Shalat Istikharah

2 min read

SHOLAT ISTIKHARAH

Tata Cara Shalat Istikharah, Bacaan Niat, Cara Pelaksanaan, Waktu, dan Doanya, ditulis Dalam Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Shalat istikharah merupakan shalat sunnah yang dikerjakan untuk memohon petunjuk dan keberkahan kepada Alloh swt, dalam rangka menentukan suatau perkara untuk menghapus keraguan dalam menentukan sebuah keputusan sehingga hati mantap untuk menentukan pilihan.

Karena dalam kehidupan ini pasti suatu saat akan dijumpai hal-hal yang membuat kita bingung untuk menentukan pilihan yang sangat penting, contohnya pada saat menentukan suatu pekerjaan, menentukan jodoh, dan perkara-perkara lainnya.

Maka dalam ajaran Islam hendaknya dalam menetukan suatu perkara apapun janganlah lupa untuk mengikut sertakan Alloh, karena manusia adalah makluk yang lemah yang tak luput dari khilaf dan salah oleh sebab itu jika kita bersama Alloh, mudah-mudahan langkah kita salalu mendaptkan petunjuk dari-Nya, aamiin.

Nah itulah mengapa kita dianjurkan untuk melaksanakan sholat istikharah dalam menentukan keputusan yang terbilang berat maupun ringan.

Berikut ini akan disampaikan lafadz niat sholat sunnah istikharah

Niat Sholat Istikharah

bacaan-niat-sholat-istikharah

Bacaan niat sholat istikharah lengkap dengan tulisan arab, latin dan disertai artinya.

Bacaan Nait Shalat Istikharah Arab

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Bacaan Nait Shalat Istikharah Latin

“Ushollii sunnatal istikhoroti rok’ataini lillaahi ta’aalaa”.

Artinya ;

“Aku berniat mengerjakan sholat sunnah istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Ini adalah bacaan niatnya semoga kita bisa dengan mudah untuk bisa menghafaalnya, dan diberi peertolongan untuk bisa mengamalkannya, aamii n.

Setelah kita mengetahui bacaan niat, lalu bagaimana cara melakukan sholat istikharah? Sholat isttikharah sama seperti sholat pada umumnya hanya berbeda bacaan atau lafadz niatnya saja.

Berikut ini kami tuliskan tata cara mengerjakan sholat ini.

Baca Juga : Sholat Jenazah

Tata Cara Shalat Istikhoroh

Cara mengerjakan sholat ini sama dengan sholat wajib lainnya dengan jumlah rokaatnya dua dan lebih diutamakan dikerjakan dimalam hari atau disepertiga malam, namum diwaktu-waktu lainpun diperbolehkan asal bukan diwaktu yang dilarang untuk mendirikan sholat.

Berikut tata caranya sebgai berikut :

  1. Sebelum memulai sholat terlebih dahulu diperhatikan kebersihan tempat sholat dari najis, dan berwudhu dengan sempurna
  2. Berniat atau membaca niat, letak niat didalam hati seraya bertakbir untuk takbirotul ikhrom
  3. Setelah takbirotul ikhrom membaca doa iftitah
  4. Kemudian dilanjutkan membaca surah Al fatehah dan dilanjutkan dengan membaca surah pendek boleh surah Al Kafirun atau Ayat Kursy
  5. Setelah itu melakukan Rukuk dengan tuma’ninah
  6. Setelah Rukuk, I’tidal dengan tuma’ninah
  7. Dilanjutkan dengan sujud pertama dengan tuma’ninah
  8. Lalu duduk diantara dua sujud kemudian kembali sujud yang kedua dengan tuma’ninah
  9. Setelah sujud bangun kembali untuk melanjutkan rokaat yang kedua di ulangi seperti gerakan pertama sampai selesai
  10. Terakhir ditutup dengan salam

Nah itulah tata cara mengerjakan sholat istikharah, setelah mengerjakan sholat tak lupa untuk berdoa yang menjadi tujuan dan hajatnya dalam sholat ini.

Baca Juga : Doa Setelah Sholat

Doa Istikharah

bacaan-doa-sholat-istikharah

Setelah selesai mengerjakan shalat istikharah dianjurkan untuk berdoa yang sebagaimana telah diajarkan oleh Rasulullah dengan doa sebagai berikut :

Bacaan Doa Setelah Shalat Istikharah Arab

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ. فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ

اَللّٰهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هَذَااْلاَمْرَ (…) خَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ

وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَشَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْهُ لِيَ الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ

Bacaan Doa Setelah Shalat Istikharah Latin

“Allohumma inni astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa as aluka min fadlikal ‘aziimi. fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa laa a’lamu wa anta ‘allaamul guyuub.

“Allohumma in kungta ta’lamu anna haadzal amro (…..) khairul lii fii diinii wa ma’aasyi faqdurhu lii wa yassirhu lii tsumma baarik lii fii hi

Wa in kungta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii wa ‘aajlihii fashrifhu ‘annii wasrifnii ‘anhu waqdurhu liyal-khaira haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bihi.”

Arti Bacaan Doa Shalat Istikharah

Ya Alloh, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kekuasaan-Mu (untuk menyelesaikan urusanku) dengan kodrat-Mu, dan aku memohon kepada-Mu sebagian karunia-Mu yang agung, karena sesungguhnya Engkau Mahakuasa sedangkan aku tidak berkuasa, Engkau Mahatahu sedangkan aku tidak tahu, dan Engkau Maha Mengetahui perkara yang gaib.

Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini baik untukku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka takdirkanlah dan mudahkanlah urusan ini bagiku, kemudian berkahilah aku dalam urusan ini.

Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk untuk diriku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka jauhkanlah urusan ini dariku, dan jauhkanlah aku dari urusan ini, dan takdirkanlah kebaikan untukku di mana pun, kemudian jadikanlah aku ridha menerimanya.

Demikianlah keterangan mengenai seputaran tata cara, bacaan niat dan doa sholat istikharah, semoga dengan keteranagan di atas bisa membantu anda untuk belajar.

Berikut ini adalah sikap kita setelah melaksanakan amalan ini.

Baca Juga : Bacaan Sujud Sahwi

Sikap Setelah Shalat Istikharah

Setelah melakukan serangkaian amalan diatas hendaknya sikap kita untuk selalu berprasangka baik, dan amalan ini hendaknya dilakukan seacara terus menerus sampai benar-benar datang petunjuk dalam perkara yang kita inginkan itu mendapatkan kabar atau isyarah.

Jika keraguan masih muncul dalam pikiran ulangilah sholat ini sampai beberapa kali setiap malamnya dan bila tanda-tanda sudah muncul ikutilah arah hati jangan ada keraguan, sambil berserah diri dan berdoa kepada Alloh swt,

Biasanya suatu petunjuk bisa datang melalui sebuah mimpi dan petujuk langsung, jadi intinya setelah melaksanakan sholat ini mantabkanlah isi hati jangan ada keraguan lagi. Wallohu’alam

Demikianlah yang bisa disamapaikan pada tulisan ini semoga bisa menjadi manfaat bagi penulis dan pembaaca, dan semoga Alloh Swt selalu membimbing kita dalam segala sesuatu perkaranya, aamiin

Terima kasih, Wassallam.