Lailatul Qadar

2 min read

Lailatul Qadar : Lengkap Dengan Tanda-Tanda Dan Amalannya Pada malam Lailatul Qodar.

Berikut ini uraian pembahasan tentang Lailatul Qadar lengkap dengan tanda-tanda dan amalannya.

Assalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pada kesempatan yang berbahagia ini. Waheedbaly sedikit akan coba membantu perihal tentang apa itu Lailatul Qadar berikut tanda-tanda beserta amalannya yang wajib untuk diketahui.

Lailatul Qadar
Lailatul Qadar

Baca Juga : Masbuk

Lailatul Qadar

Sebentar lagi kita akan menjumpai bulan Suci Ramadhan. Yang mana pada saat itu diwajibkan bagi seluruh umat Muslim dunia berpuasa. Serta melakukan segala amalan sholeh salah satu seperti Sholat Tarawih dan tadarusan.

Pada bulan tersebut kita mungkin akan menjumpai sebuah malam yang sangat baik serta berkah. Bahkan lebih baik dari seribu bulan yaitu malam Lailatul Qadar.

Lalu apakah yang dimaksud dengan Lailatul Qadar tersebut ?

Lailatur Qadar disebutkan dalam bahasa Arab ialah Lailat Al-Qadar ( Malam Ketetapan atau Malam kebarokahan ). Satu malam yang memiliki keistimewaan yang hanya terjadi pada saat bulan suci Ramadhan.

Sebagaimana yang diterangkan dalam Al-Quran surat Al-Qadar ayat 97 serta Surat Al-Baqaroh ayat 185.

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ، وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ, لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ، تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ، سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kalian apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turunlah malaikat-malaikat atas izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. sampai mentari terbitSurat Al-Qadar ayat 97.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

“Bulan Ramadhan, yaitu bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil).” Surat Al-Baqaroh ayat 185.

Jika terdapat seorang hamba pada saat itu mengerjakan amalan sholeh. Insya allah mereka akan memperoleh keberkahan serta kebaikan yang diberikan. Sungguh Allah SWT ( Ya Rahman ) Maha Pengasih dan Penyayang hambaNya.

Lalu bagaimana untuk mengetahui tanda-tanda malam lailatul qadar tersebut, Berikut keterangannya.

Baca Juga : Shalat Tarawih

Tanda-Tanda Lailatul Qadar

Rasulullah SAW menganjurkan umatNya untuk selalu dan terus berharaplah kepada Allah SWT agar dapat dianugerahi serta ditemukan oleh malam tersebut. Karena tidak ketahui kapan tibanya hanya menurut ketetapan Allah SWT. Namun terdapat tanda atau isyarat yang dapat ditemukan salah satunya adalah :

Udara Dan Angin

  • Udara serta angin terasa tenang, lembut, serta cerah. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW mengatakan bahwa.

لَيْلَةُ القَدَرِ لَيْلَةٌ سَمْحَةٌ طَلَقَةٌ لَا حَارَةً وَلَا بَارِدَةً تُصْبِحُ الشَمْسُ صَبِيْحَتُهَا ضَعِيْفَةٌ حَمْرَاء

“Lailatul qadar adalah malam yang memiliki kelembutan, bening, tidak panas , tidak juga dingin. Pada pagi hari mentari terbit bersinar pelan dan tampak kemerah-merahan.”

Malaikat

  • Malaikat-malaikat turun dengan memberikan ketenangan serta kedamaian sehingga mereka yang sedang mengerjakan amalan sholeh merasakan damai serta tenang tersebut.

Mimpi

  • Tanda-tanda berikutnya akan hadir melalui mimpi pada malam tersebut, Sebagaimana hal yang sama terjadi pada sebagian sahabat.

Matahari

  • Mentari terbit dengan jernih, tidak bersias tanpa sinar.

Semoga dan berharaplah agar Allah SWT serta Rasulullah SAW dapat mempertemukan malam tersebut kepada kita. Amiin Yaa Rabbalallamiin.

Baca Juga : Taqoballahu Minna Waminkum

Amalan Di Malam Lailatul Qadar

Untuk diketahui bahwasannya malam tersebut terjadi pada waktu sepuluh malam terakhir Ramadhan. Lalu temukan serta carilah pada saat malam ganjil bukan malam genap.

Terdapat pendapat dari sahabat Ubay bin Ka’ab radhiyallahu ‘anhu bahwasanya malam tersebut terjadi saat malam kedua puluh tujuh bulan Ramadhan. Untuk itu mungkin saat tahun serta bulan itu mengikuti kehendak Allah SWT.

Sebagaimana yang sudah diterangkan pada uraian diatas. Bahwa malam Lailatul Qadar adalah sebuah malam yang memiliki keistimewaan serta keberkahan. Untuk itu apa saja anjuran yang baik untuk dilakukan. Berikut uraiannya.

Qiyamul Lail

Pada malam tersebut sangat dianjurkan agar dapat mengerjakan serta perbanyak amalan sholeh. Salah satunya mengerjakan sholat, baik sholat fardhu atau pun sunah.

Membaca Al-Quran Di Malam Lailatul Qadar

Perbanyaklah membaca Al-Quran atau Tadarus pada malam tersebut serta malam lainnya dibulan Ramadhan dan karena pada malam tersebutlah Al-Quran diturunkan.

I’tikaf

I’tikaf atau berdiam diri sejenak. Untuk melakukan amalan ini sangat dianjurkan berada dimasjid guna tujuan ibadah.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW menerangkan.

أَنَّ النَّبِىَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَعْتَكِفُ الْعَشْرَ الأَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللَّهُ ، ثُمَّ اعْتَكَفَ أَزْوَاجُهُ مِنْ بَعْدِهِِ

“Sesungguhnya Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf pada sepuluh malam terakhir Ramadhan hingga beliau wafat, kemudian istri beliau beri’tikaf setelah itu.” 

Perbanyak Doa Serta Istigfar

Perbanyaklah berdoa karena doa memiliki tempat yang khusus bagi Allah SWT serta senjatanya orang-orang Mukmin. Berharaplah pertolonganNya serta keberkahanNya. Lakukan serta perbanyaklah istigfar dengan melakukan hal tersebut insya allah dosa-dosa kita akan diampuniNya serta bertaubatlah.

Penutup

Demikianlah sedikit uraian tentang pembahasan mengenai Lailatul Qadar, tanda serta amalannya. Semoga kelak kita dapat dipertemukan oleh malam tersebut dan tak lupa selalulah berharap akan pertolongan Allah SWT serta Rasulullah SAW.

Akhir kata kami ucapkan terima kasih. Wassalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam Waheedbaly.

Baca Juga :

Doa Nabi Adam

Dee
3 min read

Arti Mimpi Naik Tangga

Dee
3 min read

Arti Mimpi Bersedekah

Dee
2 min read