Sholawat Jibril

2 min read

Sholawat Jibril – Bacaan Sholawat Jibril lengkap dengan keutamaan, khasiat dan fadhilah, sejarah serta tata cara pengamalannya.

Assalamu’alaiku warahmatullahi wabarakatuh.
Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallahu wallahu akbar wala haula wala quatau illa billahi aliyyil adhzim.

Allahumma sholli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina Muhammadin Nabiyyil ummiyi Rosulillahi rahmatan lil ‘alamin sholallahu alaihi wa salam wa ‘ala alihi wa shobihi ajamian.

Puji Syukur marilah senantiasa selalu kita panjatkan kepada Allah Subhanahu wata’ala, Dzat Yang Maha suci dan Dzat Yang Maha Tunggal dan Maha Besar.

Dia lah Tuhan kita satu-satunya tidak bersekutu dengan Dia dengan apapun dan Dia tidak mau di sekutukan oleh siapapun.

Berkat rahmat, pertolongan dan kasih sayang-Nya lah, pada kesempatan yang berbahagia ini kita semua masih diberikan kesempatan dan bersilaturahmi walau hanya lewat tulisan.

Semoga Allah SWT dan juga Rosulullah saw, meridhoi kita semua.

Kali ini admin akan membagikan tentang bacaan sholawat, yakni bacaan sholawat yang dinamakan dengan ”Sholawat Jibril”. Kunjungi juga situs Ruangilmu.co.id

Bacaan Sholawat Jibril

Al Imam Assya’rany telah menjelaskan, bahwasannya Nabi Muhammad saw telah bersabda:

”Barang siapa saja yang membaca sholawat ini maka sungguh terbuka baginya 70 (tujuh puluh) pintu rahmat dan Allah swt meletakkan sebuah cinta kasih pada hari setiap orang untuknya, dan tidak ada orang yang benci kepadanya kecuali orang-orang yang dihatinya terdapat kemunafikan.”

Dan dijelaskan oleh Syekh Ali al-Khowwash Ra bahwasanya hadis tersebut telah diriwayatkan oleh para ahli ma’rifah melalui Nabi Khidir dari Rosulullah Shollallaahu ‘alaihi wa sallam.

Seorang Syekh yakni Imam Syamsuddin Muhammad Bin Abdurrahman as-Sakhowiy beliau mengutip dari imam Majduddin Fairuz Zabadi dari Imam ‘Ali Bin Ishaq as-Samarqandiy yang isinya: “Aku mendengar Nabi Khidhir dan Nabi Ilyas keduanya berkata: Kami telah mendengar dari Rosulullah shollallaahu ‘alaihi wa sallam dalam bersabdanya: “Tidaklah seorang mu’min membaca: SHOLLALLOOHU ‘ALAA MUHAMMAD (صَلَّى اللّٰهُ عَلٰى مُحَمَّدٍ)

Melainkan ia akan dicintai oleh manusia, sekalipun telah banyak manusia yang membencinya di satu saat mereka akan Allah kehendaki untuk mencintainya.

Dan kami juga telah mendengar Rosulullah Shollallaahu ‘alaihi wa sallam dari atas mimbar bersabda: ” Siapa yang membaca Shollallaahu ‘Alaa Muhammad” Makan Allah akan bukakan baginya 70 pintu rahmat”.

Sejarah Turunnya Sholawat Jibril

Imam Syamsuddin as-Sakhowiy juga telah menyebutkan bahwa imam as-Samarqandiy mendengar Nabi Khidir dan Nabi Ilyas telah berkata: ”Dahulu ketika pada zaman bani Israil ada seorang Nabi yang bernama Samuel yang selalu diberikan kemenangan oleh Allah SWT ketika menghadapi semua musuhnya.

Dan pada suatu hari pihak musuh akan menyerang perkampungan beliau, pihak musuh meyakini bahwa Nabi Samuel orang yang memiliki ilmu magic (sihir) sehingga para musuh meyerang melalui dari arah laut dan membawa pasukan yang sangat banyak.

