Yang Membatalkan Sholat

4 min read

Simak uraian tentang perbuatan serta perihal yang membatalkan sholat berikut dibawah ini secara lengkap.

Assalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pada uraian berikut kami akan coba membantu untuk kalian ketahui apa saja perbuatan yang membatalkan sholat serta perihalnya.

Setelah ketahui bahwa selain mengucapkan niat serta ketahui rukun sholat tersebut, Alangkah baiknya mengetahui pula apa saja yang membatalkan sholat.

Sehingga saat menunaikan perintah tersebut kita akan mencoba tidak melakukannya lagi. Sebelumnya kalian simak terlebih dahulu apakah sholat tersebut serta perihal apa yang membatalkan sholat dibawah ini.

Baca Juga : Sifat wajib Rasul

Sholat

Sholat merupakan ibadah 5 waktu yang dilakukan umat Muslim, apa lagi sholat merupakan perintah element penting untuk kebutuhan kita.

Semoga kita mendapatkan pertolongan Allah SWT serta pertolongan Rasulullah SAW agar dapat menunaikan perintahNya.

Serta harus ketahui terlebih dahulu faktor diterimanya amal ibadah yang dilakukan, jika lakukan dengan baik serta sempurna, Insya allah akan diterima.

Dalam firman Allah SWT tentang sholat dalam Surah Al-Baqaroh ayat 43

وَأَقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ وَٱرْكَعُوا۟ مَعَ ٱلرَّٰكِعِينَ

“ wa aqimus salata wa atuz zakata warka’u ma’arraki’in”

Artinya :

(Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’)

Setelah ketahui bahwa sholat merupakan perintah serta kebutuhan, untuk perlu ketahui hal apa tersebut agar baik saat menunaikannya. Simak uraian berikut.

Hal Yang Membatalkan Sholat
Hal Yang Membatalkan Sholat

Perbuatan Yang Membatalkan Sholat

Berhadats

Dalam hal ini, kalian masih memiliki masalah saat berhadast, besar dan kecil. Kalian harus membersihkan hadast kecil atau besar sebelum kalian menunaikan sholat.

Untuk membersihkan diri kalian dari hadast besar, kalian perlu mandi wajib atau Junub. Dan untuk membersihkan hadast kecil, kalian dapat melakukan pencucian yang benar terlebih dahulu seperti berwudhu.

Saat melakukan mandi wajib kalian haruslah mengikuti tata tertib mandi wajib secara sempurna, Seperti membersihkan terlebih dahulu najis atau kotoran.

Tak lupa haruslah berwudhu terlebih dahulu, serta mengguyurkan air ke kepala serta bahu kanan kiri terhitung 3 kali setiap masing-masing bagian tubuh tersebut.

Dan perlu diingatkan, saat melakukan ritual mandi wajib tersebut haruslah memiliki adab, jangan bertelanjang pakailah celana pendek agar tidak tersentuh kemaluan kalian.

Terakhir jika kalian menyentuh secara tidak sengaja, ulangi dengan berwudhu lagi serta tunaikan sholat.

Baca Juga : Mukjizat Nabi Idris

Terkena Najis

Jika terdapat najis yang terdapat pada pakaian baik itu kering atau pun basah haruslah segera dibersihkan atau perlu diganti dengan yang baru.

Terbukanya Aurat

Jika pada saat melakukan gerakan sholat terutama bagi para perempuan, tiba-tiba tanpa sengaja atau menyengaja terbukanya aurat haruslah menutupinya dengan segera, Karena hal tersebut termasuk hal membatalkan.

Akan tetapi seandainya hal tersebut terjadi lantas anda membetulkan secara berulang maka perihal tersebut termasuk yang dapat membatalkan.

