Jenis Jenis Patung

3 min read

Jenis Jenis Patung – Halo sobat WaheedBaly.com dalam kesempatan ini penulis akan membagikan sebuah artikel kali ini akan membahas tentang Jenis Jenis Patung meliputi Fungsi Patung, Pengertian Seni Patung, Bagan Seni Membuat Patung, Jenis-Jenis Corak Patung dan Jenis – Jenis Teknik Seni Patung serta Bentuk-Bentuk Patung dan contoh Patung. Dan pembahasan terlengkapnya dapat disimak berikut ini.

Pengertian Seni Patung

Seni patung adalah suatu karya seni rupa yang telah diciptakan dengan membentuk berbagai bahan dengan bervolume yang dapat berupa bahan tanah liat, kayu, batu, bahakan logam dengan cara substraktif yang maksudnya mengurangi bahan penggunaan bahan seperti dipahat, dipotong, dicukil atau mengurangi cara aditif, yang maksudnya untuk menambahkan bahan seperti ketika mengecor serta mencetak.

Fungsi Patung

Adapun beberapa fungsi dari seni patung adalah sebagai berikut:

  1. Patung Dekorasi. Berfungsi sebagai benda yang memperindah suatu ruangan dan juga lingkungan eksterior.
  2. Patung Monumen, Dibuat sebagai simbol mengenang jasa tokoh tertentu, seperti mengenang sosok pahlawan dari suatu negara atau untuk memperingati peristiwa yang bersejarah.
  3. Patung Kerajinan. Merupakan patung yang telah dirancang untuk dapat memenuhi kebutuhan di dunia pasar, sehingga akan diminati para pembeli berdasarkan dari kebutuhan umum yang tidak dapat dirinci dengan spesifik.
  4. Patung Arsitektur, dibuat untuk dapat menunjang serta melengkapi kontruksi dari suatu bangunan sehingga akan lebih terpadu serta harmonis dengan penggunaan desain arsitektur yang akan dirancang.
  5. Patung Seni (fineart). Patung seni atau patung seni murni yang dibuat hanya dalam kepentingan estetis untuk menjadi eskperimental pada bentuknya (seni tidak selalu tentang indah).
  6. Patung Religi. Untuk beberapa kepercayaan patung mempunyai unsur dan makna secara religius sebagai sarana beribadah.

Bahan Seni Membuat Patung

Berikut merupakan bahan yang digunakan dalam pembuatan patung yaitu.

  • Bahan Lunak

Bahan lunak yang mempuyai masa serta volume yang dapat digunakan dalam pembuatan patung, seperti: menggunakan clay, tanah liat, lilin, dan bahan khas atau bahan alternatif seperti penggunaan sabun, dan lain sebagainya.

  • Bahan Sedang

Bahan sedang maksudnya adalah bahan yang tidak lunak namun tidak keras, misalnya seperti kayu randu, kayu mahoni, kayu waru dan jenis kayu lainnya.

  • Bahan Keras

Bahan keras ini dapat berupa batu atau jenis kayu yang lebih keras, contohnya adalah penggunaan batu marmer (pualam), kayu jati, kayu ulin, batu granit, batu andesit dan kayu sonokeling.

Jenis – Jenis Teknik Seni Patung

Adapun beberapa jenis teknik dari seni patung adalah sebagai berikut.

Teknik Butsir

Butsir adalah sebuah teknik yang akan membentuk bahan lunak dengan cara mengurangi bahan dengan menggunakan alat butsir serta menambahkan bahan apabila diperlukan. Butsir ini biasa digunakan untuk proses mengolah bahan lunak misalnya tanah liat, lilin atau dengan modeling clay.

Teknik Modeling

Teknik modeling maksudnya adalah teknik dengan pembuatan patung yang akan membutuhkan model (sebagai contoh gambar) dalam proses pembuatannya. Teknik modelling merupakan keteknikan dalam pembuatan karya patung dengan cara memanfaatkan bahan plastis contohnya lempung atau tanah liat, plasticine (malam untuk proses modelling).

