Keutamaan Sholawat Tibbil Qulub

1 min read

Keutamaan sholawat Tibbil Qulub – Lengkap dengan bacaan sholawat nya dalam tulisan Arab, tulisan latin dan arti terjemahannya.

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.
Pada kesempatan kali ini admin waheedbaly akan berbagi beberapa dari keutamaan sholawat Tibbil Qulub. Dan juga akan kami sertakan bacaan sholawatnya dengan teks atau lafadznya dalam bacaan Arab, Latin berikut arti terjemahannya.

Nah untuk lebih detailnya yuk simak saja langsung tulisan di bawah ini.

Shalawat Tibbil Qulub itu sendiri memiliki makna atau arti yakni “obat atau penyembuh hati”. Dan juga sholawat ini juga ada yang menyebutnya dengan sholawat ”Nurul Abshar” yang bermakna “cahaya mata hati”.

Ada beragam menegenai bacaan sholawat ini, karena masing ulama atau para guru menijazahkan kepada murid atau santrinya berbeda-beda namun pada tujuan nya tetap sama.

Dan untuk pengamalan sholawat ini juga berbeda tergantung dari sang guru yang memberikan perintah kepada si murid untuk dibaca kapan dan dengan jumlah bilangan yang tertentu.

Nah berikut di bawah ini adalah bacaa sholawat Tibbil Qulub secara lengkap kami tuliskan dengan teks Arab, Latin dan juga artinya :

Baca juga: Sholawat Mubrom

Bacaan Sholawat Tibbil Qulub

Teks Bacaan Arab

Teks Bacaan Latin
”Allahumma sholli ‘alaa Sayyidinaa Muhammadin thibbil qulubi wa dawa ihaa wa’aafiyatil abdaani wa shifaa ihaa wa nuuril abshoori wa dhiyaa ihaa wa ‘alaa aalihi wa shohbihi wa sallim”.

Artinya:
“Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya, sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Dan semoga rahmat tercurah limpahkan kepada para sahabat beserta keluarganya.”

Baca juga bacaan : Sholawat Sulthon

Keutamaan Sholawat Tibbil Qulub

Berikut di bawah ini sebagian keterangan ulama tentang keutamaan dari sholawat tibbil qulub.

Mengenai keutamaan dari shalawat Tibbil Qulub, secara umum telah dijelaskan di dalam kumpulan dzikir Majmu’ah Maqruat Yaumiyah wa Usbu’iyah yang berbunyi sebagai berikut:

“Shalawat Tibbil Qulub ini keutamaannya bermanfaat untuk obat segala penyakit baik penyakit dzahir maupun penyakit batin dan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh”

Manfaat dari sholawat di atas berlaku bagi atau untuk orang yang membaca sholawat Tibbil Qulub dengan kaifiyah (cara pengamalan) yang umum.

Makdudnya siapa saja yang dengan istiqamah membaca shalawat ini dalam bilangan jumlah berapa pun, akan mendapatkan kahisatnya yakni diberikan kesehatan dan juga disembuhkan dari berbagai macam penyakit atas izin Allah swt.

Dan menurut Syaikh Ahmad Asshawi, Beliau telah menyebutkan mengenai keutamaan sholawat ini yakni sebagai berikut ; “Jika sholawat Thibil Qulub ini dibaca dengan sebanyak 400 kali atau sebanyak 2000 kali dan diniatkan khusus untuk orang sakit dengan mengaharap ridho Allah, kemurahan dan kasih sayang Alaah, mudah-mudahan penyakit akan dapat sembuh.

Nah itulah sedikit manfaat dari sholawat ini, pada dasarnya sholawat ini masih memiliki rahasia yang banyak yang tanpa kita sadari jika mengamalkan secara rutin bacaan sholawat tersebut.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan pada pembahasan menganai keutamaan sholawat, mudah-mudahan menjadi manfaat untuk kirta bersama. Aamiin ya robbal ‘alamin.

Terima kasih dan wassallam.

Baca juga artikel lainnya :

Toko Bunga Lampung

wahed234
3 min read

Sholawat Jibril

wahed234
2 min read

Sholawat Kulli

wahed234
1 min read