Sholawat Fatih

3 min read

SHOLAWAT FATIH

Sholawat Fatih, Sholawat pembuka kebuntuan jalan hidup dan penarik rezeki, kami tulis dengan tulisan Arab, latin dan artinya.

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Alloh subhana wa ta’ala telah memerintahkan kepada orang – orang yang beriman untuk senantiasa bersholawat kepada kekasih-Nya yaitu Sayyidina Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, yang merupakan pemabawa syafaat bagi seluruh umat manusia di dunia maupun di akhirat kelak oleh karena itu rasanya tak tak pantas kita memohon syafaat namum jarang sekali untuk bersholawat kepada Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Sesungguhnya orang yang paling pelit bukalah orang yang tidak mau bersedekah melainkan jika disebut nama Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, kita tidak mau bersholawat kepada Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka hendaknya jika kita mendengar atau pun mengucapkan nama Beliau diiringi dengan bersholawat kepada Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Sholawat merupakan salam penghoramtan juga bisa dikategorikan doa kepada Nabi Muhammad saw berserta para keluarganya, Namum hakekat nya sholawat atau doa itu akan berguna dan bermanfaat bagi yang membacanya atau yang megucapkannya.

Sholawat Fatih mempunyai fadhilah yang sangat luar biasa bila diamalkan, Namun pada umumnya keutamaan sholawat merupakan amalan yang akan berguna suatu saat nanti di hari akhir, dengan lantaran sholawat kita berharap akan mendapatkan pertolongon atau pembelaan dari Nabi Agung Sayyidina Muhammada saw di hari akhir kelak.

Tapi ternyata sholawat juga sangat bermanfaat bagi pengamalnya ketika masih hidup di alam dunia ini, sebagai pertolongan pembuka dalam kesempitan semua kemudahan tpai yang terpenting kita berharap agar mendapatkan bimbingan ruhani langsung dari Beliau saw.

Karena tak jarang bagi pengamal sholawat hatinya selalu mendapat bimbingan langsung dari Beliau saw, seperti para Wali dan Ulama yang ma’rifatulloh yang hatinya selalu bersih mereka senantiasa mendapat bimbingan dari Nya.

Berbicara tentang sholawat tentu banyak sekali dan bermacam-macam isi bacaanya sholawatnya, tentunya sholawat itu juga mempunyai kegunaan dan fadhilah masing-masing, dan kali ini kita akan membahas tentang sholawat Fatih yang sangat dikenal sebagai amalan Pembuka Pintu Arsy Kerajaan Tuhan.

Sebelum masuk kepada bacaan shalawat Fatih ada biaknya kita ketahui terlebih dahulu sejarah dan penyusun shlawat ini.

Sejarah Sholawat Fatih

Bermacam-macam bacaan sholawat dan setiap sholawat pun memiliki sejarah dan pengarangnya atau penyusun nya sama halnya dengan Sholawat Fatih. Al-‘Arif al-Kabir Sayyid Muhammad al-Bakri RA, adalah seorang ulama yang telah menyusun sholawat Al Fatih.

Dan asal mula sholawat ini datang dari seorang Syeikh yang bernama Syeikh Ahmad Tijani Rodhiallohuanhu, disuatu ketika syekh bermunajat dan memohon kepada Alloh SWT untuk diberi amalan shalawat yang banyak mengandung faidah, rahasia, pahala dan keistimewaan pada shalawat tersebut.

Setelah dengan bermujat dengan istiqomah dan penuh keyakinan akhirnya permohonannya itu mendapat jawaban, singkat cerita pada saat itu Malaikatpun datang dengan membawa kain yang bertuliskan Sholawat Al-Fatih dengan tulisan yang berupa cahaya, kemudian sholawat itu diberi nama Shalawat Al-Bakriyah dan juga diberi nama Al-Yaaqutatul Faridah namun saat ini sholawat ini terkenal dengan Shalawat al-Fatih.

Inilah sejarah singkat Shalwat Al fatih atau sholawat Fatih, berikut ini bacaan sholawat Fatih akan kami tuliskan di bawah ini lengkap dengan bacaan Arab dan bacaan arab tulisan lati disertai artinya :

Baca Juga ; Sholawat Nariyah

Sholawat Fatih

Bacaan-Sholawat-Fatih
Gambar-Bacaan-Sholawat-Fatih

Bacaan Sholawat Fatih Arab

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ وَالهَادِي اِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ. صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

Bacaan Sholawat Fatih Latin

Allohumma sholli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina Muhammadinil Fātihi lima ughliqo, wal khātimi limā sabaqa, wan nashiril haqqa bil haqqi, wal hadi ila shirotin mustaqim. S hollallahu ‘alayhi, wa ‘ala alihi, wa ashhabihi haqqa qadrihi wa miqdārihil ‘azhim

Artinya ;

Ya Alloh, limpahkanlah sholawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Agung Sayyidina Muhammad SAW, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Alloh melimpahkan sholawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.

