Tugas Malaikat

4 min read

TUGAS MALAIKAT

Tugas Malaikat dan nama-nama Malaikat yang wajib diketahui dan di imani dalam rukun iman.

Assalamu’alaikum Warohmatullohi wabarokatuh.

Pada kesempatan kali ini akan membahas materi tentang tugas-tugas malaikat dan sepuluh nama-nama malaikat yang wajib di imani, selengkapnya mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Ada enam rukun iman yang wajib kita imani sebagai pemeluk agama Islam, satu diantaranya adalah percaya kepada Malaikat Alloh, yang merupakan rukun iman yang kedua dalam urutan Rukun iman yang wajib kita iamani.

Maka wajib hukumnya bagi kita untuk percaya dan yakin dengan keyakinan yang benar dengan adanya para Malaikat Alloh, terutama sepuluh malaikat yang diwajibkan untuk diketahui dalam Islam.

Malaikat adalah pesuruh Alloh yang senantiasa taat dalam menjalankan semua perintah Alloh swt, Nah sudah jelas pasti Malaikat tidak akan pernah ingkar kepada perintah Alloh.

Dan perlu kita ketahui Malaikat juga sama halnya seorang makhluk ciptaan Alloh, hanya saja berbeda dalam penciptaan dan tugas – tugasnya, berikut simak penjelasan asal penciptaan Malaikat.

Penciptaan Malaikat

Malaikat adalah makhluk ciptakan Alloh SWT yang diciptakan dari Nur atau cahaya tidak sama seperti manusia yang diciptakan dari tanah, dan Malaikat juga tidak diberi hawa dan nafsu sehingga Malaikat selalu taat akan perintah Alloh.

Oleh sebab itu mereka tidak pernah melakukan dosa, mereka juga tidak membutuhkan tempat seperti makluk lainnya, tidak juga butuh makan dan minum, tugas mereka hanya berbakti dan melakukan semua yang diperintah Alloh,

Malaikat juga tidak beranak, tidak mempunyai ayah atau ibu dan juga tidak berjenis kelamin, karena mereka diciptakan dari badan yang halus (jismil latif), dan tidak tahu berapa jumlah seleruh malaikat yang ada, yang tahu yang mengetahuinya hanya Alloh semata.

Dengan jumlah Malaikat yang begitu banyak namum ada beberapa yang wajib diketahui oleh kita sebagai orang Islam, yaitu sesuai dengan rukun imam, hanya 10 malaikat yang wajib kita ketahui dan di imani diantara akan dijelaskan di bawah ini.

Nama-Nama Malaikat

nama-malaikat
Gambar nama-nama Malaikat

Ada sepuluh nama Malaikat dalam rukun iman yang wajib kita yakini yaitu sebagai berikut :

  1. Malaikat Jibril
  2. Malaikat Mikail
  3. Malaikat Isrofil
  4. Malaikat Izroil
  5. Malaikat Roqib
  6. Malaikat Atid
  7. Malaikat Munkar
  8. Malaikta Nakir
  9. Malaikat Malik
  10. Malaikat Ridwan

Inilah sepuluh nama Malaikat bagi pemeluk agama Islam yang wajib untuk diketahui dan diyakini, dari kesepuluh nama Malaikat tersebut masing-masing mempunyai tugas dari Alloh SWT, berikut tugas dari ke sepuluh malaikat tersebut akan dijelaskan di bawah ini.

Baca Juga ; Sifat wajib Rasul

Tugas Malaikat

1. Tugas Malaikat Jibril

Malaikat Jibril mendapatkan tugas dari Alloh SWT, yang utama adalah menyampaikan wahyu kepada para Rasul, dan Malaikat Jibril juga mempunyai tugas yang lain, yaitu meniupkan Ruh kepada tiap-tiap janin yang masih berada di dalam perut atau kandungan seorang ibu.

Di era sekarang Nabi dan Rasul sudah tidak ada lagi karena sudah ditutup diera ke Nabian Nabi Muhammad SAW yang merupakan Nabi dan Rasul terakhir. Kemudain apa tugas Malaikta Jibril selanjutkan bila tidak menyampaikan wahyu lagi, dari beberapa sumber mengatakan bahwa Malaikat Jibril sekarang bertugas menyampaikan ilmunya Alloh SWT. Karena wahyu juga salah satu bagian dari ilmu.

