Iman Kepada Allah

2 min read

Iman kepada Allah

Iman kepada Allah, pengertian, manfaat, hikmah dan contoh perilaku yang mencerminkan beriman kepada Allah.

Iman kepada Allah adalah merupakan bagian dari rukun iman yang pertama dalam 6 rukun iman yang wajib kita ketahui dan kita amalkan. Akan kami ulas secara deatil tentang rukun iman yang pertaman ini pada artikel ini

Kita harus menyakini bahwa Allah Subhana Wata’la adalah pemilik segala sesuatu yang ada diseluruh alam ini, dan hanya Allah swt zat yang wajib untuk kita sembah tidak ada sekutu bagi Allah. dengan ini sangatlah penting jika kita harus mengtahui tentang pengertian iman kepada Allah, hikmahnya, dan contoh-contoh perilaku yang mencerminkan beriman kepada Allah.

Baca Juga : Iman kepada kitab Allah

Pengertian Iman Kepada Allah

Pengertian Iman jika diartikan secara bahasa berarti tashdiq (membenarkan). Sedangkan jika diartikan secara istilah iman artinya “Sebuah keyakinan yang sungguh-sungguh tanpa ada keraguan, baik keyakinan dari dalam hati, dari perkataan, dan juga keyakinan dari perbuatan, dengan cara menjalankan ketaatan kepada Allah dan menjauhi larangan Allah”.

Baca Juga : Iman Kepada Hari Kiamat

Iman Kepada Allah Mencakup 4 Perkara

  1. Iman tentang keberadaan (wujud) Allah.
  2. Iman tentang keesaan Allah dalam rubuiyah maksudnya adalah Allah lah yang satu-satunya yang menyandang hak rububiyah yaitu mengatur, menciptakan, dan memberi rezeki kepada seluruh mahluk cipataan-Nya).
  3. Iman tentang keesaan Allah dalam uluhiyah maksudnya adalah hanya Allah sajalah satu-satunya dzat yang berhak diibadahi ayau disembah.
  4. Iman terhadap asma’(nama) dan sifat-Nya makasudnya percaya dan menyakini semuanya yang baik adalah merupakan dari asma’ dzat Allah semata.

Barangsiapa yang tidak beriman kepada yang 4 perkara ini, maka dia bukan seorang mukmin, dengan demikian wajib bagi seorang yang mengaku beriman harus yakin dengan 4 perkara ini.

Baca Juga : Iman Kepada Qada dan Qadar

Manfaat Beriman Kepada Allah

Ada beberapa manfaat yang bisa didapat, namum bukan hanya sekedar dalam perkataan dalam menyatakan iman, juga harus didasari dalam hati, dan diwujudkan dalam perbuatan.

Berikut manfaat-manfaat yang didapat antara lain adalah:

1. Mendapat Bimbingan dari Allah SWT

  • Orang yang beriman dengan keyakinan yang benar kepada Allah SWT kelak akan mendapatkan bimbingan langsung dari-Nya, sehingga dalam melakukan segala sesuatunya tidak akan salah jalan.

2. Terhindar dari sifat Musyrik

  • Dengan mengetahui kebesaran dan keesaan Allah SWT, maka tidak mungkin seorang yang beriman itu akan berubah menjadi musyrik, karena ia yakin segala perbuatan dan apaun segala sesuatunya semuanya atas berkehendak Allah.

3. Membuat Hati Menjadi Tenang

  • Salah satu manfaatnya juga adalah hati akan merasa tenang, hati tidak mudah goyah oleh ajakan nafsu syahwat jahat yang ingin menhajak pada kesesatan.

4. Menumbukan Rasa Kasih Sayang Yang Tinggi

  • Manfaat ini maksudnya dapat memjadikan diri kita peduli terhadap orang lain dan akan menumbuhkan jiwa sosial yang tinggi tentunya juga dengan mengharap ridha Allah.

5. Diampuni Dosanya

  • Orang-orang yang beriman sudah pasti menjalankan semua ketaatan dan sebab taatnya itu Allah memberikan ganjaran pahala kepadanya, dan yang pasti dosa-dosa akan diampuni.

6. Diberi Kemudahan Hidup

  • Bagi orang yang beriman akan diberi kemudahan dalam mencapai tujuan hidup karena hidup selalu mengandalkan Allah dzat yang maka memberi jalan kemudahan.

7. Bertambahnya Rasa Syukur

  • Bagi orang yang beriman ia sadar bahwa sekecil apaun pemeberian dari Allah SWT merupakan rezeki yang besar dan dengan demikian akan terus bertambah rasa syukurnya.

8. Mendapat Kebahagiaan Yang Hakiki

  • Beriman dengan keimanan yang benar dan sungguh-sungguh kepada Sang Pencipta akan menumbuhkan rasa tenang, bahagia dan damai karena dalam keyakinannya pasti Allah yang menolong dan semua yang terjadi karena atas kehendak-Nya pula.

Baca Juga : Iman Kepada Nabi dan Rasul

Contoh Perilaku Beriman Kepada Allah

Berikut ini adalah beberapa contoh perilaku bentuk keimanan kepada Allah SWT diantaranya adalah:

  1. Selalu berjuang untuk dapat mendirikan Shalat.
  2. Berjuang untuk memerangi kemiskinan.
  3. Bersedekah di kala keadaan lapang maupun sempit.
  4. Berjuang untuk tidak mudah marah.
  5. Berjuang untuk tidak berbohong.
  6. Memaafkan kesalahan orang lain.
  7. Bertaubat.
  8. Berjuang untuk dapat meninggalkan semua yang dilarang Allah.
  9. Selalu bersyukur.
  10. Berjuang untuk memerangai hawa nafsunya sendiri.

Nah inilah sebagai contoh dari beberapa prilaku ketaatan kepada Allah, semoga kita semua mendapat pertolongan Allah untuk dapat beriman dengan keyakinan yang benar tanpa ada keraguan sedikitpun, aamiin. Wallahua’lam.

Demikialha pembahasan dari rukun iman yang pertama yaitu iman kepada Allah, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Sekian dan terima kasih.

Baca Juga:

7 Tingkatan Neraka

Santri Angga
2 min read

Tanda-Tanda Hari Kiamat

Santri Angga
5 min read

Manfaat Sedekah

Santri Angga
2 min read