Berbicara Dengan Dua Huruf Atau Satu Huruf Yang Bisa DiPahami

Maksudnya, jika kalian berbicara diluar kontek bacaan sholat hal tersebut termasuk yang membatalkan sholat, Terkecuali jika pada saat Imam salah atau lupa dalam mengucapkan ayat bacaan hal tersebut harus diperbaiki para Makmum dibelakang.

Selain itu berbicara hanya untuk memberi kepahaman kepada seseorang atau berbincang kepada jamaah lain, hal tersebut termasuk yang membatalkan sholat.

Sebagaimana keterangan firman Allah SWT surat Al-Baroqah ayat 238 serta beberapa hadits berikut.

حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ وَالصَّلَاةِ الْوُسْطَىٰ وَقُومُوا لِلَّـهِ قَانِتِينَ

“Peliharalah semua shalat(mu), dan (peliharalah) shalat wusthaa. Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu’.” (QS. Al-Baqarah[2]: 238)

Hadits Sahabat Zaid Bin Arqam berikut, Beliau mengatakan :

كُنَّا نَتَكَلَّمُ فِي الصَّلَاةِ يُكَلِّمُ الرَّجُلُ صَاحِبَهُ وَهُوَ إِلَى جَنْبِهِ فِي الصَّلَاةِ حَتَّى نَزَلَتْ { وَقُومُوا لِلَّهِ قَانِتِينَ } فَأُمِرْنَا بِالسُّكُوتِ وَنُهِينَا عَنْ الْكَلَامِ

“Dahulu kami berbicara ketika shalat. Seorang laki-laki berbicara dengan orang di sampingnya ketika dia sedang shalat, sampai turun firman Allah, ‘…berdirilah menghadap kepada Allah dalam keadaan tenang. (Al-Baqarah: 238). Maka kami pun memerintahkan untuk diam dan kami dilarang untuk berbicara ketika shalat.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Hadits riwayat Muawiyah Bin Haqam As-Sulami r.a mengatakan :

“إِنَّ هَذِهِ الصَّلاَةَ لاَ يَصْلُحُ فِيهَا شَىْءٌ مِنْ كَلاَمِ النَّاسِ إِنَّمَا هُوَ التَّسْبِيحُ وَالتَّكْبِيرُ وَقِرَاءَةُ الْقُرْآنِ”. رواه مسلم

Sungguh shalat ini tidak pantas di dalamnya terdapat sesuatu dari perkataan manusia. Perkataan yang pantas hanyalah tasbih, takbir dan bacaan Al-Qur’an. (HR. Muslim).

Sengaja Melakukan Hal Yang Membatalkan Puasa

Dalam kontek ini adalah menyengaja melakukan hal baca artikel Yang Membatalkan Puasa tersebut salah satu yang membatalkan sholat.

Makan Serta Minum Yang Membatalkan Sholat

Makan serta minum dalam keadaan melakukan gerakan sholat termasuk salah satu hal yang membatalkan sholat, apa lagi melakukannya dengan kesengajaan.

Untuk itu sebelum hendak melangkah menunaikan sholat lakukan dahulu makan serta minum lalu segeralah tunaikan sholat.

Tiga Kali bergerak Secara Berurutan Walau Dalam Keadaan Lupa

Dalam Islam menganjurkan selain diluar gerakan sholat termasuk hal yang membatalkan, terutama jika gerakan tersebut melebihi batasan 3 kali gerakan diluar gerakan sholat tersebut.

Baca Juga : Doa Bayar Zakat Fitrah

Melompat Serta Memukul Dengan Sangat Keras

Melompat serta memukul yang dimaksud diatas adalah jika posisi kita ketika itu sedang melaksanakan sholat tiba-tiba terdapat sebuah binatang berbisa menghampiri lalu dengan kita menghindari menjauh serta memukul dengan keras, Hal tersebut dapat membatalkan sholat. Terkecuali jika niat kita untuk menghindar.

Lalu usirlah binatang tersebut dengan halus jangan sampai memukul karena mereka termasuk mahkluk ciptaanNya juga.

