Hukum Newton

2 min read

Sudahkah kalian tau tentang memahami materi dari hukum newton? Belum juga paham? kalian tenang saja, untuk membantumu kami akan membahas tentang materi tersebut diartikel kali ini. Mau tahu bagaimana pembahasannya? Yuk, langsung aja simak penjelasannya!

Siapa dia Isaac Newton?

Sebelum kita membahas mengenai tentang teori Newton, sebaiknya kamu hatus mengetahui info soal Newton. Terlahir menggunakan nama lengkap yakni Isaac Newton, adalah sosok yang di balik penemuan dari teori hukum gerak dan juga gravitasi didalam dunia ilmu fisika. Dia dikenal seorang filusuf pelajaran matematika dan juga fisika. Penemu asal dari Inggris ini membukukan dari pemikirannya ditahun 1687.

Buku itu yakni berjudul Prinsip Matematika didalam Filsafat Alam atau Philosophiae Naturalis Principia Mathematica. Buku itu menjadi salah satu pondasi atas perkembangan ilmu dari matematika dan juga fisika modern. Atas dedikasinya yakni terhadap ilmu matematika dan juga fisika, Newton sudah mendapatkan gelar yakni bangsawan kehormatan dari salah satu Kerajaan di Inggris ditahun 1705.

Hukum Newton 1

Hukum Newton I adalah soal gerak yang menyebutkan “Setiap benda pasti akan diam ataupun bergerak secara lurus beraturan apabila resultan gayanya yang bekerja dibenda itu sama dengan 0.” Teori itu juga mengatakan bahwa disetiap benda yang sifatnya lembam. Artinya, yakni benda yang cenderung mempertahankan sebuah kedudukannya.

Benda diam pasti tetap diam dan juga ketika benda itu bergerak mK cenderung bergerak. Hukum I Newton dapat menggambarkan sifat dari benda yang akan selalu mempertahankan sebuah keadaan diam atau pun bergeraknya. Istilah untuk itu adalah inersia ataupun kelembaman. Dengan demikian, kita dapat katakan bahwa Hukum Newton I dapat disebut juga dengan istilah yakni Hukum Kelembaman.

Hukum Newton I itu dalam rumus fisikanya adalah sebagai berikut:

hukum newton 1

Arti rumus ini adalah resultan gaya yang saat itu bekerja sama dengan 0. Apabila resultan gaya itu adalah sebuah benda yang sama dengan 0, berarti benda itu tidak mempunyai percepatan ataupun percepatannya sama seperti 0.

Hukum Newton 2

Hukum Newton II mengatakan “Besarnya sebuah percepatan yang telah dialami oleh suatu benda yang berbanding lurus oleh sebuah gaya yang saat itu bekerja kepada benda itu dan juga berbanding berbalik dengan massa pada bendanya.” Berdasarkan teori itu, percepatan yang muncul disuatu benda dikarenakan dipengaruhi oleh gaya yang saat itu bekerja dibenda, besarnya pasti lah berbanding lurus dan juga searah, dengan adanya sebuah gaya itu pasti berbanding terbalik dari massa benda.

Dalam pemahaman lebih sederhananya, apabila resultan gaya yang pada saat itu bekerja disebuah benda tidak akan sama dengan 0, maka untuk benda itu pasti akan bergerak pada suatu percepatan. Hukum Newton II itu dirumuskan akan menjadi sebagai berikut:

hukum newton 2

Hukum Newton 3

Hukum Newton III mengatakan “Setiap adanya sebuah gaya aksi yang sedang bekerja disuatu benda, maka pasti timbul sebuah gaya reaksi yang besarnya itu sama, tapi arahnya pasti berlawanan.” Maksudnya dari hukum ini adalah apabila sebuah benda yang pertama mengerjakan dari gaya kepada benda yang kedua, maka benda yang kedua itu telah mengerjakan gaya kepada benda yang pertama yang besarnya itu sama tapi hanyalah berlawanan arah.

Untuk memahami teori itu, kalian bisa lihat contoh pada kehidupan nyata. Contoh itu seperti ketika seseorang penyelam yang tengah melakukan sebuah penyelaman. Kaki dan juga tangan sipenyelam akan mendorong air ke arah belakang atau gaya aksi, sehingga badan dari penyelam itu terdorong ke arah depan sebagai dari gaya reaksi.

Apabila dirumuskan Hukum Newton III menjadi sebagai berikut:

hukum newton 3

Gaya aksi sampai reaksi kepada mempunyai sifat-sifat yang tertentu. Sifat-sifat itu diantaranya sebagai berikut: sama besarnya, terletak pada satu garis kerja, pastinya berlawanan arah, dan juga bekerja kepada 2 benda yang berbanding.

Selain itu juga, gaya dapat dibedakan menjadi beberapa macam yakni gaya gesek, gaya normal, gaya berat, dan juga gaya pada tegang tali. Gaya berat yakni gaya yang dipunyai suatu benda diakibatkan pengaruh dari percepatan gravitasi yang arahnya itu selalu tegak lurus untuk menuju kepusat bumi. Sedangkan, gaya normal yaitu gaya penyeimbang yang bekerja di 2 permukaan benda yang saling bersentuhan dan juga arahnya yang selalu tegak lurus sesuai pada bidang sentuh.

Gaya gesek merupaka gaya yang muncul diakibatkan sebuah kekasaran atas 2 permukaan benda itu yang pada saat itu saling bersentuhan. Dan juga, terakhir, gaya pada tegang tali yakni gaya yang bekerja kepada tali sebagai dari gaya aksi sampai reaksi.

Baca Juga :

Bus dalam Bahasa Arab

Santri Angga
1 min read

Hadza Min Fadhli Rabbi

Santri Angga
1 min read

Belajar Huruf Hijaiyah

Santri Angga
2 min read
SELAMAT DATANG
Selamat Datang di Website Kami Jika Anda ingin kerjasama atau menyampaikan keritik dan saran silahkan hubungi kami di admin@waheedbaly.com