Sifat wajib Rasul

2 min read

SIFAT-WAJIB-RASUL

Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Berikut sifat wajib, sifat mustahil dan jaiz bagi Rasul Alloh yang wajib diketahui bagi kita, akan dibahas disini.

Rukun iman ada enam bagi agama islam yang wajib dipercaya dengan penuh keyakinan yang benar, salah satu adalah imam kepada Rasul Alloh yang merupakan rukun iman yang keempat.

Rasul Alloh adalah seorang hamba pilihan yang ditugaskn oleh Alloh untuk mengajak umat manusia kembali kejalan yang benar.

Perbedaaan Nabi dan Rasul

Berikut ini yang membedakan seorang nabi dan rosul adalah ;

Nabi adalah seorang hamba Alloh yang berjenis kelamin laki-laki yang mendapat wahyu dari Alloh SWT, tetapi tidak dianjurkankan dan tidak diwajiban untuk menyebarkan untuk umat.

Sedangkan Rasul merupakan seseorang yang berjenis kelamin pria yang diberi wahyu kemudian ia memliki kewajiban untuk menyebarkan wahyu kepada umatnya agar kembali kejalan Alloh dan menyebah Alloh.

Nah itulah sedikit perbedaan antara seorang Nabi dan Rosul, yang keduanya diberikan wahyu hanya saja ada yang diperintah menyampaikan kepada umat dan ada yang tidak.

Rosul ialah pesuruh Alloh untuk memimpin dunia dan membimbing manusia agar mengetahaui bahwasannya manusia merupakan cipataan Alloh, oleh karena itu adanya seorang Rosul diutus untuk menyadarkan manusia agar kembali kepada Alloh dan menyembah Alloh.

Tidak menyembah selain Alloh dan menuhankan selain Alloh, yaitu patung, matahari, bintang, bulan dan pohon-pohon besar, oleh karena itu diutus lah seorang Rosul untuk mengembalikan pada jalan yang lurus.

Seorang Rosul juga berkelakuan seperti layaknya seorang manusia biasa yang memerlukan makan, minum, tidur, dan sebagainya. namum seorang Rosul diberikan keistimewaan yaitu diberikan oleh Alloh sifat yang terpuji.

Sifat terpuji bagi seorang Rosul adalah sifat yang wajib baginya yang dimiliki seorang yang bergelar Rosul, sebagai tauladan untuk umatnya.

Baca Juga ; Doa Pagi Hari

Sifat Wajib Rasul

Sifat Wajib Rasul
Sifat Wajib Rasul

Rosul diberikan keistimewaan berupa empat sifat yang selalu terjaga dalam menjalankan dakwahnya diantaranya sebagai berikut :

1. Shidiq

Shidiq artinya ialah benar, benar dalam Segala perkataan, persaan dan perbuatan, jadi tidak mungkin seorang Rasul berkata bohong dan berbuat yang tidak benar baik ucapan, persaan dan juga perbuatannya.

2. Amanah

Amanah secara arti bahasa arab memilki arti dapat dipercaya. jadi tidak mungkin seorang Rosul berkhianat dalam menyampaikan wahyu dan perintah Allah kepada umat manusia.

3. Tabligh

Tabligh artinya adalah menyampaikan, jadi seorang Rosul sudah pasti akan menyampaikan apa yang telah diperintahkan Alloh untuk umatnya dan tidak mungkin seorang Rosul melanggar perintah dan ajaran Alloh yang diturunkan kepadanya.

4. Fathanah

Fathonah mempunyai arti yaitu cerdas atau pandai, jadi tidak mungkin seorang Rosul bodoh, seorang Rosul sudah pasti cerdas dan pintar, karena Alloh memberikan kecerdasan untuk menghadapi umat-umat dengan berbagai macam pemikiran jadi sudah pasti seorang Rosul Pintar.

Nah inilah sifat wajib bagi Rosul yang selalu terjaga, dalam rangka menyebarkan perintah Alloh kepada umatnya.

Selain sifat wajib Rasul juga mempunyai sifat mustahil, berikut penjelasanya

Baca Juga ; Doa Nurbuat

Sifat Mustahil Bagi Rasul

Sifat mustahil bagi Seorang Rosul adalah kebalikan dari sifat wajibnya artiny sifat yang tidak mungkin dimiliki oleh Rosul, berikut sifat-sifatnya

1. Kidzib

Kidzib Mempunyai arti berdusta atau bohong , Sifat dusta dan bohong sudah pasti tidak akan mungkin dimiliki seorang Rasul karena mereka selalu terjaga dan di jaga oleh Allah SWT, baik ucapan, persaan maupun perbuatannya.

2. Khianat

Khianat artinya tidak dapat dipercaya, jadi mustahil bagi Rosul berkhianat karena mereka seorang utusan Alloh yang selalu terjaga untuk penyampaikan wahyu Alloh kepada umatnya.

3. Kitman

Kitman arti adalah merahasiakan wahyu, tidak mungkin seorang Rosul menyembunyikan sebuah perintah Alloh yang harus disampaikan kepada umatnya.

4. Jahlun/baladah

Baladah artinya bodoh, seperti yang sudah dijelaskan diatas Rasul adalah seorang hamba terpilih yang tidak mungkin bodoh karena Alloh memberikan kecerdasan yang luar biasa, sebagai bekal untuk menyampaikan wahyu yang menjadi perintah Alloh.

Inilah empat sifat kebalikan atau mustahil yang dimiliki oleh seorang Rosul, setelah dua sifat Rosul yang berlawan ini ada satu lagi sifat Rosul yang perlu kita ketahui.

Sifat Jaiz

Utusan Alloh SWT ( Rasul ) juga mempunyai sifat yang sama dengan manusia biasa yang disebut dengan sifat jaiz. Sifat jaiz bagi Rasul adalah A’radhul Basyariyah yang bermakna sama seperti sifat manusia pada umumnya yang merasa haus, lapar, ngantuk, bisa sakit dan juga mengalami kematian,

Inilah sifat jaiznya para Rasul yang sama seperti manusia pada umumnya. Wallohu A’lam

Demikian pembahasan mengenai sifat-sifat bagi para Nabi dan Rasul yang perlu kita ketahui, semoga pembahsan singkat ini bisa bermanfaat.

Terima kasih, Wassalam


Arti Tafadhol

Santri Angga
1 min read

Arti Jazakallah Khairan

Santri Angga
2 min read

Doa Masuk Kelas

Santri Angga
2 min read