Manfaat Sedekah

2 min read

manfaat sedekah

Manfaat sedekah, pengertian sedekah, waktu terbaik untuk sedekah dan keutamaan sedekah akan di bahas secara lengkap di sini.

Assalamu’alaikum.
Kali ini kita akan membahas seputaran yang berkaitan dengan isi sedekah agar lebih jelas silahkan simak sampai selesai ulasan di bawah ini.

Pengertian Sedekah

Sedekah dan shodaqah memiliki arti yang sama yaitu menginfakan sebagaian harta yang dimiliki di jalan Allah Swt yang disertai rasa ikhlas dari dalam hati.

Sedekah terkadang orang banyak menilai dengan memberikan sebagian harta tetapi sedekah memiliki makna yang sangat luas.

Sedekah bisa dengan ilmu, bisa dengan sedekah tenaga, dan masih banyak lagi yang lainnya yang bisa disedekahkan untuk di jalan Allah.

Rasulullah Saw telah bersabda :

“Kamu menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan itu adalah sedekah bagimu.” (Hadist riwayat Bukhari).

Rasulullah Saw telah bersabda :

“Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah“. (Hadist riwayat At-Tirmidzi).

Dari keterangan hadist di atas jelaslah mengenai sedekah tidak hanya menggunakan harta benda melainkan dengan senyuman pun sudah bisa bersedekah.

Jadi bukan menjadi suatu alasan jika ingin bersedekah menunggu memiliki harat.

Sedekah juga bisa kita lakukan dengan berdzikir, seperti membaca tasbih, tahmid, dan juga tahlil serta segala macam perbuatan yang bisa dijadikan sebagai alat untuk bersedekah.

Harus kita mengerti bahwa semua yang kita miliki ini merupakan titipan dari Allah Swt jadi hendaknya kita pergunakan dengan sebaik-baiknya untu di jalan Allah.

Berikut ini akan kami sampaikan juga dan baik untuk kita ketahui bersama dalam mengerjakan sedekah ada waktu yang baik, walaupun semua waktu baik namun waktu ini menjadi lebih utama untuk melakukan sedekah, Penjelesan akan kami sampaikan di bawah ini.

Baca juga: Arti Istiqamah

Waktu-Waktu Yang Baik Untuk Sedekah

1. Menyegerakan Sedekah

Waktu yang baik untuk bersedakah dengan menyegerakan jika niat sudah mucul maka janganlah di tunda lagi karena khawatir syaiton akan menggoda untuk menggagalkan sedekah kita, dan waktu yang paling utama yaitu dipagi hari sebelum melakukan aktifitas pekerjaan.

2. Bersedekah di Waktu Sehat

Di waktu sehat adalah waktu yang paling tepat untuk bersedekah karena biasanya ketika kita sedang sakit biasanya ringan untuk bersedekah, karena berharap dari keutamaan sedekah tersebut bisa menjadi jalan kesembuhan pada sakit kita.

3. Bersedekah di Waktu Lapang Maupun Sempit

Jika ingin bersedekah hendaknya tidak menunggu waktu lapang saja tetapi di waktu sempit pun hendaknya kita bisa bersedekah, karena sedakah bukan saja dengan menggunakan harta melainkan apa pun yang bisa bermanfaat bagi orang lain termasuk sedekah.

4. Bersedekah di Hari Jumat

Hari jumat adalah hari yang penuh berkah ada baiknya jika segala perbuatan baik kita lakukan di hari ini terutama sedekah, karena akan menambah keberkahan dengan keutamaan di hari jumat ini.

5. Bersedekah di Waktu Bulan Ramadhan

Memperbanyak bersedekah pada bulan ramadhan mempunyai ganjaran yang sangat luat biasa, karena barang siapa yang bersedak pada bulan ramadhan ganjaran akan dilipat gandakan.

Jadi bulan ramadhan adalah waktu yang sangat baik sekali untuk kita memperbanyak bersedekah.

Baca juga: Arti Amanah dalam Islam

Manfaat dan Keutamaan Sedekah

Sedekah atau shodaqoh mempunyai manfaat dan keutamaan yang sangat besar sekali yang berguna dan terasa dampaknya untuk hidupdi dunia dan hidup di akhirat kelak. Dan diantara manfaatnya sebagai berikut:

1. Sedekah Bisa Menghapus Dosa-Dosa

Setiap manusia dipastikan pernah melakukan kesalahan atau dosa baik yang disengaja dikerjakan maupun yang tidak disengaja. Dengan amalan sedekah dan memeohon ampun kepada Allah semoga Allah mengampuni dosa-dosa tersebut.

2. Mendapat Perlindungan di Hari Akhir

Dalam sabdanya Rasulullah Saw telah mengatakan :

“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, maka ia menyembunyikan amalnya itu sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya“. (Hadist riwayat Bukhari).

3. Bersedekah Harta Akan Bertambah

Dalam hadist Rasulullah bersabda :

“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (Hadist riwayat Muslim).

Orang yang bersedekah di jalan Allah hartanya tidak akan berekurang malah pasti bertambah dan berlipat ganda.

4. Sedekah Amalan yang Tidak Pernah Putus

Dalam sebuah hadits Nabi Saw telah menegaskan bahwa sedekah merupakan amal jariyah yang pahalanya tidak pernah putus walau yang bersangkutan orangnya sudah meninggal dunia.

Rasulullah Saw bersabda :

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya : “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak yang sholeh.” (Hadist riwayat Muslim).

5. Sedekah Dapat Membersihkan dan Menyehatkan Diri

Dengan bersedekah dapat untuk menyucikan dan membersihkan diri kita dari perbuatan-perbuatan dosa yang telah kita lakukan.

Allah telah berfirman dalam Al-Quran surat At-Taubah ayat 103-104 : yang berbunyi:

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَاتَكَ سَكَنٌ لَهُمْ ۗ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ (103)

أَلَمْ يَعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ هُوَ يَقْبَلُ التَّوْبَةَ عَنْ عِبَادِهِ وَيَأْخُذُ الصَّدَقَاتِ وَأَنَّ اللَّهَ هُوَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ (104)

Artinya :

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan sedekah (zakat) itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

“Tidakkah mereka mengetahui, bahwasanya Allah menerima tobat dari hamba-hamba-Nya dan menerima sedekah (zakat), dan bahwa Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.” (Quran Surah. At Taubat ayat 103-104).

Nah inilah beberapa dari keutamaan dan manfaat sedekah, semoga bisa mejadi pengretahuan kita bersama akan manfaat bersedekah dan semoga Allah menjadikan kita menjadi hamba-Nya yang ringan untuk bersedekah dikala lapang maupun sempit.

Demikianlah pembahasan singakta mengenai keutamaan sedekah.

Terima kasih, wassalam.

Baca juga: