Keutamaan Shalat Subuh

2 min read

keutamaan shalat subuh

Keutamaan shalat subuh, manfaat shalat subuh bagi kesehatan, dan Ancaman bagi yang meninggalkan Shalat Subuh, akan dibahas disini secara lengkap.

Bagi sebagian besar kaum Muslim shalat subuh merupakan salah satu shalat yang sangat berat untuk dilakukan, karena waktu shalatnya dilaksanakan pada saat sebagian orang sedang telelap dalam tidurnya, oleh sebab itu Allah SWT memberikan ganjaran dan keutamaan yang sangat besar pada shalat subuh ini.

Apalagi shalat subuh dikerjakan secara berjamaah di masjid, sungguh sangat luar biasa sekali ganjaran atau pahalanya, semoga kita semua bisa dan mampu untuk melaksakan shalat subuh secara berjamaah tentu dengan selalu mengharap pertolongan Allah SWT dan juga pertolongan Rasulullah SAW.

Berikut ini akan kami sampaikan beberapa dari keutamaan shalat subuh, lengkap diserati dengan dalil-dalil hadistnya.

Keutamaan Shalat Shubuh

Seseorang yang mendapat pertolongan Allah untuk dapat mengerjakan shalat shubuh sendiri apalagi secara berjamaah, sungguh suatu rahmat dan karunia yang sangat besar sekali karena shalat subuh ini banyak memiliki keutamaan yang diantaranya sebagai berikut:

Baca Juga : Panduan dan Doa Qunut Subuh

1. Sebagai Penghalang Masuk Neraka

Dalam sebuah hadist Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda:

لَنْ يَلِجَ النَّارَ أَحَدٌ صَلَّى قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا

Artinya: Tidaklah akan masuk ke dalam neraka bagi orang yang mendirikan shalat sebelum terbitnya matahari (shalat shubuh) dan sholat sebelum tenggelamnya matahari (shalat ashar).” (Hadist riwayat Muslim)

2. Sebagai Penyebab Masuknya Ke Dalam Surga

Dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW telah bersabda yang berbunyi sebagai berikut:

مَنْ صَلَّى الْبَرْدَيْنِ دَخَلَ الْجَنَّة

Artinya: Barang siapa yang telah mengerjakan sholat bardain (shalat shubuh dan sholat ashar) maka ia akan masuk ke dalam surga.” (Hadist riwayat Bukhari dan Muslim)

Baca Juga: Bacaan Doa Setelah Sholat

3. Dihitung Bagaikan Shalat Semalam Penuh

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengatakan dalam sebuah bersabda yang berbunyi yang artinya sebagai berikut:

Barang siapa yang telah sholat isya dengan berjama’ah. maka seolah ia telah melakasanakan sholat malam selama separuh malam. Dan barang siapa yang nmelaksanakan shalat shubuh secara berjamaah maka seolah-olah ia telah melakukan shalat seluruh malamnya. ”(Hadist riwayat Muslim )

4. Berada di Dalam Jaminan Allah SWT

Di dalam sebuah Hadsit, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, telah bersabda yang berbunyi sebagai berikut:

مَنْ صَلَّى صَلَاةَ الصُّبْحِ فَهُوَ فِي ذِمَّةِ اللَّهِ فَلَا يَطْلُبَنَّكُمْ اللَّهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَيْءٍ فَإِنَّهُ مَنْ يَطْلُبْهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَيْءٍ يُدْرِكْهُ ثُمَّ يَكُبَّهُ عَلَى وَجْهِهِ فِي نَارِ جَهَنَّمَ

Artinya : “Barang siapa yang mengerjakan shalat subuh, maka ia berada di dalam jaminan Allah subhana wata ala. Oleh sebab itu jangan sampai Alloh subhana wata ala menuntut sesuatu atas kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Alloh subhana wata ala menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah subhana wata ala pasti kelak akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya di dalam neraka jahannam.” (Hadist riwayat Muslim no. 163)

Baca Juga : Bacaan Doa Pagi Hari

5. Disaksikan Oleh Para Malaikat

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, yang berbunyi sebagai berikut:

وَتَجْتَمِعُ مَلَائِكَةُ اللَّيْلِ وَمَلَائِكَةُ النَّهَارِ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ

Artinya:Dan semua malaikat malam dan semua malaikat siang telah berkumpul pada sholat fajar (subuh).” (Hadist riwayat Bukhari dan Muslim )

Nah inilah beberapa dari keutamaan dari shalat subuh, sungguh sangat luar biasa sekali keutamaanya, semoga Allah SWT selalu menolong kita agar bisa selalu melakasakan shalat subuh baik sendiri maupun secara berjamaah, aamiin.

Baca Juga: Bacaan Doa Sesudah Wudhu

Manfaat Shalat Shubuh Bagi Kesehatan

Berikut ini akan di sampaikan beberapa manfaat dari shalat subuh untuk kesehatan tubuh.

Selain memiliki keutamaan, sholat shubuh juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, berikut ini akan kami jelaskan manfaat shalat subuh untuk kesehatan, diantaranya sebagai berikut:

  • Dapat menormalkan kinerja sistem syaraf dan otak manusia
  • Dapat mengurangi risiko serangan jantung dan penyumbatan pembuluh darah
  • Apalagi saat pagi hari kadar ozon (O3) cukup tinggi yang mampu membantu aktivitas syaraf dan otak.
  • Dapat menyehatkan badan
  • Sebagai obat penyakit malas
  • Sebagai obat penyakit rematik
  • Mandi subuh dapat mencegah penyakit, flu, migran dan lainnya.

Demikian sebagaian manfaat dari shalat subuh bagi kesehatan jasmani manusia.

Baca Juga: Bacaan Doa Qunut Nazilah

Ancaman Bagi Orang Yang Meninggalkan Shalat Shubuh

Dalam beribadah ada sebuah ganjaran yang diberikan oleh Allah SWT berupa pahala atau yang lainya, namm Allah juga memberikan ancaman dan hukuman bagi yang melanggar segala perintah yang diberikan.

Berikut ini keterangan yang diambil dalam sebuah hadist Nabi Muhammad SAW, tentang ancaman bagi orang yang meniggalkan dalam shalat subuh.

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam bersabdanya yang berbunyi sebagai berikut:

إِنَّ أَثْقَلَ صَلَاةٍ عَلَى الْمُنَافِقِينَ صَلَاةُ الْعِشَاءِ وَصَلَاةُ الْفَجْرِ وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِيهِمَا لَأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا

Artinya:Sesungguhnya sholat yang sangat berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik yaitu shalat isya dan juga sholat subuh. Sekiranya mereka tahu keutamaan dari keduanya, niscaya mereka tidak akan mendatanginya sekalipun dengan jalan merangkak.” (Hadist riwayat Bukhari dan Muslim )

Itulah ancaman yang telah dijelaskan oleh Nabi SAW dalam sebuah hadistnya.

Jadi dikatakan sebagai orang yang Munafik bagi orang yang meninggalkan shalat subuh. Semoga kita terhindar dari golongan orang-orang yang munafik dan dapat selalu melaksankan shalat subuh yang menjadi kewajiban bagi umat islam. Wallahu’alam.

Demikianlah pembahsan singkat tentang keutamaan shalat subuh dan juga ancamannya, semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Terima Kasih, Wassallam.

Artikel lainya yang bisa anda lihat:


7 Tingkatan Neraka

Santri Angga
2 min read

Manfaat Sedekah

Santri Angga
2 min read

Bacaan Tasbih

Santri Angga
2 min read