Iman Kepada Qada dan Qadar

3 min read

IMAN KEPADA QADA DAN QADAR

Iman kepada Qada dan qadar Allah, pengertian, arti, manfaat dan ciri-ciri dan dalil beriman kepada ketentuan Allah akan dibahas di bawah ini.

Assalamu’alaikum Warohmatullohi wabarokatuh. Segala puji hanya milik Allah yang maha pengasih dan maha penyayang dan maha mengetahui segala sesuatu, dan tidak seorang mahluk pun dapat mengetahui sesuatu tanpa izin dari-Nya.

Atas kasih sayang, rahmat, fadhol, sayafaat dan kebaikan Allah lah kita masih diberi kesempatan dalam menapaki jalan taubat yang semata-mata selalu mengharap ridho-Nya.

Qada dan Qadar Arti Secara Bahasa

Arti qada secara bahasa adalah : ketetapan Tuhan, kehendak, perintah, dalam istilah Islam,

Dan yang dimaksud dengan qadha Allah yaitu : Suatau ketetapan Allah swt yang sudah ditetapkan sebelum terciptanya segala mahluk. Sedangkan

Arti Qadar secara bahasa adalah : peraturan, kepastian, dan takaran. Adapun yang dimaksud dengan Qadar yaitu : perwujudan dan kenyataan akan ketetapan Tuhan kepada semua makhluk ciptaan-Nya sesuai dengan kehendak atau iradah Allah SWT.

Pengertian Qada

Pengertian Qada adalah : Suatu Ketetapan Tuhan yang sudah tertulis dan ditetapkan sejak jaman Azali, yang menjadi ketetapan untuk semua mahluk ciptaan-Nya dari sebelum manusia itu hadir di dunia dan samapi hari akhir nanti.

Pengertian Qadar

Pengertian Qadar adalah : suatu ukuran atau timbangan yang telah ditetapkan oleh Allah kepada semua mahluk ciptaan-Nya yang sesuai dengan kehendak-Nya dan juga menurut ukuran Allah SWT kepada semua makluk cipataan-Nya.

Jadi bila disatukan Qada dan Qadar memiliki makna sebuah ketetapan Tuhan yang telah diukuran dan ditimbang atas kehendak Allah dan keingin Allah SWT.

Pengertian Iman Kepada Qada dan Qadar Allah

Beriman Terhadap Qada dan Qadar Allah memliki pengertian mempercayai serta meyakini dengan sepenuh hati bahwasan Allah SWT memiliki kehendak, keputusan dan ketetapan atas semua makhluk ciptaan-Nya termasuk semua kejadian yang menimpa kepada makhluk.

Baca Juga : Doa Penenang Hati

Manfaat Beriman Kepada Qada Dan Qadar

Qada dan Qadar merupakan salah satu rukun iman yang keenam, jadi sebagai orang yang beragama Islam yang beriman wajib untuk meyakini rukun iman yang ke enam ini yaitu percaya kepada qada dan qadar Allah swt. Beriman kepada Qada dan Qadar Allah mempunyai manfaat yang sangat baik bagi orang-orang yang beriman.

Berikut di bawah ini beberapa manfaat manfaat beriman kepada Qada dan Qadar

A. Selalu Bersyukur

Semua yang telah diberikan kepada kita sebenarnya merupakan sesuatu yang terbaik di mata Allah, bukan menurut kehendak kita terkadang keinginan kita tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan namun Allah lebih nengetahui segala sesuatu yang terbaik buat hambanya.

B. Terhindar Dari Sifat Sombong

Manfaat mengamalkan rukun iman yang keenam ini dapat menghindarkan diri dari sifat sombong dan bangga diri, mengapa ? karena dengan mengimani dan percaya pada Qada dan Qadar Alloh ini kita akan sadar segala pemberian dan segala yang kita miliki padaha hakekat semuanya itu memang sudah digariskan bukan karena sebab usaha kita karena memang sudah Allah tetapkan untuk kita.

C. Mendapatkan Ketenangan Hati

Jika seseorang sudah paham tentang Qada dan Qadar Allah, tentunya dalam kehidupannya akan merasa tenang karena ia memahami semua sesuatu sudah ada yang mengatur mengenai rezeki, keshatan dan lain sebagainya.

Jadi semua itu sudah ada bagiannya masing masing menurut kehendak Allah dan kebaikan menurut Allah, jadi segala sesuatunya tidak akan pernah keliru dan tertukar Allah membrikan kepada hamba-Nya.

