Doa Ziarah Kubur

2 min read

DAO-ZIARAH-KUBUR

Assalamualaikum warohmatullah wabarokaatuh.

Berikut adalah doa ziarah kubur lengkap bacaan arab, latin dan terjemahanya berserta adab-adab didalam makam agar mudah untuk dipahami.

Perlu kita sadari bersama bahwasan setiap makhluk ciptaan Alloh yang hidup dan bernyawa pasti akan mengalami kematian, namun semua itu adalah menjadi rahasia Alloh swt, tak tahu kapan dan dimana tak ada satu pun yang mengetahuinya kecuali yang diberi tahu oleh-Nya.

Dan oleh karena itu untuk menghadapi kematian kita diperintahkan untuk memperbanyak amal sholeh sebagai bekal suatu saat nanti bila tiba waktunya kembali kepada sang maha pencipta Alloh swt.

Disaat sesorang meninggal dunia seperti lazimnya di makamkan dan dikuburan yang menjadi persinggahan terakhir sebelum hari penghisaban, untuk itu ziarah kubur diperbolehkan malahan disunahkan, sebab dengan kita berziarah kubur dapat mengingatkan kita akan kematian.

Rosulullah SAW, telah bersabda (dari Anas bin Malik ra) Nabi mengatakan kata: ”Aku (Rosulullah SAW ) dulu pernah melarang berziarah kubur, maka sekarang berziarahlah, karena sesungguhnya ia dapat mengingatkan kalian akan kematian.” (Hadist Riwayat. Ahmad dan al Hakim).

Nah itulah yang menjadi dasar mengapa ziarah kubur diperbolehkan, sebelum kita hendak berziarah ada berapa adab yang mesti kita lakukan saat ingin masuk makam.

Baca Juga ; Doa Nurbuat, Doa Sholat Hajat, Doa Masuk Masjid

Adab Ziarah Kubur

Seperti amalan lainnya dalam ajaran islam semua perbuatan harus didahulakan dengan adab, karena adab merupakan puncaknya dari ilmu, berikut adab-adab ketika ziarah kubur :

1. Sebelum berziarah hendaknya dalam keadaan bersih tidak berhadast mengantungkan wudhu

2. Mengucapkan salam pada saat memasuki area makam dengan bacaan ; “Assalamualaikum ahladdiyaar minal mukminiina wal mukminaat, antum lanaa farthun wa nahnu in sya Allah lanaahuquun

Artinya :“Kesejahteraan atas  penghuni kubur, mukminin dan muslimin, kalian sudah mendahului kami, dan insya Allah kami akan menyusul kalian “

Dari Imam Ali bin Abi Thalib ra, telah berkata : “Barang siapa yang memasuki area pemkaaman, lalu mengucapkan salam ( kesejahteraan ), maka Alloh memberinya pahala kebaikan sebanyak 50 tahun, dan mengampuni dosanya serta dosa kedua orang tuanya selama 50 tahun.”

3. Tidak duduk dan menginjak nisan-nisan yang ada dipemakaman.

Itulah sebagaian dari adab yang perlu kita ketahui, setelah kita mengetahui adab-adab lalu apa yang kita lakukan saat berziarah, yaitu kita lanjutkan mendoakan bagi simayit dengan bacaan dibawah ini.

Doa dan Zikir Ziarah Kubur Arab, Latin dan Arti

Banyak doa yang bisa anda bacakan pada saat ziarah kubur, namum sebagain ulama terdahulu telah menyusun bacaan dan zikirnya yang bisa kita contoh.yaitu sebagai berikut ;

Pertama dahulukan berwasilah kepada Nabi Muhammad saw, sebagai pemberi syafaat bagi umat islam. Contoh, Berwasilah dan Hadiah Al fatehah kepada Nabi Muhammad SAW, Al fatehah

Kedua menghadiahkan khusus surat al fatehah kepada si mayit yang kita ziarahi. Contoh, Hadiah alfatehah kepada pulan bin / binti pulan Al fatehah

Ketiga membaca surat-surat pendek dalam Al qur’an

1.Surat Al Fatehah

2. surat Al Ikhlas

3. suarat Al Falaq

4. Surat Annas

5. Sebagian surat al baqoroh ayat 1 sd ayat 5

6. Ayat Kursi

Keempat setelah ,membaca surat pendek dilanjutkan dengan bacaan zikir singkat sebagai berikut :

a. Membaca Istiqfar ( Astaghfirullaahal ‘azhiim )

b. Memebaca Sholawat kepada Nabi Muhammad saw ( Allohuma sholi ‘Ala sayyidina Muhammad wa ‘ala ali sayyidina Muhammad )

c. Membaca kalimat Tauhid ( Laa Ilaha Illalohu )

Kelima ditutup dengan doa khusus mayit

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الذُّنُوبِ والْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ

، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّار, وَافْسَحْ لَهُ فِي قَبْرِهِ، ونَوِّرْ لَهُ فِيهِ

Allohummaghfirlahu/ha war hamhu/ha wa ‘aafihii wa’fu anhu/ha, wa akrim nuzuulahu/ha wawassi’ madholahu/ha, waghsilhu/ha bil maa’i watssalji walbaradi, wa naqqihi, minaddzzunubi wal khothoya kamaa yunaqqotssaubul abyadhu minad danasi.  Wabdilhu daaron khairon min daarihi wa zaujan khairon min zaujihi. Wa adkhilhul jannata wa aidzhu min adzabil qobri wa min adzabinnaari wafsah lahu fi qabrihi wa nawwir lahu fihi.

Artinya ;Ya Alloh, ampuni dan rohmatilah dia. Selamatkanlah dan maafkanlah dia. Berilah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air, es, dan embun. Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran. Gantikanlah baginya rumah yang lebih baik dari rumahnya, isteri yang lebih baik dari isterinya. Masukkanlah dia ke dalam surga, lindungilah dari azab kubur dan azab neraka. Lapangkanlah baginya dalam kuburnya dan terangilah dia di dalamnya.” (Hadist Riwayat. Muslim)

Inilah bacaan zikir dan doa yang singkat untuk menghadiahkan simayit pada saat berziarah di makam atau kuburan.

Sedikit catatan, bagi mayit perempuan pada kalimat ‘Hu’ diganti ‘Ha’ sebagai mana telah dituliskan pada bacaan doa bahasa latinya. Dan niatkan dalam hati apa yang kita baca semata-mata untuk mengahadiahkan pada simayit yang kita ziarahi.

Dan untuk banyaknya bacaan tidak jadi patokan, kerjakanlah sesuai dengan kemampuan dan ilmunya masing-masing yang kita ketahui, yang terpenting niat kita tidak bergeser dari niat sebelumnya yang menjadi tujua kita.

Demikian keterangan singkat tentang ziarah kubur semoga dapat dipahami dan kita bisa mengamalkannya. Wallohu A’lam

Terima Kasih, mohon maaf bila terdapat kekeliruan dalam artikel yang kami tulis ini, kebenaran hanya milik Alloh swt.

Doa Untuk Pengantin

Santri Angga
2 min read

Sholat Jenazah

Santri Angga
2 min read

Bacaan Sujud Sahwi

Santri Angga
2 min read