Teknik Merakit Atau Cor

Membuat karya seni dengan cara menggunakan cetakannya terlebih dahulu, lalu bahan dari adonan cor akam dituangkan kedalam cetakan dengan bentuk sesuai keinginan, sehingga akan menghasilkan bentuk yang sesuai dengan ingin pembuatnya.

Teknik Merakit

Teknik ini hampir sama dengan dalam permainan puzzle, yaitu dengan cara sobat merakit bahan dasar dari patung kemudian merangkainya sehingga menjadi bentuk yang indah.

Teknik Membentuk

Teknik ini merupakan sebuah teknik pembuatan patung dengan cara sobat membentuk patung bertahap sehingga akan tercipta patung yang diinginkan. Dengan teknik ini lebih membutuhkan sebuah ketelitian dari seorang seniman. Namun kualitas patung yang diperoleh sudah pasti lebih bagus karena proses inimenggunakan perasaan dan feeling dalam membuatnya.

Teknik Pahat

Teknik pahat ini biasanya dilakukan ketika proses pembuatan patung berdasarkan bahan dasar keras misalnya kayu, tulang, batu ganit, batu granit dengan bahan yang berstruktur keras lainnya melalu proses yang mengurangi bagian-bagian tertentu dalam bahan dasar sehingga membentuk patung yang benar diinginkan.

Jenis-Jenis Corak Patung

Adapun berbagai jenis corak dari patung antara lain.

Corak Imitatif

Senin patung ini merupakan sebuah tiruan dari bentuk alam yang berhubungan dengan makhluk hidup. Perwujudan dari patung corak ini yaitu berdasarkan fisio plastik atau dengan bentuk fisik baik anatomi, proporsi, maupun bentuk gerak.

Corak Deformatif

Bentuknya yang telah banyak berubah dari bentuk tiruan alam, diubah untuk menjadi bentuk yang baru berdasarkan dari imajinasi pembuat patung tersebut.

Corak Non-Figuratif / Abstrak

Corak abstrak yang dipengaruhi oleh suatu aliran konstruksi, dengan secara umum telahh banyak hal dengan meninggalkan bentuk-bentuk dari alam untuk perwujudannya.  Patung yang dipandang sebagai dari bentuk konstruksi, yaitu berupa besi, plat, plastik, kawat, kayu, dan lain-lain.

Bentuk-Bentuk Patung dan contoh Patung

Sedangkan bentuk dari patung terbagi menjadi beberapa bentu serta cotoh yaitu.

  • Free Standing

    Merupakan bentuk patung yang menampilkan keseluruhan dari atas kepala sampai dengan ujung kaki yang dapat berdiri tegak.

  • Zonde

    Merupakan bentuk patung yang hanya menampilkan sebagian dari suatu objeknya, seperti pada seseorang yang sedang jongkok atau tiarap.

  • Torso

    Merupakan bentuk patung yang hanya menampilkan sebagian badan misalnya hanya menampilkan bagian dada sampai bagian pinggang yang tidak mempunyai kepala, sekarang ini yang sering ditemui dalam maneukin pakaian.

  • Boss / Sedada

    Merupakan bentuk patung yang akan menampilkan setengah badan misalnya tampilan mualai dari kepala sampai ke dada.

  • Kepala

    Merupakan bentuk patung menampilkan hanya bagian kepala yang akan menjadi objek saja.

Sekian pembahasan dari artikel dengan pembahasan mengenai Jenis Jenis Patung. Semoga dapat menambah wawasan akan kekayaan budaya Indonesia khususnyakerajinan patung. Semoga artikel ini memberikan manfaat dan sampai jumpa dilain kesempatan.

Baca Juga :

Thank You Allah

wahed234
3 min read

Lirik Lagu Astagfirullah

wahed234
1 min read

Lirik Kunta Rohiman

wahed234
1 min read