Bacaan Sujud Sahwi

2 min read

Assalamu alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Penjelasan lengkap tentang sujud sahwi, tata cara sujud, penyebabnya dan keterangan hadist Nabi. dalam bahasa latin, arab dan artinya agar mudah dipahami.

Penegrtian Sujud Sahwi

Sahwi secara bahasa memiliki arti lupa, sedangkan pengertian adalah dua sujud yang dikerjakan karena ada yang terlupa di dalam sholat, dua sujud ini dikerjakan setelah melakukan takhiyat akhir sebelum salam dan juga bisa di lakukan setelah salam.

Manusia tidak luput dari lupa dan salah, karena sudah menjadi sifat yang diletakkan oleh Alloh swt kepada manusia agar manusia dapat berusaha dan berjuang untuk lebih ingat kepada Tuhannya.

Penyebab Harus Mengerjakan Sujud Sahwi

Sebab melakukan Sujud sahwi dikarena kelalaian atau lupa salah satu rukun dan sunnah ab’adh dalam sholat sehingga harus menyempurnakannya, berikut ini dua hal yang perlu diperhatikan

1. Sujud sahwi yang dilakukan sebelum salam

  • Karena lupa mengerjakan salah satu rukun yaitu tasyahud awal, sehingga ia harus menyempurnakannya dengan sujud sahwi
  • Merasa ragu dengan jumlah rakaat sholat yang dikerjakan, apakah sudah cukup atau kurang rokaat dalam sholatnya

inilah 2 hal yang menjadi alasan harus melakukan sujud sahwi sebelum salam, kemudian perlu diketahui juga yang dikerjakan setelah salam.

2. Sujud sahwi yang dikerjakan setelah salam

  • Jika kelebihan rokaat dalam sholat maka hendaklah melakukan sujud sahwi sesudah salam,
  • Bila kita terlanjur menutup sholat dengan salam, sementara baru ingat bawhwa rokaatnya kurang, maka harus menyempurnakan kekurangan rokaatnya dengan melakukan sujud sahwi sesudah salam
  • Dan bila terdapat keraguan dalam rokaat dan rukun lainnya dalam sholat, lalu teringat dan memilih yang yakin, maka musti melakukan sujud sahwi sesudah salam

Nah inilah sebagian penyebabnya, setelah kita ketahui bersama penyebabnya, kemudian akan dijelaskan bagaiman cara melakukan sujud sahwi, berikut kita simak bersama.

Baca Juga ; Doa Setelah Sholat

Keterangan Hadist Sujud Sahwi

Dalam hadist Nabi menjelaskan bahwa sujud sahwi dikerjakan dengan dua kali sujud diakhir sholat, ada yang sebelum dan ada yang sesudah salam. pada saat ingin melakukan sujud membaca takbir dan begitu juga ketika ingin bangun dari sujud membaca takbir kembali.

Contoh cara mengerjakan sujud sahwi sebelum salam dijelaskan dalam sebuah hadits dari ‘Abdullah bin Buhainah

فَلَمَّا أَتَمَّ صَلَاتَهُ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ فَكَبَّرَ فِي كُلِّ سَجْدَةٍ وَهُوَ جَالِسٌ قَبْلَ أَنْ يُسَلِّمَ

Artinya ; Setelah beliau ( sholallohu alaihi wasalam ) menyempurnakan shalatnya, beliau ( sholallohu alaihi wasalam ) sujud dua kali. Ketika itu beliau ( sholallohu alaihi wasalam ) bertakbir pada setiap akan sujud dalam posisi duduk. Beliau ( sholallohu alaihi wasalam ) lakukan sujud sahwi ini sebelum salam.” (Hadist Riwayat. Bukhari no. 1224 dan Muslim no. 570)

Sujud sahwi yang dikerjakan sesudah salam sebagaimana dijelaskan dalam keterangan hadits dari ‘Imron bin Hushain,

فَصَلَّى رَكْعَةً ثُمَّ سَلَّمَ ثُمَّ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ ثُمَّ سَلَّمَ.

