Sholawat Ummi

1 min read

Sholawat Ummi – Bacaan Sholawat Ummi lengkap dengan tulisan Arab, tulisan Latin dan arti terjemahan dalam bahasa Indonesia serta keutamaannya Sholawat Ummi.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.
Dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan ulasan mengani bacaan sholawat ummi, secara lengkap akan kami ulas mulai dari bacaannya, arti dan keutamaan, untuk mendapat keterangan yang lebih lengkap yuk simak saja langsung tulisan yang telah kami siapkan di bawah ini.

Membaca sholawat atau bersholawat kepada kanjeng Nabi Muhammad merupakan perintah langsung yang dianjurkan oleh Allah Swt. Banyak bacaan sholawat yang bisa kita baca kepada kanjeng nabi, namu kali ini kami akan memberikan keterangan mengenai sholawat ummi.

Membaca Sholawat Ummi, Nabi sendiri yang menganjurkan, bacaan sholawatnya terdiri dari kalimah yang tidak terlalu panjang namum mempunyai begitu banyak manfaat bagi siapa saja yang mau membaca dan mengamalkannya. Dan sholawat Ummi sendiri telah disusun oleh seorang Syekh yang bernama Abbu Abbas Al-Mursy Ra.

Baca juga: Sholawat Badar

Bacaan Sholawat Ummi

Gambar Bacaan Sholawat Ummi

Berikut ini kami tuliskan bacaan sholawatnya lengkap dengan tulisan Arab, Latin dan berikut artinya.

Bacaan Arab

اَللَّــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَـيِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَـبِـيِّكَ وَرَسُوْلِكَ نَبِى الْأُمِّـى وَعَــلـٰى أَلِـهِ وَصَحْبِهِ وَسِلِّـمْ.

Bacaan Latin

Allahumma sholli’alaa sayyidinaa muhammadin abdika wanabiyyika wa Rosuulika Nabil Ummy wa a’laa alihi wa shohbihi wasillam

Artinya

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, sebagai hamba, Nabi, dan utusan-Mu yang Ummy (tidak bisa membaca dan menulis) beserta keluarga dan sahabatnya dengan salam yang sesungguhnya.

Keterangan Pengertian Ummy
Lafadz ”Ummy” artinya (tidak bisa membaca dan menulis) hal ini bukanlah Rosulullah saaw tidak dapat menulis dan membaca lalu diartikan bodoh, namun karena Nabi adalah Al Musthafa yakni manusia yang paling sempurna seorang utusan Allah dan kepintarannya melebihi ahli baca dan tulis.

Baca juga: Sholawat Asnawiyah

Keutamaan dan Fadilah Sholawat Ummi

Berikut ini adalah beberapa keterangan mengenai keutamaan atau fadilah dari sholawat ummi.

Keterangan dari Hadits

  • Rosulullah Sholallohu ‘alaihi wa salam telah bersabda yang berbunyi sebagai berikut: “Barangsiapa shalat ashar dihari Jum’at kemudian sebelum ia bangun dari tempat duduknya dan ia membaca “ALLAHUMMA SHOLLI ALAA MUHAMMADIN UMMYYI WA ALAA ALIHI WASALLIM TASLIIMAN” sebanyak (80 x) maka akan diampuni baginya dosa delapan puluh tahun, dan dicatat baginya ibadah delapan puluh tahun” (Hadist riawayat Al-Baihaqi)
  • Dan pada hadits yang lain Nabi Muhammad Sholallohu ‘alaihi wa salam telah bersabda : Barang siapa yang bersholawat atas ku dengan sebanyak 1000 x (seribu kali) di hari Jum’at dengan ucapan yakni: “ALLAHUMMA SHOLLI ALA MUHAMMADIN NABIYYIL UMMYI” maka dia akan melihat Rob-nya (Tuhannya) di waktu malam atau Nabinya atau melihat tempatnya di surga.
  • Jika tidak melihatnya lakukan hal itu di dua jum’at, atau tiga jum’at, atau lima jum’at”.(Kitab At Tuhfah Al-Maldriyyah Fil-Akhbaril Qudsiyyah Wal-Ahaditsin-Nabawiyyah – As-Syikh-Abdul Majid Al-‘Adawiy) Wallahu ‘alam.

Nah itulah beberapa dari keutamaan atau fadilah, namum masih banyak keutamaan yang lainnya dari beberapa keterangan dari para ulama.

Demikianlah ulasan singkat yang dapat kami berikan pada kesempatan kali ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Terima kasih dan wassallam.

Baca juga sholawat lainnya:

Toko Bunga Lampung

wahed234
3 min read

Sholawat Jibril

wahed234
2 min read

Sholawat Kulli

wahed234
1 min read