Shalat Sunnah Wudhu

3 min read

shalat sunnah wudhu

Shalat Sunnah Wudhu, tata cara, waktu dan manfaat atau fadilah, dan dalil anjuran melaksanakan shalat Wudhu.

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh. Berikut akan di sampaikan makalah tentang shalat wudhu, tentang bacaan nait shalat, tata cara dan keutamaannya dari mengamalkan shalat ini, untuk lebih jelasnya lagi silahkan simak pembahasan dibawah ini.

Dalil Hadist Tentang Shalat Sunnah Wudhu

Wudhu merupakan serangkaian dalam salah satu syarat untuk mendirikan shalat, namum tidak hanya ketika hendak ingin melaksnakan shalat saja baru kita berwudhu, banyak manfaat yang terkandung jika sering atau mengamalkan wudhu.

Setelah berwudhu secara sempurna biasa dimantapkan kembali dengan melakukan shalat dua rakaat atau shalat Sukrul berwudhu, anjuran shalat ini juga telah perintah oleh Nabi Muhammad SAW, sebagaimana dalam sebuah Hadist Beliau yaitu

مَا مِنْ أَحَدٍ يَتَوَضَّأُ فَيُحْسِنُ الْوُضُوءَ وَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ يُقْبِل بِقَلْبِهِ وَوَجْهِهِ عَلَيْهِمَا إِلاَّ وَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةُ (رواه مسلم، رقم)

Artiny : “Tidaklah seseorang itu berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, lalu melaksanakan shalat dua rakaat dengan sepenuh hati dan jiwa melainkan wajib baginya (mendapatkan) surga.” (Hadist Riwayat. Muslim, no. 234).

Dan dalam Hadist yang lainnya Nabi SAW pun telah bersabda yang berbunyi sebagai berikut :

مَنْ تَوَضَّأَ نَحْوَ وُضُوئِي هَذَا ثُمَّ قَامَ فَرَكَعَ رَكْعَتَيْنِ لَا يُحَدِّثُ فِيهِمَا نَفْسَهُ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya : “Barang siapa yang berwudhu seperti wudhuku, ini kemudian berdiri melaksanakan dua rakaat dengan tidak mengucapkan pada dirinya, maka dia akan diampuni dosanya yang telah lalu.” ( Diriwayatkan oleh Utsman Bin Affan dalam Bukhari 160 dan Muslim 22, )

Inilah sebagaian dalil yang merupakan dasar anjuran untuk melaksakan shalat dua rakaat setelah berwudhu.

Bacaan Niat Shalat Wudhu

Bacaan Nait Shalat Sunnah Wudhu
Gambar Bacaan Nait Shalat Sunnah Wudhu

Berikut ini Lafadz bacaan niat shalat Wudhu akan dituliskan dengan tulisan Arab, Latin dan juga artinya.

Bacaan Niat Shalat Sunnah Wudhu Arab

اُصَلِّيْ سُنَّةَ اْلوُضُوْءِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Bacaan Niat Shalat Sunnah Wudhu Latin

Usholli sunnatal wudhu rok’ataini lillahi ta’ala

Artinya :

Saya niat shalat sunnah wudhu dua roka’at karena Alloh Ta’ala.

Inilah bacaan niat shalat sukrul wudhu, Baca Juga Doa Sesudah Wudhu

Cara Melaksankan Shalat Wudhu

Shalat ini sama halnya seperti pada shalat sunnah atau shalat wajib hanya bacaan niat dan waktunya yang sedikit berbeda, berikut bawah ini akan disampaikan tata cara Sholat Sunnah Wudhu atau Sukrul Wudhu sebagai berikut :

  1. Membaca Niat dengan bacaan seperti atas yang telah dituliskan
  2. Takbiratul Ikhrom dan dilanjutkan dengan membaca doa iftitah
  3. Membaca surah al-Fatihah dan dilanjutkan dengan membaca surah pendek
  4. Kemudian Ruku’ dengan membaca Subhana Robbiyal ‘Adzhimi Wa Bihamdihi
  5. I’tidal dengan membaca Sami’Allaahu liman hamidah
  6. Setelah i’tidal Sujud dengan membaca bacaan ”Subhana Rabbiyal A’la Wa Bihamdihi”
  7. Kemudian dilanjutkan dengan duduk diantara dua sujud dan membaca bacaan doa Rabbigh firli Warhamni Wajburni Warfa’kni Warzuqni Wahdini Wa’afini Wa’fu ‘anni
  8. Kemudian sujud kembali yang kedua dan membaca Subhana Rabbiyal A’la Wa Bihamdihi
  9. Setelah itu berdiri kembali berlanjut ke rakaat kedua.
  10. Di ulangi kembali seperti rakaat yang pertama dan kemudia diakhiri dengan Salam.
  11. Tertib.

Baca Juga : Doa Masuk WC

Keutamaan Selalu Menjaga Wudhu

Mengamalkan Shalat sunnah wudhu ini mempunyai keutamaan yang sangat luar biasa, sebagaimana telah dicontohkan Sahabat Nabi SAW yaitu Bilal Bin Rabah.

Yang dalam suatu kisah, di suatu malam Nabi Muhammad SAW telah bermimpi, yang mana dalam mimpi itu Nabi SAW, Beliau mendengar suara Terompah Bilal di surga.

Dan Nabi SAW pun bertanya kepada Bilal, wahai Bilal amalan apa yang engkau lakukan sehingga terompah mu sudah menunggu di syurga, Sahabat Bilal pun menjawab Wudhu Wahai Rasul SAW, aku selalu menyempurnakan Wudhu ku dikala aku batal dan aku berwudlu kemabali.

