadiru saqaman.

Artinya

Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan  rasa nyeri

Inilah doa yang umum digunakan saat orang sedang sakit maupun ketika kita yang sedang sakit, namun Alloh maha mendengar dan maha segala nya,

Bagi kita yang susah untuk menghafal atau membaca nya dengan berbahasa Arab kita bisa saja menggunakan bahasa yang kita bisa karena Alloh maha mengerti segala apa yang menjadi tujuan kita.

Doa Alternatif Para Ulama dan Kiyai

Para ulama mengajar kita untuk berdoa semampu nya sesuai dengan apa yang kita mengerti dan kita pahami, khusus ini doa bagi orang sakit kita bisa berdoa dengan menggunakan doa yang sederhana yang biasa kita baca sehari-hari namun juga mempunyai keutamaan yang luar biasa yaitu dengan kita membaca

1.Surat AL FATEHAH

Surat AL FATEHAH mempunyai segudang manfaat bila kita baca dan amalkan, terutama untuk mengobati penyakit karena surat AL FATEHAH tersimpan segudang rahasia yang sangat luar bisa, banyak para ulama dan kiyai jika menyembuhkan orang sakit hanya dengan membacakan surat AL FATEHAH.

2. Sholawat Nabi

Sholawat kepada Nabi bisa juga sebagai alternatif untuk menyembuhkan penyakit, karena sholawat Nabi mempunyai keutamaan yang luar biasa, bila kita sering mendawamkan sholawat nabi,  bisa menjadi obat untuk orang yang sedang sakit dan kesembuhan diri sendiri baik penyakit batin maupun penyakit zohir,

3. Air zikir atau Istiqosah

Banyak yang menyakini bahwa air zikir dapat memyebuhkan berbagai macam penyakit karena di dalam air itu sudah banyak tercampur oleh kalimat-kalimat yang baik dan doa-doa.

Ketiga cara diatas ini merupakan alternatif untuk memohon kembuhan berbagai macam penyakit, tentunya bagi yang menyakini.

Ketiga metode ini sudah banyak digunakan oleh sebagian umat islam yang tidak ingin beriktiar kesembuhan melaLui dokkter, mereka lebih memilih berobat secara alternatif dengan mengguanakan media air doa .

Contoh Berdoa Dengan Bahasa Latin

Berikut ini sebagai contoh doa yang sederhana saat menjenguk orang sakit atau pada saat kita sedang sakit.

Bismilahirohmanirrihim, subhanallohi walhamdulillah wala ilaha illaloh wallohu akbar wala haula walaquata illa billah, allohumma sholi ‘ala sayyidina muhammad wa ‘ala ali sayyidina muhammad.

Ya ilahi Ya Robbi Ya Alloh zat yang maha memberikan kesehatan dan memyambuhkan segala penyakit,

Ya Alloh seseungguh nya aku memohon kepada Mu untuk kesembuhan penyakit ku/saudaraku karena Engkau lah yang dapat menyembuhakan segala penyakit dan aku berlindung kepada Mu dari penyakit yang mengerikan, tiada daya dan upaya usaha kami tanpa pertongan Mu Ya Alloh…aamiin

Contoh diatas merupakan contoh doa yang sederhana dengan bahasa yang kita bisa sebagai permohonan kita kepada Alloh, namun sebelum berdoa hendaknya kita utamakan memuji Alloh terlebih dahulu dengan nama-nama Alloh dan tak lupa untuk bersholawat kepada baginda nabi Muhammad SAW sebagi perantara penghatarnya doa kita kepada Alloh SWT.

Tentu semua ini harus mengahadirkan rasa penuh keyakinan dan penyerahan diri kepada Alloh SWT, bahwasannya kita sebagai hamba Nya tidak mempunyai kemapuan apa-apa tanpa ada pertolongan dari Alloh SWT.

Demikainlah sedikit informasi mengenai doa untuk orang sakit atau pun menjenguk orang sakit semoga bisa bermanfaat, mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan semua kebeneran milik Alloh SWT. Wallohu A’lam

Terima Kasih

Wassalam.