Pengertian Tasamuh

3 min read

Berikut uraian pembahasan tentang pengertian tasamuh, contoh serta manfaat tasamuh.

Assalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pada uraian berikut Waheedbaly coba membantu ketahui perihal maksud dari pengertian tasamuh, fungsi, contoh serta manfaat tasamuh. Agar tercipta kehidupan rukun harmonis serta sejahtera.

Baca Juga : Taawun Artinya

Pengertian Tasamuh
Pengertian Tasamuh adalah sebuah sikap tenggang rasa, saling menghormati serta menghargai antar umat beragama

Pengertian Tasamuh

Manusia pada dasarnya adalah sebagai makhluk sosial yang mana akan selalu membutuhkan bantuan lainnya. Namun, bukan tidak mungkin kontroversi atau masalah muncul selama hidup. Itu sebabnya umat Muslim haruslah mempunyai sifat Tasamuh tersebut.

Dalam pengertian luas, Tasamuh sendiri ialah suatu sikap yang memiliki rasa tenggang rasa atau kepedulian, menghormati serta menghargai manusia lain pada umumnya.

Sedangkan pengertian bahasa arab, tasamuh sendiri berarti suatu sikap dalam berbuat kebaikan, lemah lembut serta pemaaf. Sehingga tercipta suatu akhlak yang baik dan terpuji.

Jadi yang jelas bahwa pengertian tasamuh tersebut adalah suatu sikap tenggang rasa atau kepedulian antar sesama lalu bersedia menerima opini orang lain yang ditanggapinya.

Seperti bangsa ini yang memiliki beragam suku, bahasa serta ras sudah tentu bersikap tasamuh harus dikedepankan jangan mengikuti kehendak diri sendiri.

Terdapat beberapa hadits tentang penting bertasamuh antar umat beragama serta antar masyarakat, seperti :

Dalil Tasamuh

Dalam Al-Quran sendiri juga telah menjelaskan betapa pentingnya sikap tersebut, sebagaimana tertuang dalam Firman Allah SWT surat Al-Maidah ayat 5:8 menerangakan bahwa :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُونُواْ قَوَّٰمِينَ لِلَّهِ شُهَدَآءَ بِٱلۡقِسۡطِۖ وَلَا يَجۡرِمَنَّكُمۡ شَنَ‍َٔانُ قَوۡمٍ عَلَىٰٓ أَلَّا تَعۡدِلُواْۚ ٱعۡدِلُواْ هُوَ أَقۡرَبُ لِلتَّقۡوَىٰۖ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَۚ إِنَّ ٱللَّهَ خَبِيرُۢ بِمَا تَعۡمَلُونَ ٨

Artinya :

“Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS. Al-Maidah (5): 8)

Serta dalam Al-Quran Surat Al-Hujarat ayat 49:10 menerangkan bahwa :

إِنَّمَا ٱلۡمُؤۡمِنُونَ إِخۡوَةٞفَأَصۡلِحُواْ بَيۡنَ أَخَوَيۡكُمۡۚ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمۡ تُرۡحَمُونَ

Artinya :

“Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat” (al-Hujuraat (49): 10

Hadist Tasamuh

Sabda Rasulullah SAW menegaskan bahwa :

حَدَّثَنَا قَتَادَةُ ، عَنْ أَنَسٍ ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ : لاَ يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لأَخِيهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ.

Artinya :

“Telah menceritakan kepada kami Qatadah, dari Anas radhiyallaahu ‘anhu, dari Nabi Muhammad SAW beliau bersabda: “Tidak sempurna iman diantara kalian semua, sehingga orang tersebut mencintai saudaranya seperti mencintai dirinya sendiri” (HR. Bukhari)

عَنِ الزُّهْرِيِّ ، قَالَ : حَدَّثَنِي أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ : لاََ تَبَاغَضُوا ، وَلاَ تَحَاسَدُوا ، وَلاَ تَدَابَرُوا وَكُونُوا عِبَادَ اللهِ إِخْوَانًا ، …….. الخ

Dari az-Zuhri berkata, menceritakan kepadaku Anas bin Malik radhiyallaahu ‘anhu, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: “Janganlah kalian saling membenci, saling mendengki, dan saling membelakangi, dan jadilah kalian semua sebagai hamba Allah yang saling bersaudara…..   (HR. Bukhari)

“Perumpamaan orang-orang mukmin dalam hal saling mengasihi, saling belas kasih dan saling cinta itu bagaikan satu jasad (tubuh). Apabila salah satu anggota tubuh ada yang mengelu, maka seluruh anggota (tubuh) yang lain gelisah dan panas demam”. (H.R. Bukhari)

Baca Juga : Yang Membatalkan Sholat

Fungsi Dan Manfaat Tasamuh

Fungsi Tasamuh

Alangkah baiknya jika kita dapat berlaku tasamuh tersebut serta dapat menunaikan apa yang diperintah Allah SWT serta Rasulullah SAW.

