Sholat Tahajud

3 min read

SHOLAT TAHAJUD

Sholat tahujud, Keutamaan, tata cara, waktu, dalil, bacaan niat, bacaan doa dan zikir lengkap dibahas disini, disertai keterangan

Shalat tahajud ialah sholat sunnah yang didirikan saat malam hari atau sepertiga malam , Shalat tahajud tergolong shalat sunnah mu’akad (shalat yang dianjurkan sekali oleh syara’). Dan banyak nya Rokaat sedikitnya dua rakaat dan paling banyak tidak terbatas.

Sholat sunnah tahajud disebut juga dengan Sholatun Lail, yang berarti sholat malam, Waktunya berkisaran pukul 01.00 dini hari sampai dengan 04.00 sebelum sholat subuh.

Sholat Tahajud dilaksanakan pada waktu sepertiga malam setelah terbangun dari tidur, tetapi beberapa ulama ada yang berpendapat bahwa boleh dikerjakan tidak harus tidur terlebih dahulu, yang dikarenakan sesuatu hal sehingga ia tidak bisa untuk melakukan tidur, seperti sehabis pulang dari tolabul ilmu tetapi saat sampai di rumah sudah masuk waktu dan syarat untuk melakukan sholat tahajut hal ini diperboleh langsung melaksanakan sholat tahajud.

Arti Tahajud

Tahajud Secara bahasa mempunyai arti mujanabatul hajud (menjauhi tempat tidur). Dalam hubungan dengan ibadah, Tahajud ialah “meninggalkan tempat tidurnya untuk melakasankan Sholat”.

Berikut ini keterangan dalil tentang sholat tahajud yang menjadi anjuran bagi kaum muslimin.

Dalil Anjuran Sholat Tahajud

Alloh SWT menyerukan ber-Tahajud adalah sebagai ibadah sholat sunnah yang sangat dianjurkan terdapat pada Surah (AL ISRAA’ (17) :79) yang artinya ;

“Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; semoga Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.”

Kesimpulkan dari ayat ini menerangkan bahwa Sholat Tahajud adalah ibadah tambahan yang didirikan ketika malam hari, yang bisa mengangkat bagi pengamalnya ketempat yang lebih terpuji.

Baiklah berikut ini kami akan tuliskan tentang bacaan niat untuk sholat tahajud.

Baca Juga ; Sholat Jenazah

Niat Sholat Tahajud

niat-tahajud
Bacaan Niat Sholat Tahajjud

Segala seuatau perbuatan yang baik haruslah diawali dengan niat, agar amalan yang akan dilakukan tidak melenceng dari tujuan.

Bacaan Niat Sholat Tahajud Arab

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Bacaan Niat Sholat Tahajud Latin

“Usholli sunnatat tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alla.”

Artinya ;

“Aku niat shalat sunah tahajud dua rokaat, menghadap kiblat, karena Alloh Ta’ala”

Inilah bacaan niat yang dibaca ketika hendak melakukan sholatnya, setelah kita mengetahui bacaan sholat berikut kami sampaikan tata cara pelaksanaan sholatnya dari awal sampai dengan akhir.

Baca Juga ; Doa Setelah Sholat

Tata Cara Sholat Tahajud

Sebelum seseorang melaksanakan sholat ini hendakanya didahulakan dengan persiapan untuk mengawalinya seperti tidur lebih awal agar bisa terbangun disepertiga malam.

Berikut urutan cara sholat tahajud :

  1. Membaca niat di dalam hati dibarengi dengan takbirotul ikrom, dengan bacaan niat yang sudah dituliskan di atas
  2. Membaca doa iftitah
  3. Membaca Surah Al Fatehah
  4. Membaca Surah Pendek di utamakan membaca ayat kursi
  5. Dilanjutkan dengan gerakan rukuk
  6. Setelah rukuk dilanjutkan i’tidal dan membaca doa i’tidal
  7. Kemudian sujud pertama dan membaca doa sujud
  8. Kemudian duduk diantara dua Sujud
  9. Dilanjutkan sujud kedua
  10. Setelah sujud bangun kembali seperti rokaat pertama
  11. Kemudian diulangi kembali gerakan ini sebagai gerakan rokaat kedua,
  12. setelah rokaat kedua diakhiri dengan salam

Nah inilah tata cara melaksanakan sholat tahajut, lengkap dari awal sampai salam, sholat ini dilaksanakan dua rokaat ditutup dengan salam, jika ingin melaksanakan lebih dari dua rokaat diperbolehkan dan sangat dianjurkan, dan hendaknya setelah melaksanakan sholat ini ditutup dengan sholat sunnah witir, sebagai penggajil bilangan rokaat.

