Taawun Artinya

2 min read

Berikut artikel tentang taawun artinya, pengertian serta hikmah taawun akan diulas secara lengkap pada bahasan berikut ini.

Assalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bantu membantu adalah tugas setiap Muslim dalam ajaran Islam. Karena manusia tidak dapat bertahan hidup sendirian. membantu adalah hal biasa, dengan membantu itu dapat bermanfaat bagi semua orang.

Taawun
Taawun

Ini berarti bahwa membantu dalam Islam hanya diizinkan karena ketulusan, kebaikan, serta kesalehan. Dan itu tidak diperbolehkan dalam hal dosa serta pertikaian. Dalam kehidupan komunitas, bantuan juga terkait erat dengan hubungan sosial.

Pada uraian berikut Waheedbaly coba membantu ketahui perihal dimaksud apakah taawun artinya serta apa definisi dari taawun tersebut.Maka taawun artinya.

Baca Juga : Arti Tawadhu

Taawun Artinya

Dalam Islam pengertian dari taawun memiliki arti kata “saling bantu membantu” dalam perihal kebaikan, karena taawun sendiri tidaklah lepas dari kehidupan sosial masyarakat.

Jika dalam bahasa Arab memiliki arti ialah ta’awana, yata’aawuna serta ta’awuna (saling bantu membantu antar sesama manusia tanpa terkecuali).

Memiliki rasa saling bekerja sama serta membantu dalam hal membutuhkan sehingga tercipta kehidupan yang rukun antar masyarakat.

Sebagaimana tertera dalam Al-Quran surat Al-Maidah ayat 2 berikut :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تُحِلُّوا۟ شَعَٰٓئِرَ ٱللَّهِ وَلَا ٱلشَّهْرَ ٱلْحَرَامَ وَلَا ٱلْهَدْىَ وَلَا ٱلْقَلَٰٓئِدَ وَلَآ ءَآمِّينَ ٱلْبَيْتَ ٱلْحَرَامَ يَبْتَغُونَ فَضْلًا مِّن رَّبِّهِمْ وَرِضْوَٰنًا ۚ وَإِذَا حَلَلْتُمْ فَٱصْطَادُوا۟ ۚ وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَـَٔانُ قَوْمٍ أَن صَدُّوكُمْ عَنِ ٱلْمَسْجِدِ ٱلْحَرَامِ أَن تَعْتَدُوا۟ ۘ وَتَعَاوَنُوا۟ عَلَى ٱلْبِرِّ وَٱلتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا۟ عَلَى ٱلْإِثْمِ وَٱلْعُدْوَٰنِ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۖ إِنَّ ٱللَّهَ شَدِيدُ ٱلْعِقَابِ

Surat Al-Maidah Ayat 2

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya “

Begitu pun sebagaimana Sabda Rasulullah SAW menerangkan :

حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ سِتٌّ: إِذَا لَقِيْتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ  وَإِذَا اسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْهُ وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللَّهَ فَشَمِّتْهُ وَإِذاَ مَرِضَ فَعُدْهُ  وَإِذاَ مَاتَ فَاتْـبَعْهُ

Artinya :

“Hak muslim kepada muslim lain ada enam.”Beliau shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, ”(1) Apabila engkau bertemu, ucapkanlah salam kepadanya; (2) Apabila engkau diundang, penuhilah undangannya; (3) Apabila engkau dimintai nasihat, berilah nasihat kepadanya; (4) Apabila dia bersin lalu dia memuji Allah (mengucapkan ’alhamdulillah’), doakanlah dia (dengan mengucapkan ’yarhamukallah’); (5) Apabila dia sakit, jenguklah dia; dan (6) Apabila dia meninggal dunia, iringilah jenazahnya (sampai ke pemakaman)

Dengan berlaku taawun sehingga akan tercipta suatu akhlak yang baik dalam hal memberi serta dapat membantu, saling melindungi orang disekililingnya.

Hubungan taawun tersebut dalam masyarakat adalah membantu orang lain yang benar-benar membutuhkan bantuan.

