Keutamaan Surat Yasin

3 min read

keutmaan surat yasin

Keutamaan surat Yasin, kahasiat dan kandungan, dianggap Mati Syahid diampuni segala dosa, dipermudah semua urusan dan dapat terhindar dari siksa kubur serta hajat bisa dikabulkan.

Di dalam Al-Quran ada satu surat yang memiliki keutamaan yang sangat luar biasa bila sering dibaca dan diamalkan yaitu Surat yasin. Surat yasin merupakan surat yang ke-36 dalam urutan Al-Quran dan Surat yasin sendiri terdiri dari 83 ayat yang turunkan di kota Mekkah.

Surat yasin juga disebut dengan surat Makkiyah, karena sesuai dengan turunnya surat tersebut, surat yasin memliki kandungan yang cukup luas di dalamnya, yang diantaranya adalah sebagai berikut:

Baca Juga : Keutmaan Doa Nurbuat

Kandungan isi Surat Yasin

Banyak sekali isi kandungan dalam surat yasin ini yang diantaranya adalah

  1. Surah Yasin berisi kandungan tentang pokok-pokok keimanan
  2. Surah Yasin berisi kandungan tentang tanda-tanda kekuasaan Allah ta’ala,
  3. Dan Surah Yasin juga berisi kandungan tentang peringatan akan kematian.
  4. Surah Yasin berisi kandungan tentang hari akhir
  5. Surah Yasin berisi kandungan tentang kisah dan perjuangan para syuhada serta para pendakwah.

Inilah beberapa dari kandungan isi surat Yasin yang meliputi dari segala aspek baik tentang kebesaran Allah SWT sampai perjuangan para syuhada.

Berikut ini akan kami sampaikan beberapa keutamaan dari surah Yasin.

Baca Juga : Keutamaan Shalat Subuh

Keutamaan Surat Yasin

Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwasanya surat yasin memiliki keutamaan yang sangat luar biasa bagi siapa saja yang mau mengamalkan, dan berikut ini adalah keutaman dari surat Yasin

1. Diampuninya Dosa-Dosa

Bagi siapa saja yang dengan istiqomah dan ikhlas mengamalkan yang bertujuan mencari ridho Allah maka isnyaAllah akan dihapuskan segala dosa-dosanya.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh At Thabrani telah menjelaskan bahwa:

“Barang siapa yang membaca surah Yasin saat malam hari dengan mengharapkan keridhoan Allah SWT semata, maka akan diampuni segala dosanya.” (Hadist riwayat. At Thobrani dan Al-Bayhaqi, dari Abu huroiroh Rodialohu aahu).

2. Dipermudah Segala Urusan

Barang siapa yang istiqomah membaca surah yasin akan mendapatkan keutamaan, akan dipermudah segala urusan, dikabulkan hajatnya.

3. Diampuni Dosa-Dosa Yang Telah Lalu

Barang siapa yang rutin dan penuh keikhlasan mengamalkan surah yasin memohon keridhoan Allah semata, maka dosa-dosa yang telah lewat akan diampuni oleh Allah SWT.

4. Dianggap Mati Syahid

Dalam keterangan hadist telah mengatakan tentang keutamaan surah yasin yang berbunyi :

“Barang siapa yang dengan istiqomah membaca surah yasin pada setiap malam, maka tanpa diduga ia telah menemui ajalnya, maka matinya tergolong mati dalam keadaan syahid.” (Hadaist riwayat. At- thobroni).

5. Dapat Terhindar Dari Siksa Kubur

Dalam Sebuah Tafsir Nur ats-tsagalayn 4/373 diterangkan fadhilah surah Yasin yang berbunyi sebagai berikut :

“Barang siapa yang berziarah di sebuah makam seseorang dan dibacakan surah yasin kepada ahli kubur tersebut maka hari itu Allah SWT memberikan keringanan dalam siksa kuburnya, dan juga diberikan kebaikan bagi sejumlah penghuni kubur yang ada di makam tersebut.”

Baca Juga : Keutamaan Sholawat Fatih pembuka jalan rezeki

7. Mempermudah Sakaratul Maut

Surah Yasin bila dibacakan kepada orang yang sedang sakaratul maut maka akan dipermudah saat keluarnya ruh dari jasad.

8. Segala Hajat Dikabulkan

Keutamaan surah Yasin juga bisa mempermudah terkabulnya hajat dan keinginan atau hajat bagi seseorang yang mengamalkannya.

