Sholawat Tibbil Qulub

1 min read

Sholawat Tibbil Qulub Teks Arab Latin dan Terjemahannya.

Assalamu’alaikum.
Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Sholawat Thibil Qulub, lengkap dengan bacaan Arab, latin dan berikut arttinya dan juga keutamaan dari sholawat ini.

Sholawat Thibil Qulub disebut juga dengan sholawat ghairu ma’tsur, artinya yakni sholawat yang dibuat atau disusun oleh para ulama.

Dan jika sholawat yang berasal dari nabi sendiri disebut sholawat ma’tsur artinya Sholawat asalnya dari nabi sperti bacaan sholawat”Allahumma sholli ‘ala Muhammad” (اللهم صل علي محمد).

Sholawat tibbil qulub sering di lantunkan di acara maulid dan acara acara seperti dalam majlis shoalwat dalam acara besar kegamaan dan lain sebagainya, bahkan di musola dan masjid sholawat ini juga biasanya dibacakan sebelum adzan sambil menunggu waktu sholat.

Sholawat ini memiliki banyak manfaat bagi siapa saja yang mau melazimkan membacanya, berikut di bawah ini akan kami tuliskan beberapa keutamaan dari sholawat ini.

Baca juga: Lirik dan keutamaan Sholawat Fatih

Bacaan Sholawat Tibbil Qulub, Teks Arab

اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ
طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا
وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا
وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا
وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ  وَسَلِّم

Teks Latin

Allohumma Sholli ‘ala sayyidinaa muhammadin
Thibbil qulubi wa dawa ihaa
Wa ‘afiyatil abdaani wa syifaa ihaa
Wa nuuril abshoori wa dhiyaa ihaa
Wa ‘alaa aalihi wa shohbihi wa sallim

Baca juga: Lirik Sa’duna Fiddunya

Artinya

Ya Allah limpahkan rahmat kepada junjungan kami nabi Muhammad Saw, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya, sebagai penyinar penglihatan mata  beserta cahayanya dan semoga rahmat tercurah limpahkan kepada para sahabat beserta keluarganya.”

Keutamaan Sholawat Tibbil Qulub

Sholawat tibbil qulub mempunyai keutamaan dan manfaat bagi pembacanya diantara sebagai berikut:

  1. Sholawat ini mempunyai keutamaan sebagai obat atau Syifa’ baik untuk obat hati atu batin dan juga sebagai sakit dhohir atau badan, dengan cara di awalai dengan bertawasul kepada Baginda Nabi Muhammad SAW.
  2. Sholawat ini juga disebut dengan Sholawat syifa dan sholawat nuril abshor, yang artinya mohon agar diberikan petujuk jalan yang lurus dan cahaya kebenaran.

Nah itulah sebagain keutamaan dari sholawat Tibbil Qulub yang bersama sudah kita ketahui.

Demikianlah pembahasan mengenai sholawat yang dapat kami sampaikan, semoga dapat berkenan dan bermanfaat.

Terima kasih dan wassalam.

Baca juga: