Penyebab Doa Tidak Dikabulkan

3 min read

7 penyebab doa tidak dikabulkan

7 penyebab doa tidak dikabulkan, beberapa penyebabnya akan di ulas dalam artikel ini guna menambah pengetahuan dan wawasan kita semua.

Dalam berdoa hendaknya kita harus memperhatikan tempat dan waktu yang mustajab dalam berdoa, tetapi tidak kalah pentingnya juga kita harus mengetahui mengapa doa kita belum juga dikabulkan, berikut ini akan disampaikan hal-hal yang menjadi penyebab doa kita tertahan atau belum dikabulkan.

Baca Juga : 15 Waktu Mustajab Untuk Berdoa

7 Penyebab Doa Tidak Dikabulkan

Diantara penyebab doa tidak dikabulkannya ialah sebagai berikut :

1. Memutusan Tali Silaturahmi

Dalam sebuah hadits Nabi SAW telah dijelaskan :

ﻭَﻋَﻦ ﻋﺒَﺎﺩَﺓ ﺑﻦ ﺍﻟﺼَّﺎﻣِﺖ ﺭَﺿِﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋَﻨﻪُ ﺃَﻥ ﺭَﺳُﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳﻠﻢ ﻗَﺎﻝَ ‏( ﻣَﺎ ﻋﻠﻰ ﺍﻷَﺭْﺽ ﻣُﺴﻠﻢ ﻳَﺪْﻋُﻮ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﺪﻋﻮﺓ ﺇِﻟَّﺎ ﺁﺗَﺎﻩُ ﺍﻟﻠﻪ ﺇِﻳَّﺎﻫَﺎ ﺃَﻭ ﺻﺮﻑ ﻋَﻨﻪُ ﻣﻦ ﺍﻟﺴﻮﺀ ﻣﺜﻠﻬَﺎ ﻣَﺎ ﻟﻢ ﻳﺪﻉ ﺑﺈﺛﻢ ﺃَﻭ ﻗﻄﻴﻌﺔ ﺭﺣﻢ ‏)

Dari ‘Ubadah bin Shomit ra. Rosululloh SAW telah bersabda :

Artinya : ”Tidaklah seorang muslim itu telah berdoa di atas permukaan bumi ini dengan suatu doa, melainkan Alloh SWT akan mengabulkannya atau juga mencegahnya dari keburukan, sepertinnya selama dia tidak berdoa dalam dosa dan memutuskan hubungan tali silaturahim”

Penjelasan : maksud doa di atas yaitu kita tidak boleh mendoakan seseorang untuk keburukan dirinya, dan tidak berdoa dalam rangka memutuskan silaturahmi seseorang.

2. Berpakaian dan Makan Yang Haram

Memakan dan berpakaian dengan berasal dari jalan yang haram didapat merupakan salah satu penyebab doa tidak diijabah oleh Allah SWT.

Dalam Sebuah keterangan hadits telah dijelaskan :

ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ : ﺛُﻢَّ ﺫَﻛَﺮَ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞَ ﻳُﻄِﻴﻞُ ﺍﻟﺴَّﻔَﺮ َ ﺃَﺷْﻌَﺚَ ﺃَﻏْﺒَﺮَ، ﻳَﻤُﺪُّ ﻳَﺪَﻳْﻪِ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﺴَّﻤَﺎﺀِ، ﻳَﺎ ﺭَﺏِّ، ﻳَﺎ ﺭَﺏِّ، ﻭَﻣَﻄْﻌَﻤُﻪُ ﺣَﺮَﺍﻡٌ، ﻭَﻣَﺸْﺮَﺑُﻪُ ﺣَﺮَﺍﻡٌ، ﻭَﻣَﻠْﺒَﺴُﻪُ ﺣَﺮَﺍﻡٌ، ﻭَﻏُﺬِﻱَ ﺑِﺎﻟْﺤَﺮَﺍﻡِ، ﻓَﺄَﻧَّﻰ ﻳُﺴْﺘَﺠَﺎﺏُ ﻟِﺬَﻟِﻚَ؟ ”

Dari Abi Huroiroh ra. Nabi SAW telah bersabda yang berbunyi sebagai berikut : Kemudian (Rasulullah SAW ) mengatakan seseorang yang selesai melakukan perjalanan jauh dan rambutnya kusut lagi berdebu, mengangkat tangannya ke atas langit sambil mengatakan : ”Yaa Rabbi, Yaa Rabbi, sedangkan ia makan dari makanan yang haram, pakaian yang dipakainya juga haram, dan ia dipenuhi dengan hal yang harom, maka bagaimana mungkin doanya akan diterima ? (Hadist riwayat Muslim)

Penjelasan doa diatas adalah : Lama dalam bepergian, yang dalam rangka beribadah terhadap Alloh seperti Ziarah, Haji dan bersilaturahmi.

Namum tanpa ia sadari semua ibadahnya itu tertolak, karena ia banyak mengkonsumsi minuman dan makanan yang haram serta pakaian yang dipakai berasal dari yang haram cara mencarinya.

Jadi jelas semuanya ini membuat doa tidak dikabulkan bila berdoa atau memohon kepada Allah.

Baca Juga : 7 Amalan Penarik Rezeki

3. Putus Asa Dalam Berdoa

Sikap putus asa serta tergesa-gesa dalam pengharapan agar doa segera terkabul, merupakan sikap yang kurang baik dan juga merupakan penghalang terkabulnya sebuah doa yang kita mohonkan.

Keterangan dari sebuah hadist yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW telah bersabda :

ﻳﺴﺘﺠﺎﺏ ﻷﺣﺪﻛﻢ ﻣﺎ ﻟﻢ ﻳﻌﺠﻞ ﻳﻘﻮﻝ ﺩﻋﻮﺕ ﻓﻠﻢ ﻳﺴﺘﺠﺐ ﻟﻲ

“ Doa yang dimohonkan seseorang di antara kalian akan dikabulkan, selama dia itu tidak terburu-buru. Dirinya berkata, ‘Aku telah berdoa namun tidak juga terkabul.’

Penjelasan : Makna hadist di atas bahwa dalam berdoa sepatutnya disertai rasa penuh keyakinan bahwa doanya kita pasti akan dikabulkan, karena Allah SWT adalah Dzat yang maha mengabulkan dan juga maha pemberi dan tidak terburu untuk dikabulkan atas doa yang kita mohon, Karena Allah maha mengetahui segala yang menjadi kebaikan bagi hamba-Nya.

Firman Allah dalam Al-Quran yang berbunyi

ﻭَﻗَﺎﻝَ ﺭَﺑُّﻜُﻢُ ﺍﺩْﻋُﻮﻧِﻲ ﺃَﺳْﺘَﺠِﺐْ ﻟَﻜُﻢْ

Artinya :” Dan Rabbmu berfirman, ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. ” (Quran surah. Al-Mu’min:60)

4. Tidak Memiliki Rasa Penuh Harap Dalam Berdoa

Tidak memiliki rasa penuh harap dalam berdoa dan tidak memiliki tekad yang kuat merupakan pengahalang akan suatu doa agar cepat terkabul.

Dalam sebuah hadits Nabi SAW telah disampaikan :

ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲ ﻫُﺮَﻳْﺮَﺓَ، ﻗَﺎﻝَ : ﻗَﺎﻝَ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲُّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ : ” ﻟَﺎ ﻳَﻘُﻮﻟَﻦَّ ﺃَﺣَﺪُﻛُﻢْ : ﺍﻟﻠﻬُﻢَّ ﺍﻏْﻔِﺮْ ﻟِﻲ ﺇِﻥْ ﺷِﺌْﺖَ، ﺍﻟﻠﻬُﻢَّ ﺍﺭْﺣَﻤْﻨِﻲ ﺇِﻥْ ﺷِﺌْﺖَ، ﻟِﻴَﻌْﺰِﻡْ ﻓِﻲ ﺍﻟﺪُّﻋَﺎﺀِ، ﻓَﺈِﻥَّ ﺍﻟﻠﻪَ ﺻَﺎﻧِﻊٌ ﻣَﺎ ﺷَﺎﺀَ، ﻟَﺎ ﻣُﻜْﺮِﻩَ ﻟَﻪُ .

Nabi Shallallahu ‘alaihi Wasallam telah bersabda : ”janganlah salah seorang dari kalian mengatakan : “Ya Alloh ampunilah aku bila Engkau mau, Ya Allah kasihanilah aku bila Engkau mau, hendaknya kalian bertekad kuat dalam berdoa dan memohon, sesungguhnya jika Alloh SWT berkehendak maka tiada yang dapat memaksakan atsa kehendak-Nya. (Hadist riwayat Muslim).

