La Tahzan Innallaha Ma’ana

1 min read

La Tahzan Innallaha Ma’ana Artinya: Pengertian dan makna ucapan yang terkandung di di dalam nya.

Assalamu’alaikum.
Pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan mengulas arti dari La Tahzan Innallaha Ma’ana, dan pengertian serta makna yang terkandung dala kalimat ini, untruk menndapatkan keterangan yang lebih detail sebaiknya mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Kalimat ini adalah sebuah ucapan yang mana saat ini sedang populer terutama di masyarakat Indonesia pada umumnya.

Kalimat ini tertulis dalam bahasa Arab adalah لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَ dan kalimat ini pula sering digunakan seseorang sebagai status dalam sosial media sosial.

Memang kalimat ungakapan ini, saat ini telah digandrungi di berbagai kalangan bahkan saat ini juga sudah menjadi kata penghias diberbagai kegiataan dalam berkomunikasi.

Baca juga: Arti Hamasah

Arti La Tahzan Innallaha Ma’ana

Kalimat La tahzan innallaha ma’ana dalam Tulisan Arabnya adalah (لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا ) dan kalimat ini memiliki arti:

“janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita” atau “janganlah berduka cita, Allah beserta kita”.

Kalimat ini berguna untuk di ucapan kepada sejumlah orang yang sedang dalam kesedihan dan juga dirundung permasalah.

Kalimta ini juga dapat dipergunakan sebagai kalimat atau kata ungkapan untuk menghibur hati agar dapat mengingatkan dirinya kepada Allah Swt.

Baca juga: Arti Fii Amanillah

Pengertian La Tahzan Innallaha Ma’ana

Pengertian dari kalimat ini terdiri dari beberapa kata dan dari tiap-tiap katanya memliki arti atau makna tersendiri dan kalimat ini bila diartikan secara kata perkata maka akan teraraikan sebagai berikut:

Tulisan LatinTulisan Arab Artinya
La (لَا)jangan
Tahzan (تَحْزَنْ)bersedih
Innallaha (إِنَّ اللَّهَ)sesungguhnya Allah
Ma’ana (مَعَنَا)bersama kita

Nah itulah arti dari kata perkata kalimat ini, dan jika di gabungkan maka akan berarti “janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita” atau “janganlah berduka cita, Allah beserta kita”.

Baca juga: Ana Uhibbuki Fillah Artinya

Dalil La Tahzan Innallaha Ma’ana

Ungkapan kalimat ini bukan hanya ucapan kalimat biasa pada umumnya, tetapi merupakan ucapan yang terdapat di dalam Al-Qur’an yakni dalam surah At-Taubah Ayat 40.

Nah itulah yang menjadi dasar bahawa ucapan ini ucapan yang baik karena bersumber dari Al-quran.

Baca juga: Arti Syafakillah

Makna Ucapan

Makna kalimat ini juga dapat bermakna ” jangan bersedih, Karena kasih sayang Allah Swt itu sangat luas.

Karena sebanarnya Allah Swt tidak akan memberikan ujian hamba-Nya, tapi karena sebab Allah cinta kepada hamba-Nya lah dengan memberikan ujian agar hambanya selalu dekat kepada-Nya

Karena Allah Swt tidak memberikan ujian seorang hamba diluar batas kemampuannya.

Baca juga: Arti Barakallah Fii Umrik

Contoh Penggunaan

Berikut di bawah ini adalah beberapa contoh penggunaan ungkapan kalimat.

  • Ketika seseorang sedang merasa kesedihan karena ditinggal oleh seseorang yang dicintai dan dikasihi. Hal demikian membuat hati merasa sedih, agar tidak larut dalam kesedihan, maka kita dapat mengucapkan kalimat la tahzan innallaha ma’ana.
  • Saat sedang merasa putus asa, putus asa karena usaha yang dijalaninya belum juga medapatkan hasil agar hati dan persaan tidak larut dalam kesedihan maka, ucapkanlah kalimat la tahzan innallaha ma’ana, semoga kesedihan agar menjadi hilang.

Nah itulah sedikit contoh situasi atau keadaan untuk menggunakan ucapan kalimat ini, agar dalam hal sesedih apapun kita selalu bisa bertahan dan kembali semangat.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Terima kasih dan wassalam.

Baca juga artikel lainya: