Tanda-Tanda Hari Kiamat

5 min read

Tanda-tanda hari kiamat, jenis kiamat, tanda kiamat kecil, tanda kiamat besar dan penjelasannya akan dibahas disini.

Assalamu’alaikum.
Pada kesempatan kali ini akan diulas tanda-tanda kiamat dan rangkaian yang kerkaitan dengan hari kiamat, agar mendapat informasi yang lebih detail mari simak dengan seksama pemabahasan di bawah ini.

Hari Kiamat

Hari kiamat disebut sebagai Yaumul Qiyamah dalam bahasa Arabnya, dan mempunyai arti yaitu berakhirnya seluruh kehidupan semesta alam dan makhluk.

Pada saatnya tiba yakni hari kiamat maka seluruh alam semesta dan semua isinya akan hancur dan semua yang hidup akan dimatikan oleh Allah Swt.

Kapan Hari Kiamat itu terjadi ? Tidak ada suatu makluk pun yang mengetahui akan datang hari kimat, hanya Allah lah yang tahu kapan akan terjadi hari kiamat itu.

Kehancuran alam berserta isinya pada hari kiamat sudah menjadi kehendak Allah, tetapi tidak diketahui kapan waktunya akan terjadinya hal ini masih menjadi rahasia Allah dan kehendak Allah.

Peristiwa terjadinya hari kiamat akan ditandai dengan peniupan sangkakala yang pertama oleh malaikat isrofil. Dan seluruh mahkluk akan mati tidak ada satupun yang hidup.

Setelah itu pada peniupan sangkakala yang kedua oleh malaikat isrofil, Seluruh mkhluk akan di bangkitkan kembali untuk mempertanggung jawabkan amal perbuatannya selama hidup di dunia.

Baca juga: Tugas Malaikat

Jenis Kiamat

Macam atau jenis kiamat ada 2 yaitu:

  • Kiamat kecil (Sughra) dan
  • Kiamat besar (Kubra).

Kedua macam kimat ini memiliki ciri dan tanda yang berbeda.

Sebelum kita membahas tentang tanda-tanda kimat, perlu di ketahui terlebih dahulu pengertian 2 jenis kiamat ini, mari simak penjelasan berikut ini.

1. Kiamat Kecil (Sughro)

Tanda kiamat Sughro sudah sering kita alami dan memang sudah terjadi di kehidupan saat ini. Kiamat Kecil (Sughro) seringkali dianggap biasa saja dan tidak manusia yang menyadari pada umumnya kalau fenomena itu adalah kiamat kecil.

Sebenarnya kiamat kecil terjadi adalah sebuah teguran yang diberikan oleh Allah supaya manusia bisa kembali ke jalan yang lurus dan kembali untuk bertaubat. Hendaknya dengan adanya peringatan kecil ini membuat orang sadar dan bisa memperbaiki diri untuk lebih baik lagi.

2. Kiamat Besar (Kubro)

Tanda kiamat Kubro bisa dibilang tidak ada tandanya lagi, jika tanda kiamat Kubro sudah muncul berarti seluruh kehidupan di alam semesta akan segera berakhir dan akan mengalami kehancuran.

Tanda kiamat Kunro ini tidak akan pernah terbayangkan oleh manusia. Setelah kiamat Kubro terjadi semua makhluk akan dikumpulkan untuk menjalani hari perhitungan di alam barzah.

Baca juga: Iman Kepada Hari Kiamat

Tanda-Tanda Kiamat

Tanda kiamat bisa saja ditandai dengan adanya perubahan kondisi alam atau banyaknya fenomena alam yang terjadi pada saat itu.

Nabi Saw menerangkan dalam sebuah sabdanya tentang hari kiamat, yang diriwayatkan oleh Imam Muslim :

عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ أَسِيدٍ الْغِفَارِيِّ قَالَ اطَّلَعَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْنَا وَنَحْنُ نَتَذَاكَرُ فَقَالَ مَا تَذَاكَرُونَ قَالُوا نَذْكُرُ السَّاعَةَ قَالَ إِنَّهَا لَنْ تَقُومَ حَتَّى تَرَوْنَ قَبْلَهَا عَشْرَ آيَاتٍ فَذَكَرَ الدُّخَانَ وَالدَّجَّالَ وَالدَّابَّةَ وَطُلُوعَ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا وَنُزُولَ عِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَيَأَجُوجَ وَمَأْجُوجَ وَثَلَاثَةَ خُسُوفٍ خَسْفٌ بِالْمَشْرِقِ وَخَسْفٌ بِالْمَغْرِبِ وَخَسْفٌ بِجَزِيرَةِ الْعَرَبِ وَآخِرُ ذَلِكَ نَارٌ تَخْرُجُ مِنْ الْيَمَنِ تَطْرُدُ النَّاسَ إِلَى مَحْشَرِهِمْ

Artinya : “Kiamat tidaklah terjadi sehingga kalian melihat sepuluh tanda-tanda sebelumnya.”

