Sholat Taubat

3 min read

SHOLAT TAUBAT

Sholat Taubat Nasuha, Tata Cara, Waktu, Niat dan Doanya di tulis dalam bahasa arab, latin dan terjemah agar mudah di pahami

Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang sholat Taubat, untuk lebih jelasnya mari kita ikuti pembahasan dibawah ini, semoga bermanfaat.

Sholat Taubat adalah sholat sunnah yang dikerjakan untuk memohon ampunan kepada Alloh SWT dari segala dosa dan kesalahan yang sudah diperbuat.

Sholat ini juga ada yang menamakan sholat istigfar atau sholat memohon ampunan, ketika seeorang telah bertaubat hendaknya ia harus berjanji dan berniat tidak akan mengulangi kesalahan dan dosa yang telah lalu.

Setelah seseorang bertaubat hendak dibarengi dengan menuntut ilmu supaya taubatnya mendapat bimbingan dan tidak mudah jatuh kembali kedalam dosa dan kesalahan lagi, dan tentunya dengan banyak berdoa memohon pertolongan Alloh swt dan juga syafaat dari Rosululloh saw.

Dalam ajaran agama Islam sangat dianjurkan untuk melakukan sholat taubat ketika kita telah melakukan perbuatan dosa, baik dosa yang disengaja atau dosa yang tidak disengaja,dosa kecil maupun dosa yang besar, agar hendak nya melakukan sholat tobat yang bertujuan memohon ampunan dan pertolongan agar dapat terhindar dari perbuatan dosa lagi.

Adapu dalil Al qur’an yang menerangkan tentang sholat taubat sebagai berikut ;

Dalil Tentag Sholat Taubat

1. Firman Alloh SWT dalam Al-Qur’an Surah Ali Imron ayat 135 yang berbunyi sebagai berikut :

ثم قرأ هذه الآية: [وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَى مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ

Artinya ; “Dan (juga) orang-orang yang apabila menlakukan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Alloh, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain daripada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.”

2. Firman Alloh SWT di dalam Al-Qur’an Surah At- Tahrim ayat ke-8 yang berbunyi sebagai berikut :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَّصُوحًا عَسَى رَبُّكُمْ أَن يُكَفِّرَ عَنكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ يَوْمَ لَا يُخْزِي اللَّهُ النَّبِيَّ وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ نُورُهُمْ يَسْعَى بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَاغْفِرْ لَنَا إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Artinya ;Wahai orang-orang yang beriman! Bertaubatlah kamu kepada Alloh dengan ‘Taubat Nasuha’ (taubat yang sebenar), semoga Tuhan kamu akan mengampuni kesalahan-kesalahan kamu dan memasukkan kamu ke dalam Syurga yang mengalir di bawahnya beberapa sungai,

Pada hari Alloh tidak akan menghinakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama-sama dengannya; cahaya (iman dan amal soleh) mereka, bergerak cepat di hadapan mereka dan di sebelah kanan mereka (semasa mereka berjalan); mereka berkata (ketika orang-orang munafik meraba-raba dalam gelap-gelita): “Wahai Tuhan kami! Sempurnakanlah bagi kami cahaya kami, dan limpahkanlah keampunan kepada kami; sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas tiap-tiap sesuatu” (Qur’an Surah. At- Tahrim ayat 8)

3. Firman Alloh SWT dalam Al-Qur’an Surah An- Nisa ayat ke- 17 yang berbunyi sebagai berikut ;

إِنَّمَا التَّوْبَةُ عَلَى اللَّهِ لِلَّذِينَ يَعْمَلُونَ السُّوءَ بِجَهَالَةٍ ثُمَّ يَتُوبُونَ مِنْ قَرِيبٍ فَأُولَئِكَ يَتُوبُ اللَّهُ عَلَيْهِمْ وَكَانَ اللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمًا

Artinya :Sesungguhnya taubat di sisi Alloh hanyalah bagi orang-orang yang mengerjakan kejahatan lantaran kejahilan, yang kemudian mereka bertaubat dengan segera, maka mereka itulah yang diterima Alloh taubatnya; dan Alloh Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana

Inilah sebagian dalil yang menerangkan tentang taubat, sebelum kita masuk kepada pembahasan cara sholat perlu kita ketahui dahulu waktu-waktu yang dianjurkan untuk melaksakannya.