D. Menjadi Lebih semangat

Bila seseoarang itru sudah meyakini rukun iman ini maka hidupnya akan menjadi lebih semangat menjalani kehidupan ini, karena semua apa yang dilakukan oleh dirinya adalah kehendaknya Allah, namum dalam hal ini sikap kita tetap untuk mengikuti sebuah perintah Allah yang mana untuk selalu berusaha.

Walaupun segala sesuatu sudah Allah tetapkan sikap kita hendaknya berprasangka yang baik akan keputusan yang Allah telah berikan, karena baik menurut kita belum tentu baik dipadangan Allah.

Baca Juga : Sifat wajib Rasul

Ciri Orang Beriman Kepada Qada dan Qadar Allah

Seorang muslim yang beriman sudah pasti yakin akan ketentuan dari Allah SWT dan pasti seseorang itu akan memiliki tingkat ketaatan yang tinggi. Berikut ini ciri orang yang beriman terhadap Qada dan Qadarnya Allah SWT, adalah :

  • Selalu sadar semua pemeberian dan keputusan adalah ketetapan dari Allah.
  • Selalu sabar atas pemberian Allah yang mungkin belum pas menurut keingan kita.
  • Selalu bersyukur dari apa yang telah Allah tetapkan
  • Slalu bersikap optimis tidak mudah putus asa dan giat selalu berjuang dan berusaha dan tidak mudah menyerah.
  • Menaati semua perintah Allah SWT dan juga menjauhi semua larangan Allah.
  • Selalu bersikap tawakal dan berserah diri kepada Allah

Nah ini lah beberapa ciri orang yang beriman kepada rukun iman yang keenam, berikut akan kami sampaikan beberapa dalil tentang beriman kepada Qadha dan Qadar Allah.

Baca Juga : Sifat wajib Rasul

Dalil Tenatang Iman Kepada Qada dan Qadar Allah

Berikut ada beberapa dalil keterang yang terdapat dalam Al-Qur’an mengenai iman kepad Qadha dan Qadar.

Surah Al-Ahzab 33 : 38

وَكَانَ أَمْرُ اللَّهِ قَدَرًا مَقْدُورًا

Artinya : ”Dan adalah ketetapan Allah SWT itu suatu ketetapan yang pasti berlaku”

Al-Qamar/54 : 49

إِنَّا كُلَّ شَيْءٍ خَلَقْنَاهُ بِقَدَرٍ

Artinya : “Sesungguh nya Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran”

Al-Furqaan/25 : 2

وَخَلَقَ كُلَّ شَيْءٍ فَقَدَّرَهُ تَقْدِيرًا

Artinya : ”Dan Dia telah menciptakan segala sesuatu, dan Dia menetapkan ukuran-ukurannya dengan serapi-rapinya”

Al-Anfaal/8: 42

لِيَقْضِيَ اللَّهُ أَمْرًا كَانَ مَفْعُولًا

Artinya : ”(Allah mempertemukan kedua pasukan itu) agar Dia melakukan suatu urusan yang mesti dilaksanakan”

Al-Mursalaat/77 : 22-23

إِلَىٰ قَدَرٍ مَعْلُومٍ فَقَدَرْ نَا فَنِعْمَ الْقَادِرُونَ

Artinya : ”Sampai waktu yang ditentukan, lalu Kami tentukan (bentuknya), maka Kami-lah sebaik-baik yang menentukan”

Berikut ini beberapa keterangan Dalil dari Al hadist

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

وَإِنْ أَصَابَكَ شَيْئٌ فَلاَ تَقُل:ْ لَوْ أَنِّيْ فَعَلْتُ، كَانَ كَذَا وَكَذَا، وَلَكِنْ قُلْ: قَدَرُ اللهِ وَمَا شَاءَ فَعَلَ

Artinya :Jika sesuatu menimpamu, maka janganlah mengatakan, Se-andainya aku melakukan nya, niscaya akan demikian dan demikian, tetapi ucapkanlah, ‘Sudah menjadi ketentuan Allah swt, dan apa yang dikehendakinya pasti terjadi.

Inilah beberapa keterangan dari Al-Quran dan hadist Nabi SAW yang menjadi dasar untuk menguatkan kita agar lebih paham tentang beriman kepada ketetapan Allah, semoga kita semua diberikan pertolongan untuk bisa menjalani rukun iman yang ke-6 ini, aamiin.

Demikianlah pembahasan singkat tentang rukun iman yang ke 6 semoga bisa bermanfaat untuk kita semuanya,

Terima kasih, wassalam.

Artikel lain yang bisa anda dapatkan dan baca lihat link dibawah ini.

Macam-Macam Najis

Santri Angga
3 min read

Shalat Sunnah Wudhu

Santri Angga
3 min read

Doa Ketika Mimpi Buruk

Santri Angga
4 min read