Kemudian beliau ( sholallohu alaihi wasalam ) shalat satu rokaat (menambahkan rokaat yang kurang tadi). kemudian beliau ( sholallohu alaihi wasalam ) salam. Setelah itu beliau ( sholallohu alaihi wasalam ) melakukan sujud sahwi dengan dua kali sujud. Kemudian beliau salam lagi.” (Hadist Riwayat. Muslim no. 574)

Saat menerjakan sujud sahwi sesudah salam, kemudian ditutup dengan salam kembali sesuai dalam hadist Nabi dari ( Imron bin Hushain )

Kemudian beliau ( sholallohu alaihi wasalam ) pun shalat satu rakaat lagi (menambah raka’at yang kurang tadi). kemudian beliau ( sholallohu alaihi wasalam ) salam.lagi, Setelah itu beliau ( sholallohu alaihi wasalam ) melaksanakan sujud sahwi sebanyak dua kali sujud. Kemudian beliau salam lagi.” (Hadist Riwayat. Muslim no. 574)


Inilah ketrangan Hadist Nabi yang menjadi anjuran untuk mengerjakan sujud sahwi ketika dalam sholat ada keraguan dan kekeliruan dalam rokaat

Baca Juga ; Doa Masuk Masjid

Cara Menegrjakan Sujud Sahwi

Dalam cara pengerjakannyasama dengan sujud diwaktu sholat fardu yang dilakukan sebanyak dua kali diselingi dengan duduk iftirosy, namum ada perbedaaan dalam mengerjakan sesudah salam dan sebelum salam, berikut caranya

Cara mengerjakan sebelum salam

Dilakukan ketika pada posisi tasyahud akhir tidak melakukan salam terlebih dahulu, tetapi takbir kembali untuk melakukan sujud sahwi sebanyak dua kali kemudia duduk tasyahud akhir kembali dan baru salam.

Cara mengerjakan setelah salam

Dilakukan tidak harus berdiri kembali ketika hendak awal sholat, tetapi disaat duduk setelah salam, langsung mengucapkan takbir untuk sujud yang pertama, kemudian bangun dan duduk kembali, lalu takbir lagi melakukan sujud yang kedua dan bangun kembali dan duduk tasyahud akhir lalu ditutup dengan salam.

Nah itulah tata caranya yang bisa kita ketahui bersama setelah membaca tulisan ini, dan lalu bagaiman dengan bacaan sujud sahwinya, berikut akan dituliskan bacaan saat sujud sahwi.

Doa sujud Sahwi

Dalam hal bacaan doanya ada beberapa perbedaan pendapat antara ulama namum boleh dipergunakan keduanya, tinggal anda pilih saja yang bisa anda pahami

Bacaan Arab

سُبْحَانَ مَنْ لَا يَنَامُ وَلَا يَسْهُوْ

Bacaan Latin

”Subhana man laa yanaamu wa laa yas-huu”

Artinya ;

Maha Suci Alloh yang tidak pernah tidur dan tidak pernah lupa

Dan boleh juga dengan membaca seperti bacaan sujud ketika sholat Fardhu

Bacaan Arab

سُبْحَانَ رَبِّىَ الأَعْلَى


Bacaan Latin

Subhaana robbiyal a’laa

Artinya ; Maha Suci Allah Yang Maha Tinggi

inilah bacaan doanya sebagian ulama juga memperbolehkan membaca kedua diantaranya,

Demikianlah pembahasan kita kali ini, yang secera berurutan sudah dituliskan disini, semoga setelah kita mengetahui tentang pembahasan ini, bisa dipraktekannya suatu saat nanti jika ada yang terlupa dalam sholat. Wallohu A’lam

Terima kasih , Wassalam

Nama Hari Bahasa Arab

Santri Angga
2 min read

Doa Untuk Keluarga

Santri Angga
2 min read

Fii Hifzillah Artinya

Santri Angga
1 min read