Shalat Safar

3 min read

SHOLAT SAFAR

Pengertian Shalat Safar,Niat dan tata cara shalat, disertai doanya yang akan ditulis dalam tulisan Arab, latin dan artinya agar mudah dipahami.

Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh, pada kesempatan kali ini akan dibahas makalah tentang sholat sunnah safar. Akan dijelaskan secara rinci tentang bacaab niat, bacaan doa, tata cara dan dalil hadistnya, untuk lebih jelasnya mari simak artikel di bawah ini.

Pengertian Sholat Safar

Shalat safar merupakan shalat sunnah yang didirikan karena sesuatu sebab yakni dalam rangka bepergian yang cukup jauh, seperti saat perjalanan akan melaksanakan ‘Ibadah umroh dan Ibadah Haji, dan perjalanan lainnya seperti mudik lebaran, silaturahmi dan perjalanan lainnya yang tujuannya baik.

Dalam ajaran islam kita dianjurkan untuk melakukan sholat sunnah dua rokaat sebelum memulai perjalanan dan juga melakukan shalat kemabali saat ingin kembali keasal atau rumah.

Mengapa harus melakasakan shalat safar sih jika ingin berpergian ? karena kita sadar sebagai seorang hamba yang lemah dihadapan Allah sudah semesti nya kita memohon pertolongan dan perlindungan agar dalam perjalanan ke tempat tujuan dan kembali lagi ke rumah, Allah SWT akan selalu memberikan perlindungan.

Niat Shalat Safar

Berikut ini adalah bacaan niat untuk melaksanakan shalat safar, akan dituliskan dengan bacaan bertulisan Arab, Latin dan di sertai dengan artinya.

Bacaan Niat Shalat Safar Arab

أُصَلِّي سُنَّةً مِنَ السَّفَرِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Bacaan Niat Shalat Safar Latin

Ushalli sunnatas safari rok’ataini lillahi ta’ala

Artinya :

Aku niat shalat sunah Safar dua rakaat karena Allah Ta’ala

Baca jaga Manfaat : Doa Ayat Kursi

Tata Cara Sholat Safar

Berikut ini tentang tata cara mendirikan shalat safar, akan dijelaskan di bawah ini.

Sholat Sunnah Safat sama dengan sholat wajib lima waktu cara penerjaannya, hanya saja ada sedikit perbedaan pada niat bacaan shalatnya saja, berikut penjelasannya

  1. Sebelum melakasanakan shalat terlebih dahulu mensucikan diri atau berwuhdlu dengan benar dan tertib.
  2. Kemudian berdiri tegak
  3. Mebaca niat ( letak niat di dalam hati ) dan dibarengi dengan takbirotul ikhrom.
  4. Membaca doa iftitah
  5. Membaca surat Al-fatehah dan dilanjutkan dengan membaca surat pendek di sarankan membaca surat Al-Kafirun
  6. Setelah itu Rukuk, dilanjutkan I’tidal, kemudian sujud, setelah sujud duduk dan sujud lagi yang kedua, setelah itu berdiri kembali untuk melanjutkan rokaat yang kedua.
  7. Setelah selesai rakaat yang kedua selesai di akhiri dengan salam.
  8. Kemudian tertib.

Inilah tata cara mengerjakan sholat sunnah safar, setelah selesai melakukan shalat ini dilanjutkan dengan membaca doa penjelasannya ada dibawah ini.

Baca Juga : Doa Berpergian Lengkap

Doa Shalat Safar

Bacaan Doa Sholat  Safar
Gambar Bacaan Doa Sholat Safar

Setelah melakukan shalat safar, sebelum membaca ada doa beberapa anjuran bacaan-bacaan yang baik untuk dilakukan sebagai pelengkap yaitu dahulukan dengan membaca bacaan sebagai berikut :

1. Membaca Ayat Kursi 3 X

Bacaan Ayat Kursi Arab

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Bacaan Ayat Kursi Latin

Allohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.”

2. Membaca surah Quraisy 3 X

Bacaan surah Quraisy Arab

ِإِيلَافِ قُرَيْشٍ ﴿١﴾ إِيلَافِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاءِ وَالصَّيْفِ ﴿٢﴾ فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَـٰذَا الْبَيْتِ ﴿٣﴾ الَّذِي أَطْعَمَهُم مِّن جُوعٍ وَآمَنَهُم مِّنْ خَوْفٍ ﴿﴾٤

Bacaan surah Quraisy Latin

”li-iilaafi quraisyin, iilaafihim rihlatassitaa-i waashaif. falya’buduu Robba haadzaalbait. alladzii ath’amahummin juu’in wa’amanahum-min khouf”.

