Mukjizat Nabi Idris

3 min read

mukjizat Nabi Idris

Mukjizat Nabi Idris, silsilah, gelar dan kisah singkat Nabi idris menikam mata iblis, akan diulas disini secara singkat dan jelas agar mudah dimengerti.

Percaya kepada para Nabi dan Rosul Allah merupakan salah satu dari bagian rukun iman, sedangkan Nabi dan Rosul Allah yang wajib diketahui berjumlah 25 Nabi, namun sebenarnya jumlah Nabi dan Rosul Allah jumlahnya sangatlah banyak tetapi kita hanya wajib mengetahui dan mengimaninya hanya kepada kepada 25 Nabi saja.

Salah satu adalah nabi Idris as, Nabi Idris as masuk dalam jumlah Nabi dan Rosul yang wajib untuk diketahui, berikut ini kita akan bahas mengenai Nabi Idris as secara singkat yaitu tenatng mukjizat, silsilah, gelar dan kisahnya.

Baca Juga: Kisah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam

Silsislah Nabi Idris as

Menurut sebuah riwayat Bukhari dalam sebuah hadist menerangkan bahwa Nabi Idris as, merupakan generasi keenam dari Nabi Adam as, Beliau merupakan keturunan dari Yarid bin Mihla’iel bin Qinan bin Anusy bin Syist bin Adam.

Nabi Idris as lahir di kota Mesir, dan ada juga yang berpendapat beliau dilahirkan di Bobilonia, Ayah Nabi Idris as adalah Yarid dan Ibunya bernama Asyut.

Ada yang berpendapat belaiu berumur 345 tahun, dan masa pemerintahan beliau kisaran tahun 4533-4288 SM ( sebelum masehi)

Nah itulah sedikit keterangan tentang silsilah dan umur serta masa pemerintahan beliau.

Berikut ini akan kami sampaikan beberapa mukjizat dari Nabi Idris as.

Baca Juga: Kisah Uwais Al-Qarni

Mukjizat Nabi Idris

Seperti para Nabi dan Rasul lainnya, beliau juga diberikan mukjizat oleh Allah swt, sebagai bekal dalam menyiarkan ajaran Allah SWT, berikut ini beberapa mujkjizat dari Nabi Idris as.

Mampu Menulis dan Membaca

Nabi Idris as adalah Nabi yang pertama yang dapat membaca dan menulis, pada masa itu tidak ada manusia satupun yang dapat menulis apalagi membaca, namum beliau diberi mukjizat oleh Allah SWT sehingga dapat membaca dan menulis.

Pengikut beliau merupakan keturunan dari Qabil yang merupakan salah putra dari Nabi Adam yang durhaka dan ingkar kepada Allah SWT, pengikut dari jalur keturunan Qabil inilah yang sering melakukan keingkaran, salah satunya adalah keingkaran mereka yaitu menyembah api dan menjadikan Tuhan mereka.

Baca Juga: Dinasti Abbasiyah

Mampu Menunggang Kuda

Mukjizat kedua Nabi Idris as yaitu, Beliau diberikan kemampuan oleh Allah SWT dapat menunggang seekor kuda, di mana pada masa itu belum ada orang yang dapat menunggang seekor kuda, maka merupakan sebuah mukjizat bagi seorang manusia yang dapat dan mampu menunggang kuda, karena kuda pada masa itu merupakan kendaraan yang sangat penting sebagai alat transfortasi.

Menguasai Ilmu Perbintangan dan Membuat Pakaian

Mukjizat lainnya yang diberikan oleh Allah adalah tentang ilmu perbintangan dan ilmu membuat pakaian dari kulit binatang, pada zaman itu belum ada orang yang mampu membuat pakian apalagi ilmu perbintangan, disela-sela waktu luang beliau mengisi waktu nya dengan membuat pakaian kemudian beliau berikan kepada orang-orang yang tidak mampu.

