Nuzulul Quran

3 min read

Nuzulul Quran Artinya : Lengkap Dengan Amalan, Sejarah Dan Keutamaannya

Assalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pada kesempatan yang berbahagia ini Waheedbaly akan coba membantu menguraikan tentang. Apakah arti Nuzulul Quran secara lengkap berikut amalan, sejarah serta apa saja keutamaannya yang hendaknya patut harus diketahui.

Pengertian Nuzulul Quran

Dalam bahasa pengertian atau arti dari Nuzulul Quran ialah suatu peristiwa penting pada saat diturunkannya Al-Quran kepada Rasulullah SAW melalui Malaikat Jibril dengan berangsur-angsur berawal dari Lauh Mahfuzh ke Baitul Izzah yang berkisar sekitar 23 tahun.

Saat itu Rasulullah SAW sedang berada di Gua Hira. Lalu datanglah Malaikat Jibril menyampaikan wahyu Allah SWT tersebut.

Sebagian Ulama berpendapat bahwasanya peristiwa turunnya Al-Quran tersebut berkisar pada bulan Rabiul Awal serta sebagian lagi berpendapat diturunkan pada saat bulan Rajab serta ada juga yang berpendapat pada bulan Ramadhan.

Dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 185 menerangkan bahwa kalangan ulama sepakat berpendapat bahwa jatuh pada bulan Ramadhan. Sebagaimana hadits Al-Quran berikut menyatakan.

شهر رمضان الذى انزل فيه القرأن هدى للناس وبينت من الهدى والفرقان

Akan tetapi sebagian ulama lainnya berpendapat bahwa Nuzulul Quran jatuh pada tanggal tujuh belas bulan Ramadhan tahun empat puluh satu sejak kelahiran Rasulullah SAW. Sebagaimana dalam keterangan surat Al-Anfal ayat 41 berikut.

ان كنتم امنتم بالله وماانزلنا على عبدنا يوم الفرقان يوم التقى الجمعان

Yang dimaksud dalam keterangan diatas bertemunya dua pasukan ialah saat terjadinya pertempuran antara kaum Muslimin dengan kaum Musyrikin atau Perang Badar. Sebagaimana menurut hadits berikut.

كانت ليلة الفرقان يوم التقى الجمعان لسبع عشرة من شهر رمضان

Sehingga pada tanggal tujuh belas Bulan Ramadhan merupakan sebuah peristiwa penting bagi umat Muslim terutama Islam. Saat ketika peristiwa diturunkannya Al-Quran serta peristiwa Perang Badar.

Sehingga sampailah dengan berangsur-angsur wahyu tersebut dengan surat Al-Alaq surat pertama diturunkan dan yang terakhir surat Al-Maidah kurang lebih saat diturunkan berangsur berkisar waktu selama dua puluh dua tahun, dua bulan, dua puluh dua hari. Sebagaimana dalam firman Allah SWT surat Al-Isra ayat 106.

Lalu bagaimanakah awal sejarah Nuzulul Quran ? Berikut akan kami uraikan dengan singkat.

Baca Juga : Lailatul Qadar

Nuzulul Quran
Nuzulul Quran

Sejarah Nuzulul Quran

Berdasarkan kisah atau sejarah. Awal terjadi diturunkannya Al-Quran seperti yang diterangkan diatas bahwasanya dengan bertahap-tahap. Pada saat itu beliau. Rasulullah SAW berada didalam Gua Hira pada saat bertepatan bulan Ramadhan.

Berdasarkan keterangan Ibnu Abbas bahwasannya menerangkan Al-Quran diturunkan bertepatan saat Lailatul Qadar dengan bertahap. Sedangkan tahap berikutnya diturunkan saat dua puluh malam Lailatul Qadar selama dua puluh tahun.

Sedangkan teori tahap selanjutnya menerangkan bahwa Al-Quran diturunkan pertama pada malam Lailatul Qadar. Begitulah dengan keselanjutannya dengan bertahap-tahap.

Seketika itu datanglah Malaikat Jibril menghampiri Rasulullah SAW menyampaikan wahyu Allah SWT yang pertama ialah Surat Al-Alaq.

Berkatalah Malaikat Jibril menyuruh Rasulullah SAW berkata “bacalah”. Akan tetapi beliau berkata “aku tidak bisa membaca” sehingga seketika itu Jibril pun mendekap beliau lalu berkata lagi “bacalah” sampai berulang tiga kali.

