Hadza Min Fadhli Rabbi

1 min read

Hadza Min Fadhli Rabbi : Arti Hadza Min Fadhli Rabbi dan Penjelasan Tentang Hadza Min Fadhli Rabbi.

Assalamu’alaikum.
Masih bersama kami di situs yang selalu membagikan ulasan-ulasan mengenai bahasa Arab, doa dan sholawat, namum pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tetang arti Hadza Min Fadhli Rabbi (Tulisan Arab: هَٰذَا مِنْ فَضْلِ رَبِّي ).

Di kalangan santri kalimat ini tidaklah asing lagi, namun bagi sebagian masyarakatr umum kalimat ini mungkin asing di telinganya. Jadi tidak lah heran jika banyak yang ingin mengetahui arti dari Hādżā min faḍli rabbī baik di media sosial maupun media lainnya.

Nah untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan secara lengkapnya di bawah ini.

Baca juga : Fii Hifzillah Artinya

Arti Hadza Min Fadhli Rabbi

Kalimat ini merupakan bagian dari ayat yang terdapat di dalam Al-Quran yakni pada Surat An-Naml ayat 40.
Hadza Min Fadhli Rabbi dalam tulisan Arab ( هَٰذَا مِنْ فَضْلِ رَبِّي ) dan artinya adalah “Ini termasuk karunia dari Tuhan ku”.

Potongan ayat ini masih memiliki makna yang berkaitan dengan ayat sebelumnya dimana lanjutan ayat ini sendiri berbunyi;

Hādżā min faḍli rabbī, liyabluwanī a asykuru am akfur ( هَٰذَا مِنْ فَضْلِ رَبِّي لِيَبْلُوَنِي أَأَشْكُرُ أَمْ أَكْفُرُ )

Artinya: ”Ini termasuk karunia Tuhanku, untuk mengujiku apakah aku bersyukur atau mengingkari (nikmat-Nya)”

Yang mana perlu diketahui kalimat ini merupakan ungkapan Nabi Sulaiman As. Beliau juga diberikan sebuah anugerah yang sangat luar biasa oleh Allah Swt, yakni berupa: kemampuan menaklukkan hewan, dan juga kekuasaan yang lainnya sehingga dari bangsa makhluk gaib pun hormat kepada Nabi Sulaiman As.

Baca juga: Arti Allahu Yahdik

Penjelasan Tentang Hadza Min Fadhli Rabbi

Kalimat atau kata ini sebenarnya adalah ungkapan rasa syukur kepada Allah yang telah memberikan anugrah dan yang sangat besar kepada makhluknya.

Yang mana telah disampaikan dia atas bahwa kalimat ini merupakan ungkapkan Nabi Sulaiman Alaihissalam pada saat beliau menginginkan singgasana Ratu Bilqis.

Hal demikian ini dilakukan oleh Nabi Sulaiman Alaihissalam karena untuk membuktikan kepada Ratu Bilqis tentang kenabian Beliau. Dan atas kehendak dan pertolongan Allah Swt pembuktian tersebut dapat terjadi, sebelum mata Nabi Sulaiman As berkedip.

Dan ketika Nabi Sulaiman dapatr melihat singgasana Rati Bilqis itu berada di hadapannya, dan beliau pun berkata dengan mengucapkan

هَٰذَا مِنْ فَضْلِ رَبِّي لِيَبْلُوَنِي أَأَشْكُرُ أَمْ أَكْفُرُ
Hādżā min faḍli rabbī, liyabluwanī a asykuru am akfur

Dari sebuah kalimat yang telah di ungkapkan oleh Nabi Sulaiman tersebut, terdapat sebuah pelajaran, bahwasannya segala suatu hal yang luar biasa dapat terjadi karena ada kehendak Allah dan juga pertolongan Allah.

Nah itulah asal muasal kalimat atau ucapan Hādżā min faḍli rabbī, semoga kita pun dapat mencontoh dari perbuatan baik yang telah di dahului oleh Nabi Sulaiman As.

Demikianlah sedikit ulasan yang dapat kami berikan, kami ucapkan banyak terima kasih kepada semua sahabat yang selalu setia di situs ini.

Wassallam.

Baca juga:

Arti Mimpi Naik Tangga

Dee
3 min read

Arti Mimpi Bersedekah

Dee
2 min read

Arti Mimpi Mengaji

Dee
2 min read
SELAMAT DATANG
Selamat Datang di Website Kami Jika Anda ingin kerjasama atau menyampaikan keritik dan saran silahkan hubungi kami di admin@waheedbaly.com