Pandai Memerangi Orang Yang Ingkar Kepada Allah

Dengan bekal mukjizat yang diberikan dari Allah SWT, dan bekal ilmu pengetahuannya, kekuatan dan kehebatannya, beliau berani untuk memerangi orang-orang yang ingkar kepada Allah,

Ia tidak pernah merasa takut untuk menghadapi kaumnya yang kafir, apalagi saat beliau memberikan kesadarkan kepada saudara keturunannya yaitu Qabil.

Nah itulah sebagian dari mukjizat yang dimiliki oleh Nabi Idrsi as, semoga dapat dimengerti dan bisa menambahkan keimanan kita terhadap para Nabi dan Rasul.

Baca Juga: Sejarah Islam di Arab

Gelar Nabi Idris

Seperti Nabi-Nabi lainnya yang mempunyai gelar masing-masing, Nabi Idris as juga mendapatkan sebuah gelar yang langsung diberikan oleh Allah SWT.

Berkat bekal ilmu pengetahuan dan kehebatan dan tidak pernah takut dalam memerangi orang-orang yang ingkar kepada Allah Beliau diberi gelar oleh Allah SWT dengan sebutan “Asad Al-Usud” yang memliki arti “Singa di atas segala singa”,

Itulah gelar yang dimiliki oleh Beliau yang tidak pernah merasa takut sedikitpun dalam menghadapi ummatnya yang kafir agar kembali kejalan yang benar.

Kisah Singkat Nabi Idris Menikam Mata Iblis

Semasa hidupnya Beliau terkenal akan kesholehannya, yang membuat iblis sangat iri hati.

Dalam sebuah kisah diceritakan, Nabi Idris as sedang duduk sambil menjahit baju, tiba-tiba munculah seorang pria sambil memegang sebutir telur dalam genggaman tangannya yang tepat berada di depan pintu rumahnya, ternyata pria itu adalah Iblis yang ingin mengoda

Lalu pria itu tersebut berkata ” Wahai Nabiyullah, dapatkah Tuhanmu itu memasukkan dunia ke dalam sebuah telur ini ? Dengan kepandaian yang dimilikinya sekilas Beliau sudah dapat mengetahui bahwa seorang pria ini adalah iblis yang menyamar.

Kemudian Beliaupun berkata kepada pria tersebut (iblis), “Kemarilah engaku medekatlah kepadaku dan tanyalah yang ingin engkau tanyakan kepadaku, sang Iblis menduga bahwa penyamarannya telah berhasil, kemudian iblispun datang mendekat kepada Idris as dengan rasa gembira ia menyangka bahwa penyamarannya tidak diketahui.

Setelah mendekat Iblis berkata kepada Idris as dengan pertanyaan yang serupa “dapatkah Tuhanmu memasukkan dunia ke dalam sebutir telur ini?” ujar si iblis, Idris as menjawab dengan penuh rasa keyakinan yang besar, Ya, jangankan hanya memasukkan dunia ke dalam sebutir telur yang hanya sebesar ini, Tuhan ku dapat memasukkan dunia walaupun sebesar lubang jarum, jawab Idris as.

Setelah menjawab pertanyaan Iblis, tiba-tiba sekelebat kilat Idris as langsung menghujamkan jarum yang sedang dipegangnya ke mata iblis dan langsung mengenai mata si Iblis, dan seketika itupun Iblis menjerit merasa kesakitan, ia sungguh tidak menyangka ternyata penyamarannya telah diketahui.

Setelah terkena tusukan jarum tersebut mata iblispun menjadi buta dan Iblispun seketika itu lari menghilang dari pandangan Nabi idris as.

Nah itulah cerita singkat tentang Nabi Idris as, saat menikam mata Iblis saat dalam penyamarannya. Wallahu’alam.

Demikianlah ulasan singkat mengenai mukjizat, gelar dan juga kisah antara Idris as dengan Iblis, semoga dapat menambah pengetahuan kita bersama tentang Nabi-Nabi yang wajib untuk di ketahui dalam rukun iman.

Terima kasih, wassalam.

Artikel lain yang dapat anda lihat