Kisah ini terdapat dalam sebuah Hadist Nabi SAW, yang berbunyi sebagai berikut :

يَا بِلَالُ حَدِّثْنِي بِأَرْجَى عَمَلٍ عَمِلْتَهُ فِي الْإِسْلَامِ فَإِنِّي سَمِعْتُ دَفَّ نَعْلَيْكَ بَيْنَ يَدَيَّ فِي الْجَنَّةِ قَالَ مَا عَمِلْتُ عَمَلًا أَرْجَى عِنْدِي أَنِّي لَمْ أَتَطَهَّرْ طُهُورًا فِي سَاعَةِ لَيْلٍ أَوْ نَهَارٍ إِلَّا صَلَّيْتُ بِذَلِكَ الطُّهُورِ مَا كُتِبَ لِي أَنْ أُصَلِّيَ

Artinya : “Wahai Bilal! katakanlah kepadaku amal shalih apa yang telah engaku kerjakan dan paling diharapkan manfaatnya (di hadapan Allȃh SWT ) dalam Islam, karena sesungguhnya tadi malam (dalam mimpi) aku mendengar suara sandalmu (langkah kakimu) di depanku di dalam Surga”.

”Lalu Bilal Radhiyallahu Anhu pun mengatkan, “Tidaklah aku mengamalkan satu amal shalih dalam Islam yang paling aku harapkan manfaatnya (di hadapan Alloh Azza wa Jalla ) lebih dari (amalan ini yaitu) tidaklah aku berwudhu dengan sempurna pada waktu malam atau siang, kecuali aku mengerjakan shalat dengan wudhu itu sesuai dengan apa yang ditetapkan Alloh SWT bagiku untuk aku kerjakan.”

Nah inilah yang menjadi dasar tentang keutamaan amalan wudhu, namum masih banyak manfaat dan keutamaan lain dari amalan wudhu ini baik secara agama maupun secara kesehatan, berikut ini sebagian dari keutamaannya :

  1. Amalan ini sangat dicintai Alloh SWT, karena amalan ini selalu menginginkan kebersihan dan kesucian baik lahir maupun batin bagi pengamalnya.
  2. Amalan yang juga di cintai oleh Rasulullah SAW.
  3. Air Wudhu dapat menggugurkan dosa-dosa
  4. Air Wudhu kelak jadi cahaya di Hari Kiamat
  5. Derajat bisa terangkat
  6. Tidurnya seseorang yang dalam keadaan berwudhu dijaga Malaikat
  7. Wajahnya bersinar
  8. Mendapatkan Kebaikan di dunia dan juga di akhirat
  9. Merendam Amarah dan emosi dapat terkontrol.

Baca juga : Doa Sesudah Wudhu

Manfaat Wudhu Bagi kesehatan

1.Dapat menjaga kesehatan mulut

  • Berkumur-kumur adalah bagian dari tertibnya wudhu, secara medis sering berkumur-kumur dapat menjaga kesehatan gusi dan juga gigi, karena dengan berkumur dapat mengeluarkan sisa makanan yang ada di dalam mulut dan mulut pun menjadi bersih dan tidak bau.

2. Dapat menjaga kesehatan hidung

  • Bagain dari gerakan wudhu dengan cara menghisap air kedalam hidung ini bermanfaat sebagai terapi bagi yang sering terkena sakit kepala, migran dan flu atau pilek, karena dengan menghisap air ke dalam hidung kotoran akan keluar dan hidung pun agar menjadi bersih.

3. Dapat menjaga kesehatan telinga

  • Dengan salah satu gerak wudhu membasuh telinga ini bisa bermanfaatnya dapat mengelurkan kotoran pada telinga sehingga kotoran tidak dapat masuk kelubang telinga yang bisa membuat telinga terjadi penyumbatan.

4. Dapat menjaga kesehatan mata

  • Denagn sering membasuh muka, maka bagian mata pun akan menjadi bersih dari sisa-sisa kotoran yang dapat mengakibatkan infeksi pada mata, oleh sebab itu semakin sering terkena air mata akan menjadi bersih dan pengelihatan pun semakin terang.

5. Dapat mencerahkan wajah dan bersinar

  • Sebenar jikalau mereka tau bahwa manfaat air wudhu ini dapat membuka aura dan wajah lebih bersinar, karena selalu terkena air wudhu wajah secara alami akan memancarkan Nur yang luar biasa.

5. Sebagai terapi untuk obat menghilangkan stress

Ketika saat stress melanda hati, hendaklah kita tidak perlu bingung untuk mencari solusi mengatasinya, solusinya cukup dengan berwudhu, kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan shalat, berzikir atau dengan membaca Al-Quran, InsyaAllah dan yakinlah hati akan menjadi tenang dan stres pun hilang.

Nah demikianlah manfaat dan keutamaan dari amalan selalu menggantukan wudhu ini, sungguh sangat luar biasa sekali, semoga kita dapat menjalankan dan mengerjakan amalan ini, dengan terus berharap pertolongan Allah dan juga Rasulullah SAW. Wallhu’alam.

Demikianlah pembahasan kita kali ini semoga bisa menjadi manfaat untuk kita semuanya. Terima kasih, wassalam.

Baca Juga artikel terkait lainya :

Arti Tafadhol

Santri Angga
1 min read

Arti Jazakallah Khairan

Santri Angga
2 min read

Doa Masuk Kelas

Santri Angga
2 min read