Doa Untuk Pengantin

2 min read

DOA-UNTUK-PENGANTIN

Doa untuk pengantin yang baru menikah dan doa berhubungan suami istri sesuai sunnah lengkap tulisan Arab, latin dan arti agar mudah dipahami.

Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

Doa adalah sebuah harapan seorang hamba kepada Tuhannya, seorang hamaba biasanya berdoa ketika memohon sesuatu hajat dan keperluan kepada Allah, dan begitu juga disaat kita menghadiri sebuah pernikahan kita dianjurkan membaca doa pernikahan untuk kebaikan kedua mempelai.

pernikahan merupakan suatu ibadah yang sangat suci dan mulia. berdoa untuk pengantin juga merupakan amalan yang telah dianjurkan dalam ajaran agama Islam.

Anjuran menikah sudah dijelaskan dalam Al Quran, manusia telah diciptakan secara berpasang-pasangan supaya bisa melangsungkan pernikahan agar menjadi keluarga dan memiliki keturunan.

Dalil Tentang pernikahan

Dalil mengenai pernikahan, firman Alloh yang terdapat dalam Al Quran surat An Najm ayat 45:

وَ اَنَّہٗ خَلَقَ الزَّوۡجَیۡنِ الذَّکَرَ وَ الۡاُنۡثٰی

Artinya ; “Dan bahwasanya Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan pria dan wanita.”

Hadist Nabi

أَرْبَعٌ مِنْ سُـنَنِ الْمُرْسَلِيْنَ: اَلْحَيَـاءُ، وَالتَّعَطُّرُ، وَالسِّوَاكُ، وَالنِّكَاحُ

Artinya ; Ada empat perkara yang termasuk Sunnah para Rosul, yaitu rasa malu, memakai wewangian, bersiwak, dan menikah.

Dari keterangan firman Alloh Swt dan hadist Rasulullah sholallohu ‘alihi wassalam diatas, bahwa manusia telah diciptakan berpasang-pasangan yaitu laki-laki dan perempuan yang akan disatukan dalam ikatan pernikahan agar mendapatkan keturunan.

Berikut mari kita masuk kedalam pembahasan bacaan doa, ketika datang menghadiri pernikahan, pada umumnya hanya membawa hadiah atau yang lainnya, namum setelah kita mengetahui bacaan doa ini ada baiknya selain kita memberikan hadiah untuk pengatin juga diiringi dengan doa untuk kedua mempelai.

Baca Juga : Doa Bercermin

Doa Untuk Pengantin

Bacaan doa ini sesuai dengan apa yang telah diajarkan oleh Rosulullah Shollallohu ‘alaihi wa sallam, karena doa ini bermakna memohon keberkahan untuk kedua mempelai agar setelah menikah selalu berada dijalan keberkahan.

Bacaan Doa Untuk Pengantin Arab

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Bacaan Doa Untuk Pengantin Latin

Barokallahu laka, wa baroka ‘alayka wa jama’a baynakuma fii khoir

Artinya ;

Semoga Alloh selalu melimpahkan keberkahan kepadamu dan keberkahan atas pernikahanmu, serta mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.” [Diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Dawud, At-Tirmidzy, An-Nasa`iy, dan Ibnu Majah]

Selain doa ini anda juga bisa membaca doa sebagai berikut, doa ini dibaca ketika kita telah selesai menikmati hidangan yang disediakan oleh tuan rumah atas wujud syukurnya,

Bacaan doa pernikahan Arab

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Bacaan doa pernikahan Latin

”Allohummagh fir lahum, warhamhum wa barik lahum fima rozak tahum”

Artinya ; Ya Alloh, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang telah Engkau karuniakan kepada mereka” (Hadist Riwayat. Ahmad).

Nah setelah kita mengetahui bacaan doa-doanya, mungkin yang selama ini kita hanya mengucapkan selamat menempuh hidup baru saat mengahadiri pesta pernikahan, sekarang kita bisa berdoa dengan bacaan diatas untuk sipengantin baru.

Setelah seseorang menikah pasti mempunyai cita-cita dan harapan agar cepat diberi keturunan, untuk mendapat keturunan bagi sepasang suami dan istri, mereka melakukan hubungan intim sebagai perantara dan juga sunnah untuk mendapat keturunan.

Tentunya seorang suami istri mengharapkan keturunan yang baik, agar kelak bisa menjadi penerus mereka, dengan ini ada doa yang di anjurkan ketika hendak melakukan hubungan atau mengalaui istrinya.

Baca Juga : Doa Mandi Wajib

Doa Sebelum Berhubungan Intim

Sebelum melakukan hubungan suami istri Nabi saw, mengajarkan sebuah doa agar dalam menjalankan kewajiban suami istri mendapatakan perlindungan dari Alloh swt.

Dalam ajaran agama islam telah mengatur bagaimana cara berhubungan intim yang benar, sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang sempurna ada baiknya saat berhubungan suami istri atau bersetubuh harus dilakukan dengan cara – cara yang baik dan mulia ini, yakni dengan mengawalinya dengan doa sebelum berhubungan.

Bacaan Doa Sebelum Berhubungan Suami Istri Arab

بِسْمِ اللهِ اَللّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

Bacaan Doa Sebelum Berhubungan Suami Istri Latin

Bismillahi Allohumma janibnasyaithana wa janibnisyathona ma rozaqtana

Artinya ;

Dengan menyebut nama Alloh, ya Alloh jauhkanlah kami dari gadaan syaiton, dan jauhkanlah syaiton dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami.

Berikut diatas ini adalah lafadz doa sebelum memulai hubungan suami istri, membaca doa terlebih dahulu merupakan anjuran agar mendapatkan perlindungan dan terhindar dari godaan syiton, yang akan menyesatkan,

Nah itulah satu paket kecil yang bisa dituliskan yaitu doa pernikahan dan doa berhungan suami istri, karena setelah seseorang menikah pasti melakukan hubungan suami istri, untuk itu semoga doa singkat ini bisa membantu dan bermanfaat, Wallohu a’lam.

Demikian dulu pembahasan kita kali ini untuk lebih lengkap mungkin bisa dicari diartikel kami yang selanjutnya, mohon maaf dan terima kasih

Wassalam