2. Tugas Malaikat Mikail

Tugas Malaikat Mikail adalah memberikan rezeki kepada semua makhluk ciptaan Alloh SWT, baik yang beriman maupun yang tidak beriman kepada Alloh SWT, rezeki yang diberi antara lain berupa harta, kesehatan dan lain sebagainya, Malaikat Mikail juga bertugas mengatur segala macam air yang ada dunia, dan juga mengatur datangnya petir dan hujan.

Dalam tugasnya Malaikat Mikail tidaklah bekerja sendiri untuk melaksanakan tugasnya, tetapi dibantu dengan pasukannya dalam mengatur seagala tugasnya, karena Beliau memiliki pasukan yang yang sangat banyak sekali untuk membantu mengatur alam ini.

3. Tugas Malaikat Isrofil

Yang ketiga adalah Malaikat Israfil, Beliau mempunyai tugas untuk meniupkan Terompet sangkakala pada hari kebangkitan nanti atau hari kiamat, Sangkakala adalah serupa terompet yang digunakan disaat Alloh memerintahkan Malaikat Israfil untuk meniupkannya pada saat hari kiamat telah tiba, saat sangkakala ditiupkan maka semua makhluk yang hidup dan bernyawa akan mati.

Lalu Alloh SWT akan menbangkitkan kembali Malaikat Israfil dan menugaskannya untuk meniup terompet Sangkakalnya kembali, pada tiupan terompet Sangakakala yang kedua Ruh semua makhluk hidup kembali kepada jasadnya masing-masing dan merekapun kembali hidup, dan inilah yang dinamakan hari kebangkitan.

4. Tugas Malaikat Izroil

Tugas Malaikat Izroil adalah untuk mencabut nyawa seluruh makhluk yang hidup, dan Beliau mempunyai dua tugas yaitu memcabut nyawa orang yang beriman dan yang tidak beriman,

Tugas yang pertama mencabut nyawa orang yang beriman, malaikat akan mencabut nyawa kepada orang-orang yang beriman dengan penuh kelembutan dan secara berlahan-lahan.

Namum sebaliknya pada tugas yang kedua, Beliau mencabut nyawa pada orang-orang yang tidak taat dan dan tidak beriman, dengan keras sehingga sangat terasa rasa sakit saat pencabutan nyawa tersebut.

Dan Belaiu pun pada tiba saat untuk mencabut semua makluk yang yaitu pada hari kiamat kelak dan sehingga hanya mailkat Izrofil sendiri yang masih hidup, kemudian Alloh pun memerintah Beliau untuk mencabut nyawanya sendiri.

5. Tugas Malaikat Roqib

Malaikat Raqib bertugas sebagai pencatat perbuatan dan amal baik manusia oleh sebab itu Beliau sentiasa bersama manusia semasa hidup di dunia, Karena Beliau selalu mengawasi setiap saat untuk mencatat semua perbuatan yang baik yang telah dilakukan oleh manusia tanpa lengah sedikitpun.

6. Tugas Malaikat Atid

Tugas Malaikat Atid adalah sebagai pencatat amal perbuatan buruk manusia, Malaikat raqib tidak akan pernah lengah untuk mengawasi gerak gerik manusia setiap detiknya.

Oleh karena itu Beliau selalu bersamaan dengan manusia di setiap saat dan fokus mencatat perbuatan buruk manusia

7. Tugas Malaikat Munkar

Malaikat Munkar mempunyai tugas memberikan pertanyaan kepada di alam kubur, saat di alam kubur akan menanyakan perihal perbuatan maunsia saat masih hidup di dunia, dan di sini manusia sudah tidak dapat berkata bohong lagi dalam menjawab pertanyaan tersebut.

Dalam hal pertanyaan di alam kubur Alloh SWT telah mengabadikan di dalam Al–Quran mengenbai tiga pertanyaan yang akan diberikan oleh Malaikat Munkar dan Nakir.