“Kabut, Dajjal, binatang (ad-dābbah), terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam AS, Ya’juj dan Ma’juj, tiga gerhana : gerhana di timur, gerhana di barat dan gerhana di jazirah Arab dan yang terakhir adalah api yang muncul dari Yaman menggiring manusia menuju tempat perkumpulan mereka.”

Dari hadist di atas menerangkan bahwa jiak ada tanda dari yang disebutka diatas maka kiamat besar akan terjadi.

Dengan menghayati isi hadist di atas hal ini bisa menambah keyakinan dan iman kiat terutama iman kepada hari akhir, dan hari akhir pasti akan terjadi.

Berikut di bawah ini akan kami sampaikan tanda-tanda hari kiamat, silah simak ulasan di bawah ini.

Tanda Kiamat Kecil

Tanda kiamat kecil terjadi secara berulang dan dalam kurun waktu yang cukup panjang dan sering terjadi.

Sebenarnya tanda ini sering kita dijumpai pada kehidupan sehari-hari dan tanda tersebut sudah lama terjadi bahkan sejak zaman dahulu.

Agar lebih mudah untuk memahami mengenai tanda kiamat kecil dengan lebih mendalam, mari kita simak bersama uraian di bawah ini.

1. Tanda kiamat kecil ini sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad Saw
Tanda yang terjadi pada zaman itu yakni dengan diutusnya Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul.

Ini menjadi pertanda kiamat kecil karena Nabi Muhammad Saw adalah Nabi dan Rasul terakhir, sehingga saat beliau wafat tidak ada lagi seorang Nabi atau Rasul.

2. Terjadi Banyaknya Perang Di Mana-Mana

Dengan terjadinya peperangan banyak pula orang yang meninggal karena perang, ini merupakan salah satu dari tanda kiamat kecil yang sering terjadi sejak dahulu sampai sekarang, hal tersebut bisa membuat perilaku orang banyak menjadi menyimpang.

3. Terjadinya bencana alam

Bencana alam seperti gempa bumi, banjir, tanah longsor dan lain sebagainya, ini adalah sebagaian dari kiamat kecil, namum kadang kita tidak menyadari bahwa itu adalah kiamat kecil yang merupakan teguran dari Allah.

4. Adanya pria yang menyerupai wanita dan juga sebaliknya

Banyaknya kita saksikan saat ini kaum laki-laki yang berpakaian dan berperilaku layaknya seperti perempuan dan begitu pula perempuan yang berpakaian atau berpenampilan layaknya laki-laki.

5. Semakin banyak manusia yang berperilaku buruk

Dengan semakin bebasnya pergaulan saat ini banyak kemaksiatan yang terjadi, yang menyebabkan rusaknya moral manusia.

6. Semakin banyak orang yang saling memfitnah

Semakin banyak sorang yang salaing melakukan dan meyebar fitnah hanya demi kepentingannya sendiri atau kelompoknya, hal ini merupakan pertanda dari kiamat kecil.

7. Waktu terasa semakin lebih cepat

Mungkin kita tidak menyadari bahwa saat ini waktu terasa sangatlah cepat berganti.

Banayk orang mungkin tidak sadar bahwa itu merupakan tanda kiamat kecil karena terlalu sibuk sehingga waktu terasa lebih cepat berlalu.

8. Munculnya manusia yang tidak percaya dengan ilmu agama

Dengan banyaknya bermunculan ajaran baru saat ini banyak manusia yang tidak percaya lagi dengan adanya ilmu agama.

Nah inilah sebagian dari tanda-tanda kiamt kecil, yang sering kita jumpai. Berikutnya akan kami terangkan pula tanda-tanda kiamat besar.

Tanda-Tanda Kiamat Besar

Tanda kiamat besar ini hanya akan terjadi jika memang hari kiamat sudah dekat. berikut tanda-tanda kiamat besar menurut Rasulullah Saw.

1. Munculnya Dajjal

Dajjal adalah sesosok makhluk yang bermata satu dan mata sebelah kanannya buta.

Diceritakan bahwa Dajjal akan datang ke alam dunia untuk membawa fitnah dan melunturkan keimanan manusia. Yang mengakibatkan manusia menjadi tidak mempunyai keyakinan dan malah berpihak kepada Dajjal.