5. Melakukan Dosa dan Belum Bertaubat

Dosa dapat memberikan akibat bagi para pelakunya dan atas dosa yang diperbuat akan menjadi penyebab doa jadi terhalang untuk dikabulkan, jika demikian hendaknya bertaubat terlebih dahulu dengan perbanyak membaca Istighfar dan berzikir agar hati menjadi beresih dan dosa diampuni.

6. Tidak Khusyu Dalam Berdoa

Dalam berdoa dianjurkan untuk khusyu, merendah diri dihadapan Allah dan penuh pengharapan agar doa dikabulkan oleh Allah SWT, jika berdoa dengan tidak khusyu itu merupakan suatu penyebab doa susah dikabulkan.

Allah telah berfirman dalam Al-Quran yang berbunyi sebagai berikut :

ﺍﺩْﻋُﻮﺍْ ﺭَﺑَّﻜُﻢْ ﺗَﻀَﺮُّﻋﺎً ﻭَﺧُﻔْﻴَﺔً ﺇِﻧَّﻪُ ﻻَ ﻳُﺤِﺐُّ ﺍﻟْﻤُﻌْﺘَﺪِﻳﻦَ

Artinya : “ Berdoalah kepada Rob mu dengan merendahkan diri dan dengan suara yang lembut .” (Quran surat. Al-A’raf:55)

7. Tidak Merendahan Diri di Hadapan Allah

Dalam berdoa diajurkan untuk merendahkan diri dihadapan Allah yang Maha Besar, yang Maha Tinggi dan yang Maha Berkuasa, dalan hal ini kita diwajibkan merendahkan diri dan mengaku bahwa kita dalah mahluk yang rendah, hina dan juga tidak mempunyai kemapuan apa-apa, tanpa pertolongan Allah.

Hal yang demikian berarti kita beserah diri dan mangaku tidak dapat berbuat apa-apa tanpa bertolongan dan kuasanya Allah, dengan rasa rendah dihadapan Allah mudah-mudahan Allah akan mengasihani kita dan kan mengabulkan doia kita.

Oleh sebab itu merasa mempunyai kemapuan atau tidak merendahkan diri ketika berdoa akan menjadi penghalang untuk terkabulnya sebuah doa.

Baca Juga : Doa Minta Jodoh

Kisah Ibrahim bin Adham

Pada sebuah kisah Ibrahim bi Adham, pada suatu hari Ibrahim bin Adham berjalan melintas di pasar Bashrah, kemudian ada orang-orang yang sedang berkumpul bergerumun seraya ada yang berkata,

“Wahai Abu Ishaq, apa penyebab doa kami belum dikabulkan padahal kami selalu berdoa sepanjang waktu.,,

Abu Ishaq pun menjawab, “Doa kalian belum dikabulkan Karena hati kalian telah mati dikarenakan 10 hal, yaitu

  • Kalian mengaku mengenal Allah namun enggan melaksnakan hak-Nya.
  • Kalian mengaku mencintai Nabi Muhammad SAW, sebagai Rasulullah mu tetapi kalian tidak mengikuti sunnahnya.
  • Kalian selalu membaca Al-Quran namun tidak mengamalkannya isinya.
  • Kalian beri nikmat oleh Allah SWT tetapi tidak mensyukurinya.
  • Kalian berkata syaithon itu musuh kalian namun tidak berani menentangnya.
  • Kalian mengatakan surga itu haq tetapi tidak pernah berbuat untuk menggapainya.
  • Kalian mengatakan neraka itu benar adanya tapi kalian tidak mau lari menghindar darinya.
  • Kalian mengatakan kematian itu pasti tetapi kalian tidak pernah bersiap untuknya.
  • Kalian ketika terbangun dari tidur lalus sibuk memperbincangkan keburukan orang lain namum lupa memperbaiki dirinya sendiri.
  • Kalian tidak mengambil pelajaran dari saudara mu yang meninggal dunia.

Nah itulah penyebab-penyebab doa yang tidak dikabulkan oleh Allah SWT, setelah kita mengetahui beberapa penyebab doa tidak dikabulkan semoga kita mendapatkan pertolongan Allah untuk bisa menghindari penyebab doa-doa yang tidak dikabulkan, wallahu’alam.

Demikianlah ulasan singkat mengenai 7 penyebab doa tidak dikabulkan, semoga bisa menjadikan manfaat untuk kita semua.

Terima kasih, wassalam.

Artikel lain yang bisa anda lihat sebgai berikut :

Arti Tafadhol

Santri Angga
1 min read

Arti Jazakallah Khairan

Santri Angga
2 min read

Doa Masuk Kelas

Santri Angga
2 min read