Penulisan Catatan Kaki yang Benar dan Contohnya

2 min read

catatan kaki

Penulisan Catatan Kaki yang Benar dan Contohnya – Apakah Anda tahu apa itu catatan kaki? Penggunaan catatan biasanya ditemukan dalam pernyataan yang ditambahkan di bagian bawah halaman atau di halaman terakhir bab tentang informasi ilmiah. Ada banyak contoh catatan kaki yang dapat digunakan untuk menjelaskan dan menjelaskan kutipan dari mana itu diperoleh.

Jadi, apa yang dimaksud dengan catatan kaki tidak tertulis di kaki atau di tapak kaki. Tetapi catatan kaki ditulis di akhir diskusi dalam sebuah teks atau teks, yang dapat digunakan dalam karya ilmiah.

catatan kaki

Catatan kaki adalah daftar informasi khusus yang ditempatkan di bagian bawah, di setiap lembar atau di akhir bab tentang informasi ilmiah. Catatan kaki umumnya digunakan untuk memberikan informasi dan komentar. Ini berfungsi sebagai sarana untuk menjelaskan sumber janji temu atau sebagai panduan untuk menulis daftar bacaan.

Dengan membuat catatan kaki, Anda akan menjelaskan dari mana sumber janji temu berasal, apakah itu penunjukan langsung atau tidak langsung. Di setiap teks, catatan kaki akan ditandai dengan angka. Nomor tersebut akan langsung terkait dengan informasi dalam catatan kaki.

Tujuan penulisan catatan kaki

Contoh Catatan Kaki

Tujuan dari penulisan catatan kaki adalah untuk mengumpulkan bukti dari karya tulis dari mana sumber itu diperoleh, serta ungkapan untuk menyatakan terima kasih. Kepada penulis yang pendapatnya dikutip, ketika menyajikan informasi tambahan.

Selain memperkuat uraian informasi, esensi penulisan bahan penjelas insidental yang kurang penting. Untuk meningkatkan tampilan yang dipertahankan dan berkonsultasi dengan bagian lain dari teks, seperti deskripsi pada halaman lain, sebelum atau sesudah. Untuk lebih jelas lihatlah contoh catatan kaki ini

Fungsi footer

Catatan kaki contoh

Dalam penggunaan catatan kaki, penggunaannya umumnya digunakan dan ditempatkan dalam contoh artikel atau karya ilmiah seperti tesis, tesis dan lain-lain. Atau sering digunakan sebagai informasi dalam referensi yang ditempatkan pada lembar terakhir dari makalah ilmiah atau teks.

Berikut ini adalah beberapa fungsi catatan kaki.

Catatan kaki berfungsi untuk memberikan deskripsi dan penjelasan, mengenai kompilasi kutipan dan daftar bacaan. Sehingga pembaca dapat memahaminya dengan mudah.
Fungsi kedua catatan kaki adalah untuk menghargai di mana kutipan diperoleh, sehingga para pembaca makalah ilmiah mengetahui sumber kutipan.
Yang ketiga adalah menunjukkan referensi atau referensi, sehingga pembaca karya ilmiah dapat memahami dan mengetahui. Tinjauan yang lebih jelas tentang istilah yang digunakan dalam penulisan.

Cara menulis catatan kaki

Catatan kaki contoh

Berikut adalah beberapa cara yang baik dan benar untuk menulis catatan kaki.

Catatan kaki dipisahkan dengan garis sepanjang 14 karakter dan margin kiri dengan spasi 4 teks
Gunakan spasi
Berikan nomor untuk setiap bab dan judul secara tertulis.
Berikan nomor catatan kaki dengan jarak 6 karakter dari kiri
Berikan jarak atau jarak yang sama antara catatan kaki pertama dengan catatan kaki kedua dan catatan berikut
Saat menulis baris terakhir, catatan kaki terpisah 3 cm, mulai dari bawah
Untuk informasi yang sama dan ditulis berurutan dengan kata ibid
Jika penulisan tidak berurutan, ketikkan op. cit, lih.
Menulis nama penulis tidak perlu dibalik
Jika ada dua atau tiga orang dalam penulisan nama penulis, semuanya ditulis
Jika ada tiga penulis dalam nama penulis, hanya nama penulis pertama yang ditulis, maka kata lain
Pangkat atau judul tidak perlu ditulis atas nama penulis.
Judul buku harus dicetak miring atau dicetak tebal jika ditulis melalui mesin tik atau komputer

Contoh catatan kaki dan metode penulisan

Penulisan Catatan kaki yang Benar

Berikut adalah beberapa contoh catatan kaki yang dapat Anda gunakan sebagai contoh catatan kaki, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Contoh catatan kaki dengan 1 hingga 3 penulis

Catatan kaki saat menulis referensi dalam buku yang ditulis oleh satu hingga tiga penulis, maka dalam penulisan yang benar sebagai berikut.

Chairil Anwar, Deru Campur Debu, (Jakarta: PT GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA, 1992), hlm. 9.

Abdul Khalik, Rapi Armad, Bagus Kuncoro, Belajar Bahasa Indonesia, (Surabaya: Dwikarya, 2009), hlm. 25.

Contoh catatan kaki 4 atau lebih dari penulis

Contoh penulisan catatan kaki jika referensi ditulis melalui buku menggunakan empat atau lebih penulis, dapat ditulis sebagai berikut.

Mahmud Efendi, dkk. Bahasa dan sastra Indonesia, (Solo: Citra Aji Pratama, 2008), hlm. 47

Contoh catatan kaki ke Internet

Dwi Fajar, “Menjadi Manusia dengan Selalu”, diakses dari http://infoana.com/example-catat-kaki/, pada 18 April 2017 pukul 10:27.

sumber : https://rumus.co.id/

7 Tingkatan Neraka

Santri Angga
2 min read

Tanda-Tanda Hari Kiamat

Santri Angga
5 min read

Manfaat Sedekah

Santri Angga
2 min read