Dajjal sangat berbahaya dan harus diwaspadai keberadaannya suatu saat nanti. Manusia yang imannya kurang kuat akan sangat mudah menuruti perkataan Dajjal.

Tetapi hal demikian tidak berlaku bagi orang-orang yang beriman. Untuk menghindarkan diri dari godaan Dajjal, karena sejak dini orang yang beriman sudah diperkuat imannya dan mempelajari ilmu agama dengan mendalam.

Kelak Dajjal akan mengaku sebagai Nabi banyak manusia yang yakin terhadapnya dan mau mengikuti apa yang ia dikatakan. Ini akan menjadi ujian yang besar yang akan melanda umat manusia kelak.

2. Tiga Penenggelaman Bumi

Saat datang hari akhir semua permukaan alam semesta tenggelam dan menjadi hancur.

Dengan begitu akan membuat 3 bagian bumi akan tenggelam secara bertahap, mulai dari sebelah timur, barat dan jazirah Arab. Kemudian setelah alam ditenggelamkaan tidak ada satu makhlukpun yang hidup.

3. Keluarnya Asap Dukhan

Kiamat besar juga akan ditandai dengan keluarnya asap dukhan atau asap yang dapat mengakibatkan wabah penyakit yang dapat menjangkit keseluruh manusia.

Asap Dukhan ini bagi orang-orang yang beriman hanya dapat menibulkan flu tetapi bagi orang-orang kafir bisa mematikan. Asap ini akan muncul dengan tiba-tiba keluar dari lapisan bawah bumi.

4. Munculnya Ya’juj dan Ma’juj

Mungkin banyak yang belum mengetahui menganai kedua kata ini, tapi ketika kita belajar tentang hari akhir, kedua kata ini harus dapat dipahami dengan baik.

Ya’juj dan Ma’juj nanti akan muncul padahari akhir tiba. Ya’juj dan Majuj dikisahkan mempunyai kekuatan yang tersembunyi dan mereka akan berperan sebagai penghancur dan juga perusak kehidupan yang terdapat di alam semesta.

5. Matahari muncul dari sebelah barat

Jika matahari terbit dari sebelah barat maka berarti tanda kiamat besar sudah terjadi, tanda kiamat ini pada saatnya nanti yang paling jelas kelihatan karena pada saat itu matahari muncul dari arah terbenamnya bukan dari arah terbit.

6. Turunnya Nabi Isa

Dengan turunnya Nabi Isa as adalah untuk mengatasi dari fitnah Dajjal guna menolong umat manusia dan juga untuk berperang melawan Dajjal.

7. Munculnya Api yang Bisa Mengumpulkan Manusia

Kiamat belum akan terjadi jika api dari tanah Hijaz belum keluar, ketika api sudah muncul maka seluruh umat manusia akan berkumpul menuju negeri Syam.

Pada saat fenomena ini terjadi, berarti hari akhir akan segera terjadi dan seluruh kehidupan akanmusnah.

8. Bintang Besar

Di dalam Al-Quran telah dikatakan akan ada bintang besar yang nampak di muka bumi.

Al Quran surah An Naml ayat 82 :

وَإِذَا وَقَعَ الْقَوْلُ عَلَيْهِمْ أَخْرَجْنَا لَهُمْ دَابَّةً مِنَ الْأَرْضِ تُكَلِّمُهُمْ أَنَّ النَّاسَ كَانُوا بِآيَاتِنَا لَا يُوقِنُونَ

Artinya : “Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka bahwa sesungguhnya manusia tidak yakin kepada ayat- ayat Kami.” (Quran surah. An Naml ayat 82).

9. Munculnya Kabut Tebal

Kabut ini akan muncul tepat pada sebelum hari kiamat datang. Kabut ini akan merenggut nafas orang-orang kafir hingga rasanya seperti tercekik. Kabut ini muncul pada 40 hari sebelum hari kiamat tiba dan kabut ini akan berlangsung setiap harinya dan kabut ini juga akan membuat ruang antara langit dengan bumi menjadi penuh.

Nah itulah sebagian tanda-tanda kiamat besar yang perlu kita ketahui, guna menambah keyakinan kita untuk meningkatkan iman kita dan lebih yakin hari kiamat pasti akan ada.

Demikianlah pembahasan mengenai tanda-tanda hari kiamat semoga bisa bermanfaat untuk kita bersama.

Teima kasih, wassalam.

Baca juga artikel lainya:

Arti Ahlan Wa Sahlan

Santri Angga
1 min read

Arti Allahu Yahdik

Santri Angga
1 min read