Ketika rencana serangan musuh terdengar oleh penduduk kampung darp pihak Nabi Samuel berada, merekapun lalu bertanya kepada Nabi Samuel apa yang harusdilakukan untuk menghadang serangan musuh.

Kemudian Nabi Samuel ‘alaihis salam menyerukan kepada penduduk untuk membaca: “Shollallaahu ‘Alaa Muhammad” .

Setelah para penduduk mengamalkan bacaan sholawat tersebut, dan tidak lama kemudian terdengar kabar bahwasannya tentara musuh yang berencana menyerang kecelakan yakni kapal yang mereka tumpangi tenggelam.

Dilain kisah, pada suatu hari ada seorang pemuda dari Syam mendatangi Rosulullah shollallaahu ‘alaihi wa sallam, lalu pemuda itupun bertanya kepada Beliau: ”Ya Rosulallah saw, aku punya seorang ayah yang sudah lanjut usia dan ayah ku ingin sekali berjumpa denganmu.

Lalu Rosulullah shollallaahu ‘alaihi wa sallam berkata; “Silahkan kamu datangkan ayah mu ke sini, kemudian lelaki itu menjawab: “apalah daya wahai Rosulullah saw fisiknya sudah tidak memungkinkan lagi.

Dan Beliaupun berkata; ”Kalau begitu, suruhlah ayah mu untuk memperbanyak membaca “Shollallaahu ‘Alaa Muhammad” selama 7 hari 7 malam, maka ayah mu akan bertemu aku didalam mimpi.”

Kemudian pemuda itupun bergegas kembali pulang dan menyampaikan pesan Rasululllah saw kepada ayahnya, lalu sang ayahpun mengamalkan apa yang di anjurkan oleh Rosulullah saw, dan akhirnya sang ayah bertemu Rosulullah lewat mimpinya.

Nah, itulah beberapa kisah atau sejerah mengenai sholawat jibril, kemudian di bawah ini adalah beberapa tata cara bagi siapa saja yang ingin mengamalkan sholawat ini.

Baca juga : Sholawat Nariyah

Keutamaan dan Fadhilah Sholawat Jibril

Berikut adalah rangkuman dari beberapa keutamaan jika mengamalkan sholawat ini, dan diantaranya adalah:

1. Jika sholawat ini dibaca dengan sebanyak 313x setelah sholat Shubuh dan sholat Maghrib, dapat sebagai penglaris untuk usaha dagang.

2. Jika dibaca stelah sholat Maghrib sebanyak 1071 kali insyaAllah tidak akan kekosongan uang.

3. Jika Anda sedang mendirikan bangunan rumah maka waridkan sebanyak 5000 kali setiap malamnya.

4. Jika sering dibaca 5000 kali setelah sholat Dhuha isnyaAllah bisa sebagai pembuka rejeki.

6. Jika Anda memiliki kebutuhan yang sangat mendesak maka dapat dibaca selama 24 jam dan harus selesai dengan sebanyak 124.000 kali tidak boleh makan dan juga tidak boleh minum dan tidur.

7. Segala doa supaya mudah dikabulkan maka bacalah sholawat ini dengan terus menerus tanpa hitungan dimana saja dan saat kapan saja.

Nah, itulah sebagain dari khasiat atau keutamaan bagi yang mau mewiridkan sholawat jibril ini, wallahu’alam.

Demikianlah yang dapat admin bagikan pada perjumpaan kali ini, semoga dapat bermanfaat.

Mohon maaf jika terdapat kekeliruan dan lain sebagainya, dan kepada Allah kami mohon ampun.

Terima kasih dan wasallam.

Baca juga bacaan sholawat yang lainnya:

Sholawat Jalaliyah

wahed234
1 min read

Shalawat Taisir

wahed234
1 min read

Sholawat Kulli

wahed234
1 min read