Tugas Malaikat Munkar di alam kubur menanyakan perihal perbuatan buruk manusia saat di alam dunia, diceritakan Beliau akan datang dengan wujud yang sangat menyeramkan dan sembari membawa sebuah godam besar sebagai alat untuk memukul, Jika Beliau bertanya namun orang itu tak bisa menjawab, maka akan dihantam menggunkan godam sampai hancur, lalu dibangkitkan kembali dan di beri pertanyaan kembali dan masih tidak dapat menjawab maka akan dihantam lagi, hal ini terus menurus akan dilakukan samapi tiba hari kebangkitan.

8. Tugas Malaikat Nakir

Tugas Malaikat Nakir sama seperti Malaikat Munkar yang memberikan pertanyaan saat di alam kubur, tetapi Malaikat Nakir memliki wajah yang sangat sejuk dan indah untuk dipandang dan beliau khusus menyakan perbuatan yang baik semasa hidup di dunia, dan memberikan tempat yang baik bagi yang telah didatanginya tersebut, karena perbuatan amal baiknya sangat bagus dan dengan mudah menjawab pertanyaan di alam kubur.

9. Tugas Malaikat Malik

Malaikat Malik bertugas menjaga pintu neraka, dan Beliau sangat di kenal malaikat yang sangat menyeramkan, tegas dan selalu patuh.

Bagi manusia yang tidak mau beribadah dan tidak patuh kepada perintah Alloh dan selalu melakukan perbuatan buruk saat hidup di dunia tugas Beliaulah yang akan menyeret manusia tersebut untuk masuk kedalam neraka.

10. Tugas Malaikat Ridwan

Malaikat Ridwan adalah Malaikay yang ke sepuluh yang wajib di imani, Beliau mempunyai tugas dari Alloh untuk penjaga pintu surga, bagi hamba-hamba yang beriman dan taat semasa hidup di dunia akan mendapatkan sambutan dari Beliau dengan senyuman dan mendapatkan pelayanan yang sangat ramah tamah dari beliau.

Nah itulah kesepuluh Malaikat yang yang wajib kita ketahui dan imani yang sesuai dengan tugasnya masing-masing, semoga kita semua kelak akan mendapatkan kemudahan dalam mamauski pintu syurga yang di jaga oleh Malaikat Ridwan, aamiin.

Setelah kita mengetahui nama dan tugas Malaikat yang sepuluh ini, ada baiknya kita juga perlu mengetahui sifat-sifat dari malaikat, karena Beliau tidaklah sama seperti kita manusia sifatnya, berikut penjelasanya.

Baca Juga ; Bacaan Sujud Sahwi

Sifat Malaikat

Beikut ini beberapa sifat yang di miliki oleh Malaikat adalah :

  1. Malaikat mempunyai sifat yang selalu taat dan patuh atas semua perintah yang diberikan oleh Alloh SWT tanpa ada sedikit pun ingkar kepada Alloh.
  2. Malaikat mempunyai sifat selalu baik tidak pernah marah, bohong dan sebagainya.
  3. Malaikat mempunyai sikap yang senantiasa baik kepada manusia karena selalu mendoakan memohonkan amapun untuk manusia manakala manusia melakukan perbuatan baik dan beramal sholeh.
  4. Malaikat bersifat dapat mengubah wujudnya menjadi makhluk yang dikendaki tentu dengan izin Alloh SWT.
  5. Malaikat tidak pernah berbuat yang telah dilarang oleh Alloh swt.

Nah inilah sebagian dari sifat Malaikat yang kadang kala manusia juga bisa bersifat layaknya Malaikat, Namum malaikat tidak pernah melakukan perbuatan dosa seperti manusia yang terkadang masih berbuat dosa.

Demikialah pembahasan tentang Malaikat, tugas, dan sifatnya, setelah kita mengetahui semoga kita dapat bertambah keimanan kita kepada semua yang telah ditetap dan diwajibkan bagi kita untuk mengimaninya. Wallohu’alam

Terima Kasih, wassalam.

Arti Tafadhol

Santri Angga
1 min read

Arti Jazakallah Khairan

Santri Angga
2 min read

Doa Masuk Kelas

Santri Angga
2 min read