Lalu Jibril pun melepaskan dekapannya kepada beliau lalu mengucapkan surat Al-Alaq ayat 1-5.

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ. خَلَقَ الْإِنسَانَ مِنْ عَلَقٍ. اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ. الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ. عَلَّمَ الْإِنسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran qalam (pena). Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.”

Setelah beliau mengucapkan wahyu pertama tersebut tak lama Malaikat Jibril pun pergi menghilang meninggalkan beliau dalam keadaan gundah gelisah akhirnya beliau Rasulullah SAW pun pulang lalu menemui istri beliau yaitu Khadijah meminta agar untuk menyelimuti tubuhnya. Lalu menceritakan hal yang telah terjadi sebelumnya kepada istrinya Khadijah.

Baca Juga : Masbuk

Amalan Nuzulul Quran

Terdapat banyak cara amalan untuk dikerjakan saat Nuzulul Quran. Bahkan Rasulullah SAW sangatlah menganjurkan umatNya agar dapat mengamalkan dengan membaca Al-Quran serta memperbanyak ibadah lainnya. Berikut akan kami uraikan beberapa amalan yang baik untuk dilakukan.

Membaca Al-Quran

Dahulu berdasarkan riwayat seorang sahabat bernama Abdullah Bin Abbas menerangkan bahwa ” Tak kala Jibril menghampiri saat bulan Ramadhan, beliau selalu menjumpai Rasulullah SAW sedang membaca Al-Quran lalu beliau (Jibril) pun ikut bersama” (HR.Bukhari).

Sholat Malam

Pada saat malam Nuzulul Quran apa lagi bertepatan saat bulan Ramadhan. Alangkah baiknya perbanyak menunaikan sholat malam.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW menerangkan ” Siapapun yang mengharapkan berkah karena keimanan lalu perbanyak menunaikan sholat malam. dosa yang lalu akan diampuni” (HR.Bukhari).

I’tikaf

Untuk amalan selanjutnya yang dapat kita lakukan ialah beri”tikaf atau berdiam diri. Sangatlah dianjurkan berada didalam masjid dan tak lupa perbanyaklah zikir, sholawat serta berdoa. Tak lupa melakukan amalan lainnya semata-mata untuk mengharapkan berkah serta ridho Allah SWT dan Rasulullah SAW.

Baca Juga : Shalat Tarawih

Keutamaan Nuzulul Quran

Nuzulul Quran merupakan malam yang memiliki keistimewaan dan penuh keberkahan. Sebagaimana yang diketahui bahwa satu peristiwa saat diturunkannya Al-Quran.

Untuk diketahui apa saja keutamaannya berikut akan kami coba bantu menguraikan beberapa antaranya.

  • Sebagaimana yang kita ketahui bahwa malam Nuzulul Quran merupakan malam kemuliaan serta lebih baik dari seribu bulan. Berdasarkan firman Allah SWT dalam surat Al-Qadar ayat 3.
  • Dosa akan diampuni jika kita dalam melaksanakan serta menghidupkan suasana malam tersebut dan mengharapkan keberkahan. Semisal dengan menunaikan shalat malam.
  • Karena malam tersebut merupakan malam yang penuh dengan keberkahan serta keistimewaan maka hendaknya lakukanlah semata-mata mengharapkan berkah dan barokah Allah SWT dan Rasulullah SAW.
  • Pada malam tersebut banyak malaikat-malaikat turun atas seijinnya serta mengatur segala urusan hambaNya.
  • Malam Nuzulul Quran adalah malam catatan takdir dimana segala urusan akan dicatat, Seperti mencatat urusan hidup, mati serta rejeki dan lainnya.

Untuk itulah mari kita berusaha dan semoga ditolong jangan sampai melewatkan jika hendak mengharapkan ridho Allah SWT serta Rasulullah SAW.

Penutup

Demikianlah sedikit uraian pembahsasan tentang Nuzulul Quran lengkap beserta sejarah, amalan dan keutamaannya. Semoga dapat membantu untuk diketahui terutama sekali terus dan berharaplah kepada Allah SWT serta Rasulullah SAW agar diberi kemudahan serta pertolongan.

Akhir kata kami ucapkan terima kasih. Wassalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam Waheedbaly.

Baca Juga :

Lirik Lagu Tiket Suargo

wahed234
1 min read

Bacaan Tasbih

Santri Angga
2 min read

Lirik Alfa Sholallah

wahed234
1 min read