Keterangan hadist Nabi Muhammad SAW :

“Siapa-siapa yang telah membaca surah yasin dengan sepenuh hati dan saat sampai ayat ke 58 dibaca dengan berulang sebanyak 7 kali maka Allah akan mengabulkan dan mempermudah hajatnya.”

9. Pemberi Syafa’at Di Akhirat Kelak

Dalam suatu riwayat, dari Abu Umamah Al-Bahili, bahwasanya ia telah mendengar Nabi Muhammad SAW bersabda :

“Bacalah Al-Quran. Karena Al-QuRan akan datang kepad mu saat hari kiamat kelak sebagai penolong dan pemberi syafaat kepada orang-orang yang telah rajin membacanya.” (Hadaist riwayat Muslim).

10. Surah Yasin Merupakan Jantungnya Al-Quran

Dalam sebuah riwayat yang dibawa oleh Anas bin Malik ra, beliau berkata bahwa Nabi SAW telah bersabda yang sebagai berikut :

“Segala sesuatunya pasti memiliki jantung. dan Jantungnya Al-Quran yaitu surat Yasin. Barang siapa yang membaca surah Yasin, maka Allah SWT akan mencatat baginya sama seperti membaca Al-Quran sebanyak 10 kali.” (Hadsit riwayat Tirmidz)

11. Untuk Ketenangan Batin

Jika rajin membaca surah yasin di pagi hari maka seseorang itu akan menperoleh ketenangan batinnya hingga sore harinya, dan bila membiasakan diri dengan membacanya ketika sore hari maka Allah SWT akan memberikan ketenangan dan kebahagiaan hingga esokan harinya.

Allah ta’ala telah berfirman di dalam Al-Quran bahwa “Ketahuilah hanya dengan berzikir dan membaca surah yasin karena Allah SWT, maka hatinya akan menjadi tenang.” (Surah Ar-ra’ad :28)

12. Menyembuhkan penyakit hati

Barang siapa yang membiasakan membaca surah Yasin, maka dapat menyembuhkan dari penyakit hati seperti iri, dengki, benci, ghibah, menyebarkan fitnah dan penyakit-penyakit hati lainnya.

13. Melindungi Dari Kejahatan

Barang siapa yang membaca di setiap harinya maka Allah SWT akan melindungi dari kejahatan seperti kemalingan, perampokan, atau penipuan.

Khasiat Surat Yasin

Berikut ini adalah khasiat dari surah Yasin bila dibaca dengan ketentuaan dengan jumlah tertentu, berikut penjelasannya

  1. Membaca satu kali maka sama dengan membaca al-Qur’an denagn Khatam sepuluh kali.
  2. Membaca sebanyak 25 kali dari rumah, maka insyaAllah memperoleh keberhasilan maksud dan tujuannya.
  3. Surat Yasin setelah baca dan ditiupkan ke air minum, maka bisa menjadi obat serbaguna.
  4. Dapat dipergunakan sebagai obat untuk sakit panas, dengan caranya surah Yasin dibacakan satu kali, ketika sampai bacaan atau lafadz “Mubiin” dengan mengikat seutas benang satu kali sampai tujuh, lalu benang tersebut diikatkan pada bahu kanan bagi yang sakit panas maka insyaAllah akan menjadi sehat kembali.
  5. Barang siapa membaca Surah Yasin saat sedang kelaparan maka insyaAllah rasa lapar menjadi hilang.
  6. Mebaca Surah Yasin dapatmenghilangkan rasa ketakutan terhadap musuh maupun orang yang ingin berbuat jahat.
  7. Ayat 29 إِن كَانَتۡ إِلَّا صَيۡحَةً۬ وَٲحِدَةً۬ فَإِذَا هُمۡ خَـٰمِدُونَ mempunyai khasiat dapat mendiamkan orang yang berkata buruk kepada kita.
  8. Khasiat Ayat 58 سَلَـٰمٌ۬ قَوۡلاً۬ مِّن رَّبٍّ۬ رَّحِيمٍ۬ bila dibaca tujuh kali kemudian digosokan pada bagian tubuh yang sakit maka akan kembali tenang.

Nah itulah sebagaian dari keutamaan yang sangat luar biasa sekali bagi yang membiasakan membacanya secara dawam atau terus menerus yang dengan niat semata-mata mencari keridhoan dari Allah Subhana Wa Ta ‘ala. Wallahu’alam.

Demikianlah pembahasan singkat tentang kandungan dan keutamaan dari surah Yasin, semoga menambah pembendaharaan ilmu dan pengetahuan kita semua. Aamiin.

Terima kasih dan Wassalam.

Artikel lainnya yang dapat anda liat diantaranya sebagai berikut :