Apa lagi pada jaman sekarang yang sudah tentu sangat jarang kita temukan seseorang yang memiliki sikap tersebut karena sibuk dengan urusan dunia. Tanpa mementingkan orang awam sekelilingnya.

Rasulullah SAW selalu menasehati teman-temannya bahwa jika kita ingin mengurangi beban dan kesulitan kita.

Kita harus selalu membantu meringankan kesulitan sesama muslim kita. Terutama saudara sendiri serta masyarakat sekitar.

Ada beberapa fungsi keutamaan yang akan kita dapatkan jika berlaku baik seperti tersebut, beberapa salah satunya adalah.

  • Dapat memperkuat hubungan silaturahmi.
  • Dapat dipermudahkan segala urusan yang sedang diusahakan.
  • Memperingan kesulitan yang sedang dihadapi.
  • Tercipta suatu hubungan yang harmonis serta rukun.

Manfaat Tasamuh

Dengan bersikap tasamuh tersebut tidaklah akan merugikan diri malah akan mendapatkan kebalikan serta kemudahan. Terlebih lagi dari Allah SWT serta Rasulullah SAW.

Untuk itu alangkah baiknya mari kita mulai sekarang berusaha belajar untuk bersikap Tasamuh tersebut sebagaimana perintah Allah SWT serta Rasulullah SAW.

Berikut manfaat jika kita bersikap tasamuh, seperti.

  • Hidup senantiasa sejahtera tanpa berlaku mencurigai.
  • Allah SWT serta Rasulullah akan memberi jalan yang baik sehingga kita terhindari segala perkara buruk, Seperti berselisih paham antar saudara.
  • Sehingga Allah pun dengan senang hati bahkan ridho menaikkan derajat kita.
  • Lalu akan mendapatkan diri dari bersikap takabur.

Baca juga : Arti Tawadhu

Contoh Tasamuh

Perilaku tasamuh tersebut alangkah baiknya mulai kita lakukan serta terapkan dengan segera sehingga akan menjadi contoh anak-anak kita kelak dimasa depan.

Berikut beberapa contoh dari bersikap tasamuh, seperti berikut :

Pengertian Tasamuh Terhadap Teman Serta Sahabat

  • Bersikap tasamuh antar sahabat serta teman tercipta saling memiliki rasa kerukunan yang terjalin.
  • Serta kalian tidak akan membeda-bedakan siapa kawan atau sahabat kalian dari golongan kaya atau miskin.
  • Kalian tentunya akan bahu membahu tolong menolong jika teman atau sahabat kalian dalam kesusahan.

Pengertian Tasamuh Terhadap Saudara Seiman

Jika kalian mencintai serta menyayangi Rasulullah SAW alangkah baiknya mari kita ikuti sebagaimana anjuran beliau, serta tak lupa perbanyaklah sholawat serta beri salamlah kepada Rasulullah SAW.

Jadikanlah saudara seiman serta saudara lainya adalah saudara jangan pandang ras serta golongan.

Pengertian Tasamuh Terhadap Non Muslim

Sebagaimana yang telah diuraikan diatas tentang pengertian tasamuh bahwa berarti bersikap serta berlaku toleransi antar sesama tidak membedakan antar golongan serta ras.

Sehingga jika berlaku tasamuh tersebut sudah tentulah tercipta sebuah keharmonisan serta kerukunan antar agama.

Penutup

Mari kita jalankan berlaku tasamuh agar tercipta suatu hubungan yang erat antar sesama manusia, sehingga akan mendapatkan suatu kemudahan serta keridhoan Allah SWT. Tak lupa perbanyak sholawat serta ucapkan salam kepada Rasulullah SAW.

Demikianlah sedikit uraian pembahasan tentang pengertian tasamuh beserta fungsi dan manfaat apa saja yang akan kita dapati. Semoga dengan sedikit tulisan ini dapat membantu ketahui.

Akhir kata kami ucapkan terima kasih, semoga bermanfaat.

Wassalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca Juga :

Hayyul Hadi Lirik

wahed234
1 min read

Lirik Lagu Tiket Suargo

wahed234
1 min read

Bacaan Tasbih

Santri Angga
2 min read