Setelah mengetahui cara sholat dan bacaan niat, tentu kita dianjurkan untuk berdoa yang baik-baik setelah mengerjakan suatu amalan apalagi sholat ini, berikut bacaan doa yang bisa dilazimkan setelah pelaksanaan sholat tahajud.

Doa Setelah Tahajud

Bacaan doa tahajud

Ada doa dan zikir khusus yang dianjurkan setelah melaksanakan sholat tahujud berikut bacaannya, di tulis dengan tulisan arab, latin dan disertai artinya

Bacaan Zikir Sebelum Doa Tahajud

Ada baiknya sebelum masuk kepada doa inti didahulukan dengan berzikir ,mengagungkan Alloh swt dan bersholawat, Berikut bacaan zikir yang bisa digunakan untuk mengawali sebelum doa ;

  1. Dzikir dengan membaca Istighfar ( Astaghfirullohal’adzim )
  2. Dzikir dengan membaca Tasbih ( Subhanalloh Walhamdulillahi wala ilaha ilallohu wallohu Akbar )
  3. Dzikir dengan membaca kalimat Tahuid semampunya ( La ilaha illaloohu )
  4. Membaca Sholawat Nabi ( Allohumma Sholi ‘ala sayyidina Muhammad wa ala ali sayyidina Muhammad )

Nah ini zikir-zikir untuk mengawali sebelum berdoa, dibaca semampunya tidak ada batasan untuk membaca, selama masih mampu dipersilahkan.

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Arab

اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ،

وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ

اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Latin

Allohumma lakal hamdu angta qoyyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu angta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna,

Wa lakal angtal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqquw wannaaru haqquw wan-nabiyyuuna haqquw wa Muhammadun shollallohu ‘alaihi wa sallama haqquw wassaa’atu haqq.”

Allohumma laka aslamtu wa bika aamantu wa ‘alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qoddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a’lantu wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqoddimu wa antal mu’akhkhiru laa ilaaha anta. wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Artinya ;

Ya Alloh bagi-Mu-lah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya.

Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta semua makluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Maha benar, janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, ucapan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar serta hari kiamat adalah benar

Ya Alloh hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku bertawakal, hanya kepada-Mu aku kembali (bertaubat), kepada-Mu aku mengadu, dan kepada-Mu aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang kemudian serta apa yang kusembunyikan dan yang kulakukan dengan terang-terangan dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku,

Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya (unutk menghindar dari kemaksiatan) dan tiada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali dengan pertolongan Allah.”

Nah inilah serangkaian tata cara, bacaan niat, bacaan zikir dan bacaan doa yang sudah di tuliskan, semoga kita semua diberi kepahaman dan bisa mengamalkannya, aamiin.

Kemudian Sedikit keterangan mengenai keutamaan dan fadhilah dari sholat tahajud.

Keutamaan Sholat Tahajud

  1. Akn diampuni segala dosanya dan terpenuhi semua hajatnya
  2. Waktu yang mustajab untuk menyampaikan segala doa-doa
  3. Pahala yang sangat besar
  4. Bukti Ketaatan kepada Alloh swt dan Rosulnya
  5. Terjaga dari perbuatan keji dan mungkar
  6. Akan mendapatkan kedudukan yang mulia di sisi Alloh swt
  7. Tahajud dapat menguatkan daya ingat
  8. Terlepas dari ikatan setan
  9. Menyehatkan jasmani dan ruhani

Nah inilah beberapa diantara keutamaannya dan masih banyak lagi rahasia-rahasia dan hikmah yang akan didapat jika istiqomah melaksanakan sholat ini. Wallohu ‘alam

Demikianlah pembahasan singkat menegenai sholat tahajud semoga bisa bermanfaat.

Terima kasih, wassalam.