Baca Juga : Yang Membatalkan Sholat

Pengertian Taawun

Seperti yang sudah diterangkan diatas dalam Al-Quran surat Al-Maidah ayat 2 tersebut menerangkan bahwa taawun ialah ta’awana, yata’aawuna serta ta’awuna (saling bantu membantu antar sesama manusia tanpa terkecuali).

Untuk itu pengertian taawun adalah wajib bagi setiap Muslim untuk saling membantu antara saudaranya yang lain dalam hal kebaikan tidak untuk perihal keburukan.

Sebagaimana Hadits dibawah ini menerangkan jika berbuat keburukan.

وَمَنْ سَنَّ فِى الإِسْلاَمِ سُنَّةً سَيِّئَةً كَانَ عَلَيْهِ وِزْرُهَا وَوِزْرُ مَنْ عَمِلَ بِهَا مِنْ بَعْدِهِ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أَوْزَارِهِمْ شَىْءٌ

“Barangsiapa yang memberi petunjuk pada kejelekan, maka ia akan mendapatkan dosa dari perbuatan jelek tersebut dan juga dosa dari orang yang mengamalkannya setelah itu tanpa mengurangi dosa mereka sedikit pun juga.” (HR. Muslim no. 1017).

Perintah Taawun

Dengan bertaawun terdapat sebuah hikmah suatu perintah didalamnya. Salah satunya jika berlaku taawun tersebut serta bantu membantu sehingga akan miliki banyak teman.

Tidak menutup kemungkinan akan menjadi saudara. Dalam hal keterkaitan dengan Allah, kita sendiri akan memperoleh pahala yang baik.

Sebagaimana jika orang tersebut berilmu pasti akan membantu dalam perihal ilmunya, jika orang itu kaya akan membantu dengan harta kekayaannya.

Untuk itulah kita sebagai Umat Muslim Islam haruslah saling membantu antar saudara Muslim lainnya.

Intinya adalah dengan bersikap taawun tersebut merupakan salah satu bentuk perwujudan kita dalam bersyukur atas anugerah Allah SWT.

Sehigga dengan melakukan sikap tersebut kita dapat melakukan dengan bersungguh-sungguh serta dapat membersihkan hati dari perbuatan mungkar serta sarana memperoleh hubungan yang baik dengan sesama.

Baca Juga : Doa Bayar Zakat Fitrah

Hikmah

Terdapat beberapa hikmah dibalik sikap jika kita berlaku taawun tersebut salah satunya ialah seperti ini.

Dengan berlaku taawun pastilah akan dapat memperkuat hubungan tali silaturahmi antara saudara Muslim lain.

Sehingga akan tercipta suatu hubungan yang rukun serta harmonis antar umat saudara lainnya, sehingga terciptalah suatu ruang lingkup yang dapat bantu membantu seperti contoh dalam perihal bergotong royong.

Tuhan mengajak hambaNya satu sama lain untuk saling membantu dengan kebaikan dan kesalehan.

Karena kesalehan mengandung keridhaan Allah, sementara jika semuanya berjalan baik, orang akan menyukainya.

Siapa pun yang menggabungkan keridhoan Allah dan keridhoan manusia, maka akan mendapatkan kebahagiaan yang sejati yang sempurna dan serta berlimpah.

Untuk itu wajib bagi kita agar dapat mewariskan kepada anak cucu kita kelak dengan bersikap taawun agar mendapatkan ridho ilahi.

Penutup

Demikianlah sedikit uraian tentang pembahasan perihal taawun, semoga dapat membantu kalian ketahui serta dapat dijalankan dengan baik agar tercipta hubungan tali silaturahmi yang harmonis serta rukun dalam kehidupan antar masyarakat.

Akhir kata terima kasih, Wassalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam Waheedbaly.

Baca Juga :

Doa Nabi Adam

Dee
3 min read

Arti Mimpi Naik Tangga

Dee
3 min read

Arti Mimpi Bersedekah

Dee
2 min read