Setelah selesai membaca Ayat Kursi dan surah Quraisy, kemudai dilanjutkan membaca doa setelah sholat safar, dengan bacaan sebgai berikut akan di tuliskan dengan bacaan tulisan Arab, latin dan Artinya :

Bacaan Doa Shalat Safar Arab

اَللَّهُمَّ اِنَّانَسْأَلُكَ فِى سَفَرِنَا هَذَالبِرَّوَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَاتَرْضَى , اَللَّهُمَّ هُوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاَطُوْ عَنّا بُعْدَهُ .اَللّهُمَّ اَنْتَ الصَاحِبُ فِى السّفَرِوَالْخَلِفَةً فى الأَهْلِ .اللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وكَابَةِ الْمَنْظَرِوَسُوْ ءِالْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ والأَهْلِ

Bacaan Doa Shalat Safar Latin

Allohum-ma inna nas-aluka hazal birri wat taqwa wa minal ‘amali ma tardha. Allohum-ma hawwin ‘alaina safarona haza wathwi ‘anna bu’dahu . Allohum-ma antas shohibu fis safari wal kholifatu fil ahli. Allohum-ma inni a’uzubika min wa’zais safari wa kabatil mandzar wa su-il munqolabi fil mali wal ahli

Artinya ;

Yaa Alloh, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan dan amal yang Engkau ridhoi, dalam perjalanan kami. Ya Alloh, mudahkanlah perjalanan kami ini, dekatkanlah bagi kami jarak yang jauh. Ya Alloh, Engkau adalah rekan dalam perjalanan dan pengganti di tengah keluarga. Ya Alloh, sesunggunya aku berlindung kepada-Mu dari kesulitan perjalanan, dan tempat kembali yang menyedihkan, dan pemandangan yang buruk pada harta dan keluarga.

Inilah bacaan doa ketika hendak safar, berikut kami akan jelaskan tata cara urutan membaca doanya.

Cara dan Urutan Membaca Doa Safar

Dalam hal berdoa ada beberapa adab yang perlu diperhatikan sebelum berdoa diantaranya berwasilah atau Tawasul berikut kami berikan contoh cara Tawasul atau berwasilah singkat dengan bahasa Indonesia :

  1. Dengan mengaharap Ridho dan Rahmat Allah SWT dan Juga mengharap Ridho dan Syafaat Rosululloh SAW, Al-fatehah (membaca surah Al-Fatehah )
  2. Hadiah Fatehah dan berwasilah Kepada Sayyidina Muhammad SAW, dan kepada semua sahabatnya. (Al-fatehah)
  3. Hadiah Fatehah kepada semua hamba Allah yang sholeh, (Al-fatehah)

Inilah awalan adab sebelum masuk pada inti doa, setelah membaca wasilah kemudian

  • Membaca Ayat kuri 3x
  • Memebaca Quraisy 3 X
  • Memuji Allah, contoh memebaca Alhamdulilah
  • Bersholawat bisa disarankan membaca sholawat Fatih
  • Kemudian membaca doa Safar
  • Dan ditutup dengan doa Selamat

Inilah urutan dalam membaca doa safar, semoga kita diberi kemudahan untuk megamalkannya.

Baca Juga Doa Selamat Lengkap ; Doa Selamat

Baca Juga Sholawat Pembuka : Sholawat Fatih

Dalil Shalat Sunat Safar

Berikut ini beberpa keterangan dalil mengenai Sholat safar.

Keterangan Hadist dari  Ibnu ‘Umar Rodiallohu anhu, beliau mengatakan sebagai berikut yang Artinya : “Sesungguh nya Rosululloh Sholallohu Alaihi Wassalam pernah mengerjakan shalat sunnah di atas kendaraannya menghadap ke arah kendaraan yang menujunya, Beliau berisyarat dengan kepalanya .” Ibnu ‘Umar pun mengerjakan nya “. (Hadist Riwayat . Imam Bukhari no. 1105)

Dalil keterangan hadist dari Abu Hurairah Rodiallohu anhu ; Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda yang berbunyi

إِذَا خَرَجْتَ مِنْ مَنْزِلِكَ فَصَلِّ رَكْعَتَيْنِ يَمْنَعَانِكَ مِنْ مَخْرَجِ السُّوْءِ وَإِذَا دَخَلْتَ إِلَى مَنْزِلِكَ فَصَلِّ رَكْعَتَيْنِ يَمْنَعَانِكَ مِنْ مَدْخَلِ السُّوْءِ

Artinya ;Jika engkau keluar dari rumahmu maka lakukanlah sholat dua rokaat, yang dengan ini akan menghalangimu, dari kejelekan yang berada di luar rumah. Jika engkau memasuki rumahmu, maka lakukanlah shalat dua rakaat yang akan menghalangimu dari kejelekan yang masuk ke dalam rumah.” (Hadaist Riwayat . Al-Bazzar ; dinilai sahih oleh Al-Albani)

Inilah dalai keterangandari Hadist nabi yang menganjurkan untuk melaksakan sholat dua rokaat sebelum melakukan perjalanan, yaitu shalat Safar. Wallohu’lam.

Demikianlah pembahasan makalah tentang sholat sunnah safar, semogo bisa bermanfaat untuk kita bersama, sekian dan terima kasaih.

Wassalam.

Artikel lain yang bisa anda baca denagn link di bawah ini :