Jika posisi dalam keadaan bermaksud memukul makmum lain atau menepuk pundak belakang jamaah lain hendaklah lakukan dengan pelan agar jamaah tersebut ketahui jika kalian hendak mengikutinya atau menjadi Makmum.

Sengaja Menambah Rukun Sholat

Seperti yang kami ketahui bahwa rukun sholat terdapat 13 dengan cara pelaksaan masing-masing atau tertib. Jika dalam hal ini kalian menambahkan atau melebihi dari rukun sholat tersebut maka perihal tersebut yang dapat membatalkan sholat.

Jika pada saat itu kalian lupa tanpa menyengaja, tutuplah pada akhir sholat dengan cara baca artikel Bacaan Sujud Sahwi sesudah lakukan takhiyat akhir sebelum salam atau dilakukan setelah salam.

Mendahului Imam

Hal berikut yang membatalkan sholat selanjutnya yaitu mendahului imam, yang dimaksud diatas jika kalian sebagai Makmum serta saat itu gerakan Imam belum terlaksana lalu kalian mendahului gerakan Imam, perihal tersebut termasuk yang membatalkan sholat.

Jadi jika kalian Makmum hendaklah mengikuti gerakan Imam tersebut terlebih dahulu jangan pernah mendahului, Ingat posisi kalian adalah Makmum!

Menyengaja Memperlambat Gerakan

Pada posisi ini kalian dengan menyengajakan gerakan setelah Imam melakukan gerakan sholat lalu lantas kalian memperlambat, semisal jika Imam telah melakukan gerakan sujud lantas kalian masih berdiri tegap sedangkan Imam tersebut telah bangkit dari sujud.

Seperti yang sudah kami ingatkan diatas bahwa kalian adalah Makmum jangan lakukan mendahului gerakan Imam atau pun sengaja memperlambat gerakan.

Baca Juga : Yang Membatalkan Puasa

Niat Membatalkan Sholat

Sungguh segala amalan akan diterima berdasarkan niat apa lagi jika kalian hendak melakukan sholat, lakukanlah semata-mata untuk mengharap ridho Allah SWT serta berniat untuk bersuci.

Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW berikut.

إنَّمَا الأعمَال بالنِّيَّاتِ وإِنَّما لِكُلِّ امريءٍ ما نَوَى

“Sesungguhnya amalan-amalan itu tergantung niatnya dan setiap orang akan mendapatkan sesuai apa yang dia niatkan.”

Menggantungkan Niat Sholat Karena Sesuatu

Yang dimaksud diatas yaitu jika dalam keadaan sholat terdapat dalam hati ingin menunggu sesuatu hal lantas kalian membatalkan sholat termasuk yang membatalkan sholat.

Seperti yang telah diuraikan diatas bahwa segala amalan itu tergantung pada niat, jangan pernah sesekali menggantungkan niat karena hal tersebut termasuk yang membatalkan sholat.

Ragu-Ragu Yang Membatalkan Sholat

Dalam perihal tersebut kalian jangan memiliki keraguan jika dalam keadaan melaksanakan sholat, semisal saat takbir ingat akan hal-hal yang harom untuk diingatkan dalam sholat sehingga lantas kalian membatalkan sholat.

Jika masih terjadi keraguan lebih baik dibatalkan, ingat dalam sholat pun pasti setiap manusia akan diselalu digoda oleh syaitan tak luput pun dalam sholat.

Demikianlah uraian dari kami semoga dapat membantu kalian ketahui apa saja perihal sholat serta yang membatalkan sholat.

Semoga kita dapat ditolong Allah SWT agar dapat menghindari hal tersebut sehingga baiklah sholat kita, akhir kata kami ucapkan terima kasih.

Wassalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam Waheedbaly.

Baca Juga :



Rate this post

Nuzulul Quran

Dee
3 min read

Qod Tammamallah

wahed234
1 min read

Lailatul Qadar

Dee
2 min read