Baca Juga ; Bacaan Sujud Sahwi

Waktu Pelaksanaan untuk Sholat Taubat

Sholat Taubat juga merupakan sholat mutlak yang waktu pelaksanaannya bisa dikerjakan kapan saja, bisa siang hari maupun malam hari, kecuali diwaktu-waktu yang telah diharamkan untuk melaksanakan sholat diantaranya sebagai berikut :

  1. Saat matahari akan tenggelam sampai betul-betul sempurna tenggelamnya.
  2. Mulai dari waktu sholat ashar sampai tenggelamnya matahari.
  3. Ketika matahari tepat berada di tengah-tengah sampai terlihat condong.
  4. Ketika saat terbitnya matahari sampai matahari naik sepenggalah
  5. Ketika Mulai terbit fajar kedua sampai terbitnya matahari.

Itulah beberapa waktu yang dilarang untuk mengerjakan sholat taubat, Namum para ulama menyatakan waktu yang utama untuk mengerjakan sholat ini adalah pada 2/3 malam atau pada waktu qiyamul lail dilaksanakan, seperti waktu-waktu dalam mengerjakan sholat tahajud.

Setelah mengetahui waktu-waktu yang tepat dan yang dilarang berikut akan disampaikan bacaan niat sholatnya.

Baca Juga ; Doa Setelah Sholat

Niat Sholat Taubat

Berikut kami tuliskan bacaan atau lafadz niat sholat Taubat dalam tulisan Aran, Latin dan artinya :

Bacaan Niat Arab

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّوْبَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Bacaan Niat Latin

”Ushollii sunnatat taubati rok’ataini lillaahi ta’aalaa”

Artinya :

Sengaja saya niat shOlat sunnah taubat dua rokaat karena Alloh Ta’ala

Nah bacaan sholat ini untuk sholat sendiri dan tidak berjamaah.

Setelah itu kita masuk kepembahasan tata cara pelaskanaan sholatnya.

Cara Pelaksanaan Sholat Taubat

Sebelum melakukan sebuah amalan ibadah hendaknya dalam keadaan suci atau sudah berwudhu, wudhu merupakan menjadi salah satu syarat sahnya sholat, setelah berwudhu ketika akan melaksanakan sholat

  1. Berniat, letak niat didalam hati seraya mengangkat tangan untuk bertakbirotul ikhrom didalam hati sambil berniat.
  2. Setelah takbirotul ikhrom, dilanjutkan membaca doa iftitah dan dilanjutkan membaca surat Al fatehah dan dilanjutkan dengan membaca surat pendek disarankan membaca surah Al KAFIRUN
  3. Kemudian dilanjutkan dengan ruku
  4. Setelah ruku melakukan I’tidal
  5. Setelah I’tidal dilanjutkan dengan sujud
  6. Setelah sujud duduk dan kembali sujud lagi
  7. Setelah sujud kedua bangun seperti semula untuk melakukan rokaat kedua
  8. Rokaat kedua sama seperti rokaat pertama dan diakhiri dengan salam

Setelah selesai melakukan sholat ada zikir-zikir dan doa yang dianjurkan untuk dibaca.

Bacaan Doa dan zikir Sholat Taubat

BACAAN-DOA-TAUBAT

Bacaan Zikir Setelah Sholat Taubat

1. Membaca Istighfar sebanyak 100 kali dengan bacaan sebagai berikut

أسْتَغْفِرُ اللّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لا إلَهَ إلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَأتُوبُ إلَيْه

”Astaghfirullohal ‘azim allazila ilha illa huwal hayyul qoyyum wa atubu ilaih”

Artinya ; Aku memohon pengampunan kepada Alloh, yang tidak ada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepada-Nya.

Dan boleh dengan bacaan istiqhfar yang lainnya yang anda pahami dan mampu, setelah membaca istighfar lebih baik ditambah dengan bacaan tasbih, seperti bacaan berikut ini :

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ للهِ، وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ الله، وَاللهُ أَكْبَرُ

‘Subhanallohi Walhamdulillahi wala ilaha illallohu wallohu akbar’

Artinya ; Maha Suci Alloh. Segala puji bagi Alloh, d an tiada Tuhan selain Allah, dan Alloh Maha Besar.

Setelah membaca zikir kemudian membaca doa sebgai berikut :

Bacaan Doa Sholat Taubat Arab

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ ، لَا إِلٰـهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمتِكَ عَلَيَّ ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ ، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ

Bacaan Doa Sholat Taubat Latin

Allohumma angta Robbi laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana abduka wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. A ‘udzu bika min syarri maa shona’tu abuu-u laka bini’matika ‘alayya wa abuu-u bidzanbii, faghfirlii fainnahuu alaa yaghfirudz dzunuuba illa anta”

Artinya ;

Ya Alloh Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku.

Aku berlindung kepada-Mu, dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.

Nah demikianlah pembahasan tentang seputaran sholat Taubat, semoga kita semua dapat mengamalkannya dan semoga kita semua ditolong Alloh untuk selalu berada dijalan taubat, aammiin.

Wallohu a’lam

Terima kasih, Wassalam