Sholawat Munjiyat

2 min read

SHOLAWAT MUNJIYAT

Sholawat munjiyat dan keutamaannya yang ditulis dengan teks arab, latin dan artinya, disertai sejarah asal-usulnya.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bismillahi Alhamdulillahi Allahumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘ala ali sayyidina Muhammad.

Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang sholawat munjiyyat, keutamaan, rahasia dan sejarahnya, baiklah mari kita ikuti pembahasan dibawah ini.

Sholawat merupakan salam penghormatan dan juga doa yang dipanjatkan untuk Nabi Muhammad SAW, namum pada hakekaknya doa yang kita panjatkan itu akan bermanfaat bagi diri sendiri dikala berdoa untuk orang lain apalagi berdoa untuk Baginda Sayyidina Muhammad SAW.

Shalawat beraneka ragam bacaannya dan juga memiliki fadhilah dan keutamaannya masing-masing pada isi sholawat tersebut, selain salam dan doa kepada Nabi SAW shalawat juga akan membawa dampak yang sangat positip bagi yang membacanya.

Dengan sering bersholawat kita berharap semoga kelak mendapatkan syafaat dari Baginda Sayyidina Muhammad SAW dihari akhir nanti, begitu juga pada saat hidup di dunia semoga mendapatkan bimbingan dan petolongan dari beliau, aamiin.

Sholawat munjiyat merupakan salah satu sholawat yang mengandung doa permohonan untuk keselamatan dari musibah, kesulitan hidup, mempercepat terkabulnya hajat, baik hajat untuk di dunia maupun akhirat dan masih banyak lagi yang lainnya.

Berikut ini kami tuliskan bacaan sholawat munjiyat

Sholawat Munjiyat

SHOLAWAT MUNJIYAT

Bacaan dengan Teks Arab

اَللهم صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

صَلَاةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْأَهْوَالِ وَالْآفَاتِ

وَتَقْضِيْ لَنَا بِهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ

وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ

وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ

وَتُبَلِّغُنَا بِهَا أَقْصَى الْغَايَاتِ

مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِيْ الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ

Bacaan Dengan Teks Latin

”Allohumma sholi a’la sayyidina muhammad wa a’la ali sayyidina muhammad, Sholatan tunjina biha min jami’il ahli wal afat, wa taq dilana biha jamia’al hajat,

Watutohhiruna biha min jami’is sayyiat, wa tar fauna biha indaka a’lad darojat,, watubalighuna biha aqshol goyat, min jami’il khoiroti filhayati wa ba’dal mamat, innaka ‘ala kulli syai in qodirun”

Artinya ;

Ya Alloh limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sholawat itu, Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan, dengan shalawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami, dengan shalawat itu, Engkau akan mensucikan kami dari segala keburukan.

Dengan sholawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi, dengan shalawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati.

Nah inilah bacaan sholawat Mujiyat yang bisa kita baca dan amalkan, sholawat ini bukan hanya sekedar sholawat, namum mempunyai segudang manfaat, keutamaan dan fadhilah bila diamalkan secara sungguh-sunguh.

Berikut beberapa manfaat dan keutamaan yang bisa anda ketahui

Baca Juga ; Doa Pagi Hari

Manfaat dan Keutamaan Sholawat Munjiyat

  1. Syeikh Al-Buni dan imam jazuli menerangkan bahwa barang siapa yang berhajat, hajat dunia maupun hajat akhirat, maka bacalah shoalwat ini sebanayk 1000 x pada malam hari makan Insya Alloh hajatnya akan segera dikabulkan oleh Alloh swt.
  2. Barang siapa membacanya sebanyak 500 kali dalam sehari, maka Insay Alloh akan dikabulkan hajat dan keinginannya, terutama bagi yang berhajat mohon kekayaan atau minta dipercepat mempunyai keturunan.
  3. Barang siapa yang mampu membaca sebanyak 100 kali pada tengah malam, atau setelah mendirikan sholat tahajud dan membaca doa tahajud maka apapun hajat yang diinginkan kepada Alloh SWT akan cepat dikabulkan.

Inilah beberapa dari manfaat dan keutamaannya, namum baik juga dibaca setelah sholat fardu minimal 1kali. Wallohu A’lam

Baca Juga ; Bacaan Sujud Sahwi

Setelah kita mengetahui bacaan dan keutamaannya ada baiknya kita juga perlu mengetahui asal-usul atau sejarah sholawat ini.

Sejarah Turunnya Sholawat Munjiyat

Asal-usul sholawat ini berasal dari seorang Syeikh yang bernama Musa Al Darir, yang pada waktu itu syeikh sedang memalukan perjalanan dengan menaiki kapal laut, suatu ketika Syeikh Musa Al Darir di tengah perjalanan diterjang oleh ombak dan angin yang sangat besar.

Pada saat itu juga para awak kapal dan semua penumpang mulai berfikir bagaimana caranya supaya selamat dari goncangan yang besar ini, mereka pun berfikir dalam keadaan hati yang amat panik.

Di saat dalam keadaan yang sangat panik itu, seketika Syeikh Musa Al Darir merasakan kantuk yang begitu hebat. Sehingga syeikh tidak kuasa menahan dirinya untuk terjaga, akhirnya beliau pun tertidur, di dalam tidurnya beliau bermimpi berjumpa dengan Rosulullah SAW.

Kemudian di dalam mimpinya tersebut, syeikh mendapat amalan Sholawat Munjiyat dan beliau pun diperintahkan agar mengajarkan kepada semua kru kapal dan seluruh penumpang dengan membacanya sholawat tersebut sebanyak 1000 kali.

Kemudian Syeikh Musa pun kembali terbangun dari tidurnya, kemudian cepat-capat menceritakan kabar mimpinya itu kepada semua penumpang kapal dan segera mengajari bacaan sholawat tersebut

Lalu mereka pun dengan segera membaca sholawat itu secara bersama-sama, semua yang berada dikapal segera membaca sholawat Munjiyat, namum belum sampai hitungan 1000 kali, baru kisaran 300 kali bacaan ombak dan angin yang besar itu seketika reda, tentunya atas pertolongan Alloh SWT.

Nah itulah sejarah asal muasal yang sangat luar biasa kisahnya, jadi dapat ditarik kesimpulan, bahwa sholawat ini adalah sebagai sholawat penyelamat dalam segala keadaan terutama dalam keadaan yang sangat berbahaya. Wallohu A’lam

Demikialah sedikit keterangan tentang sholawat Munjiyat yang dapat kita bahas dalam kesempatan kali ini, semoga kita di beri pertolongan oleh Alloh SWT, untuk dapat mengamalkanya, aamiin.

Terima kasih, wassallam.

Sholawat Fatih

Santri Angga
3 min read

Sholawat Nariyah

Santri Angga
2 min read