Nah inilah sejarah asal muasal sholawat Fatih, kemudian seperti telah di ketahui setiap sholawat pasti mempunyai keutamaan dan rahasia yang terkandung dalam sholawat, berikut kami tuliskan beberapa keutamaan dari sholawat Fatih.

Baca Juga ; Sholawat Munjiyat

Keutamaan dan Rahasia Sholawat Fatih

Berikut ini keutamaan dan rahasia sholawat Fatih

Dalam Dawuhnya Syekh Ahmad At-Tijany RA. telah menyampaikan bahwa ”Keistimewaan Sholawat ini sangat sulit bisa diterima dengan akal, sebab ia merupakan rahasia Alloh Subhana wa ta’la yang tersembunyi. Seumpamanya ada 100.000 bangsa, yang setiap masing-masing bangsa itu terdiri atas 100.000 kaum.

Dan dari setiap kaum itu terdiri atas 100.000 orang, dan dari setiap orang itu diberi umur yang panjang oleh Allah Subhana wa ta’la hingga 100.000 tahun, dan jika setiap orang itu bersholawat kepada Baginda Nabi pada setiap hari nya membaca 100.000 kali, maka semua pahala tersebut belum bisa menandingi pahalanya membaca Shalawat Fatih 1kali.

Jadi sungguh luar biasa keistimewaan shalawat ini, tetapi selain itu juga sholawat ini masih banyak keutamaannya yang lainya diantaranya sebagai berikut :

  1. Seperti yang telah disampikan diatas tadi, siapa-siapa yang dapat membacanya walaupun hanya sekali maka ganjarannya sama seperti membaca semua jenis dzikir.
  2. Sebagian Ulama telah berpendapat dengan membaca sholawat ini sekali pahalanya sama dengan telah membaca Al Qur’an sebanyak enam kali khotam.
  3. Sebagian Ulama juga telah berpendapat bahwa dengan membaca sholawat ini akan mendatangkan pahala yang sangat besar, dengan membaca 1 kali sholawat ini setara dengan 10.000 kali sholawat lainnya, dan ada juga yang berpendapat ganjaran pahalanya 600.000 kali lipat.
  4. Memudahkan datangnya sebuah hidayah, menurut sebagian ulama juga bagi setiap orang yang membaca sholawat ini dalam jangka waktu emapt puluh hari secara berturut-turut akan menjadi asbab hati seseorang untuk bertobat dari segala macam kemaksiatan.
  5. Menurut sebagian pendapat Ulama, barang siapa yang istiqomah membaca sholawat ini hari senin, hari kamis dan malam jumat sebanyak seibu kali, maka insyaAlloh ia akan mendapat kemudahkan akan bisa berkumpul dengan Nabi Muhammad SAW syurga.
  6. Sebagian Ulama mempercayai siapa saja yang membaca sholawat ini setidaknya hanya satu kali setiap harinya dengan istiqomah insyaAllah orang itu akan meninggal dengan membawa iman yang kuat dan meniggal dengan cara khusnul khotimah.
  7. Menurut sebagian Ulama membaca sholawat ini bisa mempermudah datangnya rezeki dan membuka kemudahan jalan keluar untuk merlunasi hutang
  8. Barang siapa yang membaca setiap malam jumat sebanyak 100 kali insya Alloh bisa menghapuskan dosa-dosa selama empat ratus tahun tahun
  9. Menurut sebagaian Ulama, barang siapa seseorang yang membaca sholawat ini sebanyak dua puluh kali setiap sehabis sholat fardhu maka insya Alloh akan terhindar dari keburukan duniawi.

Nah inilah sebagian dari keistimewaan dan keutamaannya sebenarnya masih banyak lagi rahasia-rahasia yang terkandung di dalam sholawat Fatih ini. Wallohu’alam

Semoga kita semua diberi kemampuan untuk bisa membaca dan mengamalkannya, agar kita semua mendapatkan pertolongan dunia dan akhirat berkat wasilah membaca sholawat ini.

Demikianlah pembahasan kita tentang sholawat Fatih, semoga bisa bermanfaat.

Terima Kasih. Wassalam

Sholawat Munjiyat

Santri Angga
2 min read

Sholawat Nariyah

Santri Angga
2 min read