Yang Membatalkan Puasa

2 min read

Perbuatan Yang membatalkan Puasa Serta Perkara Hal Yang Membatalkan Puasa – Puasa adalah kegiatan untuk mengekang nafsu, makan, atau minum. Ada juga beberapa hal yang membatalkan puasa. Apakah itu?

Assalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Seperti yang sudah diuraian dalam penjabaran tentang Rukun Puasa sebelumnya, untuk kalian ketahui perihal apa saja yang membatalkan puasa. Berikut jabarannya dibawah ini.

Baca Juga : Muzakki Adalah

Puasa

Puasa adalah sesuatu yang dilakukan umat Islam untuk mengekang nafsu, dan makan serta minum sejak mentari terbit hingga mentari terbenam.

Serta puasa juga merupakan rukun islam yang wajib dikerjakan, Sebagai umat Islam apa lagi bagi mereka yang sudah baligh.

Untuk itu kita tidak hanya harus memenuhi kewajiban kita selama puasa. Kita juga perlu melindungi diri kita dari perihal yang dapat membatalkan puasa.

Ada beberapa batasan yang sebaiknya tidak kalian lakukan saat puasa di bulan Ramadhan. Mulai dari muntah, menahan amarah, merokok, hingga menyengajakan berhubungan pada siang hari.

Persiapan untuk menjelang bulan Ramadhan. Ada baiknya kita tetap mengingat kembali pada hal-hal yang membatalkan puasa agar dapat kita sadari serta ketahui.

Berikut ini menjelaskan hal-hal yang dapat membatalkan puasa Ramadhan kalian. untuk diketahui? Perhatikan baik-baik perihal yang dapat menyebabkan ibadatmu tidak sesuai atau batal seperti yang berikut!

Baca Juga : Mustahiq Adalah

Perihal Yang Membatalkan Puasa
Perihal Yang Membatalkan Puasa

Perihal Yang Membatalkan Puasa

Sebagaimana yang tertulis dalam kitab Fathul Qorib karya Imam Syafi’i yaitu Al-Alamah Al-Syaih Muhammad Bin Qosim Al Ghozi menerangkan bahwa perihal yang membatalkan adalah.

Makan Minum Dengan Disengaja

Hal utama dengan puasa adalah menjaga nafsu makan, termasuk nafsu makan dan dahaga. Jika kita tidak sengaja memakan dan meminum karena kita lupa, tidaklah apa, Namun harus cepat dikeluarkan dengan segera.

Menyengaja Muntah Adalah Hal Yang Membatalkan Puasa

Muntah yang disengaja adalah ketika seseorang merasa sakit atau mual kembung.

Serta memaksakan sesuatu agar untuk muntah keluar dari perut dengan sengaja meletakkan jari di mulut lalu mengguncangkan perut. Tetapi jika muntah disebabkan oleh penyakit, puasa tidak pecah.

Menyengaja Merokok Adalah Hal Yang membatalkan Puasa

Perihal berikut yang membatalkan adalah merokok, Jika terdapat pertanyaan kenapa merokok dapat membatalkan, karena merokok salah satu kegiatan yang dapat memberikan atau melepaskan rasa lapar serta haus.

Karena sama saja menyengaja memasukkan sesuatu benda kedalam tubuh.

Sebagaimana dalam firman Allah SWT berikut:

ُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ إِلَىٰ نِسَائِكُمْ ۚ هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَهُنَّ ۗ عَلِمَ اللَّهُ أَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُونَ أَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ ۖ فَالْآنَ بَاشِرُوهُنَّ وَابْتَغُوا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَكُمْ ۚ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّىٰ يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ۖ ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْلِ ۚ وَلَا تُبَاشِرُوهُنَّ وَأَنْتُمْ عَاكِفُونَ فِي الْمَسَاجِدِ ۗ تِلْكَ حُدُودُ اللَّهِ فَلَا تَقْرَبُوهَا ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ آيَاتِهِ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ

Artinya :

“Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri’tikaf dalam mesjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa”.

Berhubungan Badan Pada Siang Hari

Sebagaimana ayat diatas menerangkan, begitu pun saat ketika menyengaja berhubungan badan pada siang hari termasuk salah satu hal yang membatalkan karena berhubungan tersebut termasuk tidak menawan hawa nafsu.

Baca Juga : Pengertian Zakat

Haid Atau Nifas Yang Membatalkan Puasa

Ketika kita berpuasa, tubuh kita harus dalam keadaan sakral. Oleh karena itu, hal-hal yang berpuasa untuk wanita yang membatalkan adalah menstruasi dan periode postpartum atau darah setelah melahirkan. Karena darah yang keluar saat menstruasi serta melahirkan adalah darah kotor yang membatalkan.

Ejakulasi Atau Mengeluarkan Mani

Pelepasan sperma atau mani bisa batalkan puasa. karena pada umumnya sperma ketika keluar karena sesuatu menggairahkan atau keinginan kita. Namun, jika kita melepaskan atau mengeluarkan benih sperma selama mimpi basah, puasa tidak menjadi tidak valid.

Tidak Berakal Sehat ( Majnun )

Berpuasa untuk Muslim yang tidak berakal sehat. Bagi mereka yang sakit jiwa atau tidak sehat salah satunya gila (Majnun), mereka tidak harus berpuasa.

Murtad

Kemurtadan atau jauh dari Tuhan. Seseorang yang telah ingkar dari agama Tuhan yang Esa, maka puasanya dianggap perkara yang membatalkan.

Melalui Dua Lubang Tubuh

Melakukan pengobatan dengan obat dengan memasukkan qubul dan dubur dapat batalkan puasa. Misalnya, perawatan pasien dengan wasir atau pemasangan kateter pada maka perkara tersebut termasuk yang membatalkan.

Penutup

Demikianlah sedikit ulasan kami semoga dapat membantu kalian agar untuk diketahui apa saja perihal yang membatalkan puasa, sehingga dapat melaksanakan kewajiban puasa kelak.

Sehingga dapat menyempurkan dalam belajar berpuasa, Akhir kata semoga bermanfaat.

Wassalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam Waheedbaly.

Baca Juga :

Arti Tawadhu

Dee
3 min read

Yang Membatalkan Sholat

Dee
4 min read

Lirik Ya Abal Hasanain

wahed234
1 min read